Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Penyakit Akibat Lemak Berlebih, Jenis dan Cara Mengatasi

Uncategorized

6 Penyakit Akibat Lemak Berlebih, Jenis dan Cara Mengatasi

Lemak memiliki dua jenis yaitu lemak sehat dan lemak jenuh. Lemak sehat baik untuk kesehatan dan begitu pula sebaliknya, lemak jenuh sangat tidak baik untuk tubuh. Lemak memiliki kandungan asam essensial baik untuk tubuh dalam mengatasi peradangan. Lemak juga memiliki peran penting dalam mencadangkan kalori pada tubuh dan dapat membantu penyerapan cepat vitamin A, D, E, K dan zat penting lainnya.

Penyakit Akibat Lemak Berlebih

Baik lemak sehat dan lemak jenuh jika di konsumsi terlalu banyak atau berlebihan bisa mengakibatkan berbagai masalah. Untuk itu, Anda di harapkan bisa menjaga batas sewajarnya dalam mengkonsumsi lemak sehat dan sebaiknya menhindari makanan dengan lemak jenuh tinggi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa resiko penyebab akibat kelebihan lemak dalam tubuh.

1. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi tubuh di mana berat tubuh lebih dari sewajarnya, tidak cocok dengan usia dan tinggi tubuh seseorang. Bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kelebihan karbohidrat, kurang olahraga, kurang serat dan kelebihan lemak. Obesitas bisa menyebabkan banyak penyakit seperti penyakit jantung, paru-paru rusak, penyakit hati, stroke atau bahkan kematian.

2. Kerusakan Arteri

Lemak berlebih tidak hanya membuat kolestrol dalam darah meningkat, namun bisa juga membuat dinding arteri menjadi rusak. Selain lemak berlebihan, diabetes, efek junk food, kalsium berlebihan juga bisa menyebabkan rusaknya dinding arteri. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya membatasi asupan lemak dan hindari lemak jenuh, karbohidrat berlebihan dan junk food.

3. Kanker

Kanker bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti paling umum adalah rokok, daging asap dan kopi. Lemak juga bisa mengundang kanker meski persentasinya yang sedikit. Namun tetap harus diperhatikan dan dihindari. Lemak bisa mengundang beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker ginjal, kanker organ reproduksi dan kanker kandung empedu.

4. Sembelit

Sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat, karbohidrat berlebih, kalori berlebih, kurang olahraga dan banyaknya konsumsi lemak. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu tetap menjaga asupan serat dan hindari makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, khususnya lemak jenuh.

Loading...

5. Gangguan Otak

Otak merupakan bagian tubuh yang paling penting. Kerusakan pada otak bisa berarti gangguan mental, pikiran, jiwa, penyakit dan yang paling parah adalah kematian. Kerusakan pada otak bisa juga diundang oleh sering begadang, efek samping rokok dan meminum minuman keras.

6. Kolestrol Tinggi

Lemak menjadi salah satu alasan utama banyak penderita mengalami kolestrol. Kolestrol bisa menyebabkan berbagai penyakit parah seperti stroke, darah tinggi, penyakit ginjal, jantung dan semua penyakit ini bisa saja berujung kematian.

Jenis Lemak dan Sumbernya:

1. Lemak Jenuh

Lemak ini adalah sumber dari kolestrol jahat yang tak baik untuk kesehatan. Lemak jenuh bisa ditemukan di es krim, susu, keju dan segala produk olahan berbahan lemak.

2. Unsaturated Lemak

Lemak ini bisa menurunkan kolestrol namun tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar dengan skala sesering mungkin. Lemak ini bisa ditemukan di minyak zaitun dan canola.

3. Lemak Trans

Memiliki manfaat dalam menferas dan meningkatkan kadar LDL. Lemak ini bisa ditemukan di makanan yang bersifat gorengan da makanan olahan orgarin.

4. Lemak Terhidrogenasi

Lemak keras dan sering ditemukan di margarin atau mentega. Lemak ini bisa membuat Anda gemuk dan perpotensi besar membuat penyakit jantung datang kepada Anda.

Cara Menurunkan Lemak Tubuh:

Beberapa cara dapat Anda lakukan dalam menurunkan lemak pada tubuh seperti olahraga secara teratur, memilih makanan diet yang sehat, hindari makanan cepat saji, membuat jadwal makan dan yang paling penting adalah menghindari rokok dan alkohokl.

Tips Mengatasi Lemak Lebih:

Tips ampuh dalam mengurangi lemak dalam tubuh adalah dengan menghindari lemak jenuh, perbanyak makan serat, hindari makan daging hewan, hindari makanan cepat saji dan perbanyak olahraga secara teratur.

Baca juga: 16 Penyebab dan Gejala Asam Urat

Lemak sehat memang baik dan kadang, lemak menjadi salah satu hal penting untuk tubuh. Meski begitu, baik itu jahat atau baik, berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh dan mengganggu keseimbangan asupan gizi dan nutrisi.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top