Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Dampak Penyebab Betis Mengalami Bengkak

Uncategorized

8 Dampak Penyebab Betis Mengalami Bengkak

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak digunakan dalam aktivitas sehari – hari seperti berjalan, berlari, melompat, menaiki tangga, bermain, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana jadinya apabila kaki seseorang mengalami pembengkakan pada bagian betis. Tentu hal ini akan mengganggu mobilitas seseorang. Banyak sekali hal yang dapat menjadi penyebab betis bengkak.

Betis yang mengalami pembengkakan ini biasanya disebabkan oleh adanya cairan asam yang menumpuk jadi satu pada bagian betis. Penumpukan ini akan menyebabkan bagian betis bengkak. Berikut ini merupakan beberapa penyebab betis bengkak yang harus kamu ketahui.

Penyebab Betis Bengkak, Penyebab Betis Mengalami Bengkak, Dmapak Penyebab Betis Bengkak

1. Gejala penyakit asam urat

Salah satu penyebab betis bengkak yaitu tanda asam urat berlebih di dalam tubuh. hal ini disebabkan oleh adanya peradangan pada beberapa otot atau urat yang ada di bagian tubuh. siapa saja sangat mungkin mengalami risiko ini terutama yang memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit asam urat.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah asam urat yaitu dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini akan sangat efektif untuk mengatasi peradangan pada sendi yang muncul secara tiba – tiba.

2. Melakukan aktivitas fisik yang berat

Betis yang membesar atau membengkak juga sering dialami oleh olahragawan. Mereka sudah terbiasa untuk melakukan aktivitas berat agar membuat tubuh terlatih untuk melakukan ativitas berat lainnya. Misalnya atlet lari yang terus menerus berlatih lari hingga target yang diimpikan tercapai. Apabila belum mencapai target ia akan berlatih kembali. Apabila terlalu memaksakan maka akan timbul pembengkakan pada bagian betis.

3. Berat badan yang berlebihan

Betis juga dapat membengkak dikarenakan kondisi tubuh yang kelebihan berat atau obesitas. Hal ini dikarenakan betis yang tidak seimbang dalam menahan tubuh yang terlalu berat sehingga akan menimbulkan pembengkakan pada betis. Oleh sebab itu sebaiknya kontrol pola makan agar tidak mengalami kelebihan berat badan karena berbahaya bagi kesehatan.

Loading...

4. Pembekuan darah

Penyebab betis bengkak lainnya yaitu karena terjadi pembekuan darah pada daerah betis. Pembekuan darah biasanya disebabkan karena cidera atau hal lain. ketika seseorang mengalami pembekuan darah biasanya akan mengalami wajah yang pucat. Karena darah di dalam tubuhnya tidak mengalir secara maksimal.

5. Bengkak secara tiba – tiba

Bengkak pada bagian betis tidak melulu disebabkan karena suatu hal. Mungkin saja pembengkakan terjadi karena hal yang tidak jelas dan tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya. Oleh sebab itu apabila seseorang mengalami pembengkakan tanpa diketahui penyebabnya sebaiknya periksakan secara dini kepada dokter agar penyebabnya dapat diketahui dan segera ditangani dengan perawatan yang tepat.

6. Sesak napas

Biasanya bengkak pada bagian betis akan sembuh secara sendirinya atau dengan menggunakan salep dan istirahat dengan porsi yang cukup. Berbeda halnya ketika kamu mengalami bengkak pada betis dan disertai dengan sesak napas, bisa saja hal ini merupakan indikasi terkena penyakit lainnya yang berbahaya dan serius. Oleh sebab itu segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis penyakit apa yang sedang dialami.

7. Duduk terlalu lama

Pembengkakan betis juga dapat disebabkan karena hal sederhana seperti duduk terlalu lama hingga berjam – jam tanpa melakukan aktivitas lainnya. Duduk terlalau lama akan menyebabkan darah susah untuk mengalir ke seluruh tubuh sehingga beberapa bagian tubuh akan membengkak. Selain itu aliran darah yang tidak lancar akan menyebabkan kesemutan yang sangat menyakitkan.

8. Karena ada cidera

Salah satu faktor lainnya yang dapat menyebabkan pembengkakan pada betis yakni karena aktivitas tertentu yang menyebabkan bagian betis cidera. Cidera pada betis akan menyebabkan cairan menumpuk jadi satu sehingga akan menyebabkan bagian ini membengkak dan terus membesar apabila tidak segera ditangani dengan tepat

Baca Juga 9 Cara Mengatasi Kutu Air dengan Mudah dan Efektif

Itulah 8 penyebab betis bengkak yang umumnya terjadi pada setiap orang. Sebaiknya hindari hal – hal yang disebutkan di atas agar betis bengkak tidak terjadi pada kalian dan tidak menyebabkan penyakit. Bengkak pada bagian kaki akan menyebabkan kelincahan seseorang menurun dan menyebabkan penampilannya tidak menarik. Hal inilah yang menyebabkan seseorang kehilangan percaya dirinya ketika dihadapkan kepada orang lain.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top