Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab Penyakit Aterosklerosis pada Manusia

Uncategorized

17 Penyebab Penyakit Aterosklerosis pada Manusia

Aterosklerosis (Atherosclerosis)  yakni penumpukan lemak yang terlalu banyak dibawah lapisan dalam dinding arteri yang membuat dinding arteri menjadi tebal. Adanya penyakit aterosklerosis ini dapat mengundang beberapa penyakit yang dapat membuat dinding arteri menebal dan tidak lentur. Aterosklerosis ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dunia, namun jangan khawatir anda bisa mencegah dengan mengetahui penyebab aterosklerosis pada manusia.

Penyumbatan arteri terjadi sesuai dengan aktivitas tubuh sehingga ada yang terkena penyumabatan arteri secara perlahan-lahan dan ada pula yang terkena peyumbatan arteri secara langsung. Agar anda lebih waspada lebih baiknya anda mengetahui lebih dahulu penyebab aterosklerosis pada manusia.

Penyebab Aterosklerosis Pada Manusia, Penyebab Penumpukan Lemak Aterosklerosis Pada Manusia, Penyebab Aterosklerosis Pada Tubuh

1. Merokok

Mungkin sudah banyak orang yang tahu  jika merokok ini berbahaya, rokok ini salah satu penyebab aterosklerosis. Kebanyakan penyakit ini menyerang para perokok aktif karena dengan kadar karbon monoksida dalam jaringan  darah akan naik sehingga sel-sel tubuh rentan terkena iritasi dan radang pada lapisan terdalam dari dinding arteri.

2. Olahraga Berlebihan

Siapa kira olahraga hanya dapat menyehatkan olahraga jika dilakukan secara berlebihan juga dapat menimbulkan penyakit aterosklerosis. Karena olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan aliran darah kurang lancar sehingga pasokan darah tidak cukup mengalirkan oksigen keseluruh jaringan tubuh sehingga menimbulkan nyeri dank ram pada otot.

3. Malas Bergerak

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui jika malas bergerak dapat menimbulkan penyakit salah satunya penyakit aterosklerosis. Badan yang terlalu banyak duduk selama berjam-jam akan menyebabkan aliran darah sempit pada arteri sehingga tungkai dan kaki akan terasa sakit pada seitar dada (angina) pasokan dada yang mengalir ke jantung akan berkurang dan tersendat-sendat.

4. Kelebihan Bobot Tubuh

Sudah tidak asing lagi bagi orang-orang bahwa kelebihan bobot tubuh tidak baik bagi kesehatan. Sehingga dapat mennimbulkan penyakit salah satunya menimbulkan penyakit aterosklerosis. Kelebihan berat badan atau sering disebut juga dengan kegemukan di usia 20-40 tahun banyak yang terkena aterosklerosis, kegemukan ini menjadikan lemaka tertimbun dalam dinding arteri jika berlangsung dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dan stroke.

Loading...

5. Hipertensi

Hipertensi sebutan ketika tekanan darah naik yang terjadi karena mengonsumsi makanan berlemak yang mengandung banyak garam. Sehingga menjadikan arteri tersumbat disekitar kepala dan menimbulkan sakit kepala, kerusakan saraf-saraf sehingga otot-otot tubuh menjadi lemah.

6. Factor Usia

Usia diatas 50 tahun rentan terkena penyakit aterosklerosis karena di usia tersebut pembulu arteri cenderung menderita penurunan fungsi akibat proses penuaan secara alami daro dalam tubuh. Sehingga menyebabkan orang yang lanjut usia terserang sakit di persendian, ematik dan peningkatan asam urat.

7. Kolesterol Naik

Biasakan menjaga pola hidup sehat anda seperti olahraga teratur dan makan makanan 4 sehat 5 sempurna terutama bagi orang yang menderita kolesterol tinggi. Jika kolesterol meningkat tajam ini merupakan penyebab penyakit aterosklerosis yang dapat menyerang pada orang-orang yang usia produktif yang dapat menyebabkan kondisi darah mudah embentuk pembekuan sehigga muncul penyakit arteri perifer, arteri coroner, dan stroke.

8. Naiknya Kadar Gula

Meningkatnya kadar gula dalam darah akan menyebabkan penyakit aterosklerosis sering kali menyerang orang yang berusia diatasa 30 tahun dengan gejala tubuh merasa lelah, sering mengantuk, sering buang air kecil, dan sering dehidrasi. Jika tidak segera diobati maka akan menimbulkan penyakit diabetes mellitus.

9. Hormon Insulin Berlenihan

Jika hormone insulin berlebihan kaitannya aka nada kerusakan pada organ peankreas karena organ pancreas inilah yang bertanggung jawab pada hormin insulin dalam tubuh. Jika hormon berlebihan maka aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi tidak sampai pada pancreas sehingga kinerja pancreas akan menurun. Bagi orang-orang yang menderita obesitas beresiko besar memicu penyumbatan arteri sehingga lemak akan mengendap pada lapisan arteri secara cepat.

10. Kurang vitamin D dan K

Kurangnya vitamin D dan K dapat menyebabkan pembekuan darah dan lemak menumpuk dijaringan tubuh. Sehingga menyebabkan tubuh mudah lelah, kesuitan tidur, stamina hilang. Proses penyembuhan luka akibat aliran darah yang telah menghadang pembulu arteri di jaringan tubuh akan berlangsung cukup lama.

Baca Juga 12 Minuman dan Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal

Selain itu masih banyak pula penyebab penyakit aterosklerosis pada manusia lainnya seperti :

7 Penyebab Aterosklerosis pada Manusia Lainnya:

11. Kolesterol LDL tinggi
12. Kolesterol HDL rendah
13. Penambahan Protein C-reative
14. Penambahan Glukosa
15. Keunggulan Insulin
16. Testoren Rendah serta Keunggulan Estrogen (pada pria)
17. Penambahan Rasio Omega 6 dan Omega 3

Itulah beberapa penyakit penyebab penyakit aterosklerosis pada manusi, ketahui penyebab nya dan cegah beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan penyakit membahayakan ini. Karena mencegah lebih  baik dari pada mengobati.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top