Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A

Uncategorized

5 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi dan gizi paling di butuhkan oleh tubuh. Banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan jika rajin mengkonsumsi makanan dengan vitamin A tinggi. Sebaliknya, banyak sekali hal negative yang bisa terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin A, salah satunya penglihatan mata Anda berkurang.
Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A
Loading...
Manfaat atau kelebihan dari vitamin A sangat banyak, diantaranya adalah membantu dalam mencegah kanker, menghindarkan segala penyakit berhubungan dengan mata, membantu dalam pembentukan pigmen, meningkatkan daya tahan tubuh serta sangat baik untuk pertumbuhan janin dan ibu hamil. Agar tak terkena hal yang tak diinginkan, Anda perlu tahu akan penyakit bila kekurangan vitamin A, selain sebagai alarm untuk Anda berhati-hati, mengetahui hal ini juga membantu Anda terhindar dari segala penyakit. Berikut ini adalah penyakit-penyakit akibat kekurangan vitamin A.

1. Gangguan Pada Mata

Vitamin A sangat baik untuk mata dan harus dipenuhi untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Mata merupakan salah satu dari indra yang sangat penting, jika tidak ada mata maka tentu saja sangat sulit untuk menjalani kehidupan. Untuk itu, Anda sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Salah satunya adalah memenuhi asupan gizi dan nutrisi khususnya vitamin A yang menjadi nutrisi pokok dalam urusan kesehatan mata.
Beberapa hal yang bisa terjadi saat kita kekurangan vitamin A pada mata adalah bisa berakibat rabun jauh, rabun dekat, penglihatan kabur dan paling parah adalah katarak. Tidak menuntut kemungkinan juga kekurangan vitamin A bisa mengakibatkan kebutaan sementara, jika memang keadaan sudah sangat parah. Beberapa hal yang perlu Anda hindari adalah menatap LCD terlalu lama, menonton di ruangan gelap, hindari mata dari debu dan lainnya.

2. Untuk Wanita, Melahirkan Bayi Berbobot Ringan

Tidak hanya pada mata yang dapat dikena oleh seluruh manusia, salah satu penyakit khusus yang hanya diderita oleh perempuan jika kekurangan vitamin A adalah melahirkan bayi yang bobotnya rendah. Bayi bisa lahir dibawah 2,5 kg yang rata-rata bukan bobot bayi pada umumnya. Untuk itu, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh ibu yang sedang hamil.
Beberapa gejala bayi jika kekurangan vitamin A adalah mudah lemas, letih, gangguan otak, gangguan pikiran, rabun senja, xerosis, perkembangan tak menentu. Hal itu tentu tidak diinginkan oleh ibu manapun, maka dari itu, untuk Anda seorang ibu hamil atau bukan ibu hamil pun sangat di anjurkan untuk tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi, khususnya vitamin A yang sangat banyak manfaatnya.

3. Berkuranganya Imunitasi

Imunitasi merupakan system kekebalan tubuh yang sangat bermanfaat dalam menangkis segala gangguan virus atau bakteri. Vitamin A merupakan salah satu sumber imunitasi yang sangat bagus untuk semua orang, khususnya mereka yang masih muda. Semua vitamin khususnya vitamin A membantu dalam membentuk sel T yang sangat berkhasiat dalam membentuk kekebalan tubuh. Untuk itu, vitamin A sangat berperan penting.
Beberapa gangguan yang terjadi akibat kekurangan vitamin A pada kondisi tubuh adalah pusing, sering batuk disertai flu, demam, lembek atau lemah, tubuh sering terkena penyakit dan mudah merasa penat. Untuk menjaga imunitasi tubuh tetap terjaga selain mengkonsumsi vitamin A adalah dengan olahraga, hidup sehat, konsumsi multivitamin, hindari merokok dan tak boleh minum-minuman beralkohol.

4. Infeksi Pada Saluran Kemih

Penyakit ini sangat berbahaya, untuk mencegahnya Anda cukup mengkonsumsi vitamin A yang cukup disertai dengan makanan bergizi dan bernutrisi lainnya. Beberapa hal lain yang dapat mengakibatkan penyakit ini adalah kekurangan cairan atau mineral, hal itu juga sangat perlu dijaga.

5. Mengganggu Kesehatan Kulit

Beberapa gejala penyakit kulit yang bisa terjadi saat kekurangan vitamin A adalah kulit terlihat bersisik, kulit menjadi kering, pecah-pecah dan mudah terkontaminasi oleh bakteri dan virus. Untuk mencegahnya tentu Anda perlu memenuhi asupan vitamin khususnya vitamin A.
Untuk mendapatkan vitamin A, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di wortel, cabai merah, tomat, papaya, bayam, buah naga, apel, pisang, sereal, hati, susu, umbi-umbian dan lainnya untuk menjaga asupan gizi dan nutrisi Anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top