Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D

Uncategorized

21 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D

Vitamin sangat penting untuk pertumbuhan tubuh dan menjadi gizi nutrisi yang wajib untuk tubuh. Vitamin terdiri dari dua kata yaitu Vita dan Anime jika diartikan dapat berarti gugusan organic yang didalamnya terkandung atom nitrogen (N). Vitamin D merupakan salah satu vitamin tunggal yang sangat penting untuk tubuh. Banyak manfaat yang diberikan oleh vitamin ini. Meski begitu, sekarang ini banyak sekali penyakit yang diakibatkan oleh vitamin D. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa akibat kekurangan vitamn D.

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D

Vitamin D dapat Anda dapatkan dengan mudah dan selalu tersedia. Seperti misalnya sinar matahari, sinar dari matahari mengandung vitamin D yang banyak dan sangat efektif untuk menjemur diri Anda pada pukul 8 sampai 10 pagi. Cara ini banyak dilakukan oleh orang terdahulu. Selain itu, sinar matahari juga mengandung kalsium yang banyak sehingga juga baik untuk tulang. Berikut ini adalah penyakit akibat kekurangan vitamin D dalam tubuh.

1. Betis O atau X

Kelainan ini terjadi ditandai dengan cara jalan, bentuk dari betis atau kaki korban menjadi O atau X. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin D yang kurang dalam kaki. Agar lebih baik, pengkonsumsian kalsium juga dapat membantu mengatasi betis O atau X.

2. Osteomalasia

Kondisi dimana tulang mengalami pelapukan. Penyakit ini sering menyerang orang berusia muda, jadi jangan pikir masalah tulang akan muncul jika Anda sudah tua. Karena itulah, para remaja di himbau untuk terus menggenapi asupan vitamin D dan kalsium dalam tubuh.

3. Osteoporosis

Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa atau lansia. Kasus pada orang dewasa memang langkah, namun kekurangan vitamin D dan kalsium bisa jadi penyebab osteoporosis di usia dini, bahkan remaja sekalian. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

4. Kanker

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kanker karena kurangnya daya tahan tubuh serta vitamin D yang berguna dalam mengatasi radikal bebas dan melancarkan aliran darah. Kanker bisa terjadi karena beberapa hal seperti virus, bakteri, sel-sel kanker, kurang gizi, dan pola hidup yang tak sehat.

Loading...

5. Penyakit Jantung

Vitamin D merupakan salah satu vitamin tunggal yang memiliki manfaat lebih untuk jantung. Kekurangan vitamin D akan menghambar aliran darah yang menuju ke jantung dan akhirnya berakibat buruk pada jantung seperti terkena serangan jantung.

6. Nyeri dan Pegal

Nyeri atau pegal bisa disebabkan oleh kerja keras berlebih, kurang tidur dan lainnya. Namun nyeri dan pegal terjadi padahal tak ada aktivitas berat, bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya vitamin D dalam tubuh. Hak ini dikarenakan kurangnya asupan vitamin D untuk tulang dan otot.

6. Kelelahan Kronis

Kelelahan kronis artinya korban mendapat lelah yang berlangsung lama dan susah diatasi. Biasanya terjadi karena kurang gizi. Salah satu gizi yang penting adalah vitamin D yang bermanfaat memberikan energy pada tubuh dan mencegah lelah berlebihan.

7. Depresi

Depresi bisa terjadi karena adanya gangguan otak. Kurangnya vitamin D dalam tubuh bisa berakibat buruk pada darah yang dialirkan ke otak. Hal ini membuat sirkulasi darah terhambat dan mengganggu system saraf pada otak.

8. Kerusakan Gigi

Vitamin D hampir memiliki manfaat yang sama dengan kalsium yaitu membantu dalam meningkatkan kualitas tulang dan juga gigi.

9. Kejang-Kejang

Kejang bisa terjadi karena kekurangan vitamin D. Biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin A dan B. Meski begitu, kekurangan vitamin D juga menjadi salah satu penyebab utama terjadi kejang tak beralasan.

10. Periodontal Disease

Penyakit ini terjadi karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini terjadi pada bagian gigi dan mulut yang bisa mengakibatkan kesakitan yang parah.

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D Lainnya:

11. Darah Tinggi
12. Sindrom Metabolic
13. Diabetes
14. Parkinson
15. Seasonal Affectibe Syndrome
16. Autoimuune Multiple Sceloris
17. Rheumatoid Arthritis
18. Bursitis
19. Fibromyalgia
20. Mengganggu Pencernaan
21. Merusak Jaringan Otak

Baca juga: 20 Penyabab dan Gejala Kista Ganglion

Beberapa sumber makanan dengan vitamin D terbanyak bisa Anda dapatkan di ikan kod, ikan berlemak, jamur potabele, tahu dan kaviar. Selain vitamin D, asupan gizi dan nutrisi lainnya juga penting untuk Anda penuhi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top