Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab Penyakit Batu Ginjal Menyerang Pria dan Wanita

Uncategorized

17 Penyebab Penyakit Batu Ginjal Menyerang Pria dan Wanita

Penyakit batu ginjal adalah keadaan dimana kristal yang terbentuk akibat endapan bahan kimiawi dalam tubuh manusia menumpuk dalam saluran kemih dan mengganggu keluarnya urine, sehingga urine tidak sepenuhnya keluar. Jadi, ada baiknya anda mengetahui penyebab batu ginjal pada pria dan wanita.

Walaupun pria lebih berpotensi terkena batu ginjal, namun kaum wanita juga harus tetap menjaga kesehatan ginjalnya, karena hal itu tidak menutup kemungkinan seorang wanita untuk terkena penyakit batu ginjal. Berikut akan kami jelaskan beberapa mengetahui penyebab batu ginjal pada pria dan wanita sehingga dapat membantu anda untuk menghindari batu ginjal.

Penyebab Batu Ginjal Para Pria dan Wanita, Penyebab Batu Ginjal Menyerang Pria dan Wanita, Penyebab Batu Ginjal

1. Hiperparatiroidisme

Penyebab batu ginjal pada pria dan wanita yang pertama adalah Hiperparatiroidisme. Produksi hormon paratiroid yang berlebih, itulah makna dari Hiperparatiroidisme. Ada dua jenis Hiperparatiroidisme, yaitu primer yang mana berlebih nya produksi hormon paratiroid dan sekunder yang mana berkurangnya kadar  kalsium dalam darah.

2. Faktor Keturunan

Beberapa penyakit ginjal pada umumnya memiliki faktor keturunan seperti diabetes, batu ginjal pun begitu. Dengan adanya keluarga yang mengalami penyakit batu ginjal berwaspada lah anda, karena hal itu meningkatkan risiko anda terkena batu ginjal. Selalu jaga asupan air putih dalam tubuh anda.

3. Sistinuria

Sistinuaria merupakan penyakit langka yang jarang terjadi, mungkin anda asing terhadap istilah ini. Maka anda harus sering mempelajari Sistinuaria, karena Sistinuaria berakibat dalam pembentukan batu ginjal. SIstinuaria adalah karena tubulus renalis yang diturunkan terdapat kelainan.

4. Usia

Semua tahu bahwa sepanjang usia berjalan, anda tidak menyadari kesehatan anda juga mulai turun. Pada usia 40 Tahun kemampuan ginjal lebih menurun, tetapi pria lah yang paling rentan terkena batu ginjal dibanding wanita. Batu ginjal juga disebabkan oleh gaya hidup semasa usia muda tidaklah baik, sehingga investasi kesehatannya kurang.

Loading...

5. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas juga memberikan risiko terhadap batu ginjal. Seorang pria yang mengalami obesitas lebih memiliki risiko lebih tinggi terkena batu ginjal dibandingkan wanita. Jadi, jaga pola hidup sehat agar berat badan tetap ideal dan penuhi asupan air putih dalam tubuh anda.

6. Kelebihan Protein

Dengan adanya protein berlebih dalam tubuh, ginjal akan melakukan perombakan terhadap protein tersebut. Itu aritnya menambah beban kerja dari ginjal itu sendiri. Selalu jaga asupan protein anda agar tetap seimbang dan mencukupi kebutuhan tubuh akan protein, karena apabila berlebihan dapat beresiko batu gunjal.

7. Saluran Kemih Menyempit

Batu ginjal memang erat hubungannya dengan saluran kemih. Karena pria memiliki saluran kemih yang lebih sempit daripada wanita, maka risiko untuk terjadinya batu ginjal lebih besar pada pria. Maka pria lebih hati-hati dalam mengatur pola makan dan minuman dan tetap jaga asupan air putih anda dengan cukup.

8. Asam Urat

Asam urat dapat berpengaruh terhadap batu ginjal karena batu asam urat yang berlebihan dalam urin dapat membuat batu ginjal menumpuk dalam ginjal. Disaat urine berada dalam kondisi asam, maka asam urat pun terbentuk. Itu artinya batu bisa terbentuk saat asupan asam urat dalam urine terlalu tinggi. Tetap jaga asupan protein anda.

9. Hiperkalsiuria

Hiperkalsiuria merupakan kondisi saat kalsium dalam urine diatas 250-300 mg per 24 jam. Hiperkalsiuria disebabkan oleh 3 faktor, yaitu Hiperkalsiuria absorptif yang biasanya diderita seseorang karena tingginya penyerapan kalsium dalam usus, Hiperkalsiuria reseptif karena reabsorbs pada tulang meningkat dan Hiperkalsiuria renal dimana terdapat masalah reabsorpsi kalsium pada tubulus ginjal.

10. Kekurangan Cairan Tubuh

Cairan tubuh sangat erat kaitannya dengan organ ekskresi yang satu ini, karena dengan kurangnya air dalam urine dapat menimbun adanya kristal yang dapat mengakibatkan batu ginjal. Terutama bagi anda kaum pria yang memiliki aktivitas yang sangat berat hingga menguras cairan tubuh anda, perhatikan asupan air putih dalam tubuh anda untuk mengurangi risiko batu ginjal.

Baca Juga 29 Cara Ampuh Menghilangkan Stress Pikiran dengan Mudah

7 Penyebab Batu Ginjal pada Pria dan Wanita Lainnya:

11. Kelebihan Gula
12. Usus Besar Meradang
13. Efek Samping dari Obat-obatan
14. Saluran kemih terkena infeksi
15. Sering menahan kencing
16. Minuman Beralkohol
17. Minum air yang belum dimasak

Itulah beberapa penyebab batu ginjal pada pria dan wanita yang wajib anda ketahui. Dengan mengetahui penyebab dari batu ginjal, diharapkan anda dapat menjaga kesehatan ginjal anda agar dijauhkan dari penyakit batu ginjal. Kesehatan merupakan aset yang tak ternilai harganya dan menjaga kesehatan merupakan investasi jangka panjang.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top