Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Sakit Mata dan Cara Menyembuhkannya

Uncategorized

Penyebab Sakit Mata dan Cara Menyembuhkannya

Sakit mata adalah penyakit yang umum di derita oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sakit mata mudah menular terutama kepada orang sekitar. Penderita sakit mata, biasanya menunjukkan gejala mata bengkak, belekan, memerah dan berair setelah bangun tidur. Penyakit ini memang tidak berbahaya, tapi kalau dibiarkan dapat mengganggu aktivitas. Untuk itu, kita memerlukan obat sakit mata yang ampuh dan efektif.

Sakit mata itu mempunyai beberapa jenis dan tidak semuanya menular. Kantong mata menjadi sebab pembengkakan jaringan sekitar mata. Kulit sekitar mata yang tipis dan sensitif menjadikan setiap pembengkakan kecil nampak terlihat dengan jelas. Banyak kasus sakit mata dapat hilang sendirinya tanpa menggunakan obat sakit mata. Tapi, apabila bengkaknya disertai iritasi, nyeri, gatal demam dan gangguan penglihatan, bisa jadi sebagai tanda masalah lain bagi mata.

Penyebab sakit mata

Sebelum kita membahas tentang obat sakit mata merah atau bengkak yang ampuh dan efektif, lebih baik ketahui dulu penyebabnya. Sehingga, kita dapat menghindari penyebab sakit mata itu. Simak langsung ulasannya!

  • Terjadi karena perubahan hormon tubuh saat menstruasi, kehamilan atau pertambahan usia.
  • Karena mengalami cedera di dekat mata atau area sekitar kelopak mata.
  • Akibat polusi lingkungan
  • Reaksi alergi dari obat tertentu
  • Karena kandungan garam di dalam air mata
  • Terlalu banyak tidur, tidur tidak nyenyak atau kurang tidur
  • Gigitan serangga yang bisa memicu kebocoran di subkutan kapiler
  • Karena menopouse, yang dapat menyebabkan retensi cairan di jaringan subkutan di bawah mata
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan, karena merokok dan narkoba
  • Akibat diet makanan (kadar garam yang tinggi mampu mendorong retensi cairan di sekitar mata
  • Menangis cukup lama
  • Riwayat keluarga yang mempunyai mata bengkak sehingga lebih rentan
  • Akibat infeksi kulit psoriasis atau eksim yang terjadi pada sekitar mata

baca juga : Cara Mengatasi Mata Lelah (Astenopia)


Obat sakit mata alami dan efektif 

Bawang putih
Seperti yang kamu ketahui bawang putih bawang putih mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. bahkan bawang putih juga ampuh dijadikan sebagai obat sakit mata. Yang harus kamu lakukan adalah, siapkan bawang putih secukupnya, lalu kupas dan ptong ujungnya. Kemudian cuci matamu hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk yang lembut. Kemudian, oleskan irisan bawang putih ke bagian mata yang sakit seperti penggunaan eyeliner. Biarkan selama beberapa menit hingga mata mengeluarkan air. Lakukan secara rutin sebelum kamu bangun tidur.

Daun sirih
Tah hanya bawang putih, ternyata daun sirih juga sangat efektif digunakan sebagai obat sakit mata bengkak atau merah. Daun sirih termasuk obat sakit mata alami yang bisa menjernihkan mata dan mengatasi sakit mata dengan cepat. Caranya, rebus daun sirih dengan air sekupunya hingga mendirih. Lalu dinginkan dan saring airnya dengan saringan teh. Kemudian, ambill kain lembut dan celupkan ke air rebusan tersebut, kemudian bersihkan area mata yang sakit. Bisa juga kamu manfaatkan sebagai obat tetes mata.

Loading...

Obat sakit mata dengan getah daun patikan kebo
Tanaman patikan kebo sebenarnya banyak terdapat di sekitar kita. Hanya saja, kita tidak menyadari khasiatnya untuk kesehatan mata. Daun ini bisa mengobati mata merah, mata lelah dan penyakit mata ringan lainnya. Caranya, ambil 2 sampi 3 tangkai tanaman patikan kebo. Patahkan tangkai itu dan teteskan getahnya ke mata yang sakit atau kedua mata. Aplikasikan cara ini 2 kali sehari sebanyak 2 atau tiga tetes.

Itulah penyebab sakit mata dan obat sakit mata alami yang ampuh dan bisa menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menggunakan obat tersebut, tapi jika sakit mata tak kunjung sembuh lebih baik kunjungi dokter.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top