Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Penyakit Akibat Kekurangan Lemak Beserta Gejalanya

Uncategorized

15 Penyakit Akibat Kekurangan Lemak Beserta Gejalanya

Jangan berpikir makanan dengan lemak tinggi bisa berakibat buruk bagi tubuh, memang bisa, namun tergantung diri sendiri  yang mengkonsumsi lemak yang berlebih. Namun tetap saja, lemak menjadi salah satu makronutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Maka dari itu, lemak dalam tubuh harus tetap terpenuhi secukupnya dan jangan sampai kekurangan kalau Anda tidak mau terkena penyakit akibat kekurangan lemak yang tentunya bisa meresahkan diri Anda, tubuh Anda, dan orang terdekat Anda.

Penyakit Akibat Kekurangan Lemak

Tubuh orang dewasa setidaknya harus memenuhi asupan lemaknya sampai 25% dari total kalori di setiap harinya. Lemak memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai sumber energy, pelarut zat gizi seperti vitamin, mencaga organ vital tubuh, menghemat protein dalam tubuh, membantu metabolisme tubuh dan banyak lainnya. Berikut ini adalah penyakit akibat kekurangan lemak yang bisa timbul jika lemak dalam tubuh Anda kurang.


1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi karena berhentinya aliran darah yang menuju ke jantung. Jal ini bisa terjadi karena kurangnya lemak dan dapat berakibat kematian. Karena kuranganya lemak, sel jantung akan mati dan otomatis fungsinya menyedot, memompa dan menyebarkan darah menjadi terhenti. Jika hal it terjadi, tentu bisa berujung maut.


2. Stroke

Jangan remehkan, stroke menjadi salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Penyakit ini diakibatkan berbagai hal, salah satunya adalah kuranganya asupan lemak dalam tubuh. Stroke terjadi karena tersumbatnya pembulu darah yang menuju ke otak. Anda dapat mengobatinya dengan stroke iskemik dan stroke hemoragik.

3. Leukimia

Leukimia atau lemak yang membantu keseimbangan sel darah pada manusia terjadi karena produksi sel darah merah yang aneh atau abnormal. Hal ini mengganggu jalannya produksi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti faktor imunitas yang kurang, pernah terjadi down syndrome, factor virus dan bakteri, factor genetic. Gejalanya dapat Anda ketahui dengan melihat si korban mengalami anemia (Susah tidur), pendarahan luar kulit, nyeri perut dan infeksi.

Dalam mengobati penyakit ini, Anda dapat melakukan kemoterapy, radiasi terapi, transfuis darah merah, transplantasi sum-sum tulang dan memberikan obat khusus anti-kanker. Untuk tindakan pencegahan, Anda dapat memberikan korban makanan yang kaya akan serat seperti buah, sayur serta biji-bijian. Cara lainnya adalah hindari rokok, alcohol, zat karsiogenik, gorengan, tumis, makanan yang dibakar, olahraga secara teratur dan rajin memakan makanan atau obat anti-kanker.

Loading...

4. Kanker Payudara

Kanker ini masuk dalam 3 besar pembunuh paling mengerikan dalam sejarah kaum wanita. Bisa terjadi karena factor reproduksi, obesitas, kurangnya lemak, efek radiasi, factor genetic dan pengaruh hormone. Gejala paling umumnya adalah benjolan aneh pada payudara, gatal dan sensasi seperti terbakar pada area payudara. Tidak hanya pada payudara saja, gejala lain bisa terjadi pada lengan, daerah ketiak dan kemungkinan daerah lain yang tak jauh dari payudara.

Anda bisa melakukan pengobatan dengan mastektomi, kemotrapy dan terapi radiasi. Untuk pencegahan utama, Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, makan makanan dengan serat tinggi, pemeriksaan rutin, menjaga berat badan, hindari alcohol, jangan merokok, hindari sress, olahraga secara teratur dan lakukan hidup sehat lainnya.

Penyakit Akibat Kekurangan Lemak Lainnya:

5. Terjadinya gangguan pada saraf
6. Penglihatan mata mulai terganggu
7. Gangguan pada kulit
8. Gangguan Ginjal
9. Penyakit Hati
10. Autis
11. Gangguan konsentrasi
12. Daya ingat lemah
13. Lemahnya jaringan fungsi otak
14. Depresi
15. Menghambat pertumbuhan pada bayi

Baca juga: 7 Dampak Bahaya Minum Teh Setelah Makan yang Harus dihindari

Diet rendah lemak merupakan salah satu cara diet yang sering dilakukan banyak orang. Memang bagus dalam menurunkan berat badan, namun tidak menjamin Anda akan tetap sehat karena asupan lemak yang seharusnya diperlukan tubuh tak sesuai yang seharusnya.

Untuk itu, Anda di himbau juga tetap menjaga asupan lemak yang seharusnya dalam tubuh, karena lemak merupakan salah satu mikronutrisi yang sangat penting dalam melengkapi gizi dan nutrisi tubuh agar tetap seimbang.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top