Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Hal Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning Paling Ampuh

Uncategorized

21 Hal Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning Paling Ampuh

Gejala penyakit kuning yaitu dimana kondisi tubuh terjadi pengendapan bilirubin yakni zat sisa sel darah merah yang mengalami penguraian. Bilirubin sebenarnya merupakan zat sisa yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh dan harus segera dibuang melalui feses dan urine. Namun seseorang yang mengalami gangguan hati bilirubin justru dapat mengendap di dalam organ hati sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning. Hal tersebut merupakan penyebab dan pencegahan penyakit kuning yang sangat umum terjadi.

Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning, Hal Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning, Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Kuning

Jenis – jenis penyakit kuning yang umum terjadi sangat banyak jenisnya, seperti penyakit kuing pre – hepatic, inta – hepatic, dan post – hepatic. Berikut ini merupakan gejala – gejala yang sering timbul pada penderita penyakit kuning.

1. Mual dan muntah
2. Air seni berwarna kuning kecoklatan
3. Kepala pusing
4. Kulit dan putih mata mulai menguning
5. Kehilangan nafsu makan
6. Demam ringan sampai tinggi
7. Penurunan berat badan yang cukup signifikan
8. Mata terasa nyeri
9. Pendarahan gusi
10. Kulit rentan terluka
11. Pegal – pegal pada beberapa bagian tubuh
12. Sering mengantuk
13. Tubuh mudah mengalami kelelahan
14. Muka pucat
15. Lesu

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, slogan itu memang benar adanya. Hal ini dikarenakan pengobatan penyakit kuning apabila terjadi pada seseorang akan memakan biaya yang tidak sedikit. Dengan mencegah, kamu akan memiliki tubuh yang sehat serta terhindar dari penyakit yang satu ini. Beberapa cara pencegahan dapat kamu jalankan seperti.

1. Banyak minum air putih

Salah satu penyebab dan pencegahan penyakit kuning yaitu berhubungan dengan air putih. Apabila seseorang kekurangan dalam mengonsumsi air putih maka akan mudah sekali terkena penyakit kuning ini. kekurangan minum air putih juga akan menurunkan beberapa fungsi organ lainnya. Hal ini sangat wajar terjadi karena tubuh memang tersusun oleh sebagian besar air, apabila kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan keanehan pada tubuh manusia.

2. Tidak ketergantungan pada obat

Obat yang biasanya dijual dipasaran mengandung banyak zat kimia, apabila seseorang mengonsumsi obat – obatan terlalu sering dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan penimbunan zat kimia berbahaya pada organ hati. Penumpukan zat yang tidak dibutuhkan tersebut akan menyebabkan hati terluka dan mempermudah terjadinya penyakit kuning.

Loading...

3. Olahraga ringan tapi teratur

Apabila kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan olahraga yang cukup berat. Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan – ringan saja. Olahraga ringan yang dimaksud seperti melakukan yoga, jogging sekeliling rumah, dan senam aerobik yang bisa dilakukan di dalam rumah. Olahraga yang seperti ini sangat besar efeknya bagi kesehatan tubuh. Namun kamu harus melakukannya secara rutin agar tubuh fit setiap saat.

4. Menghindari alkohol

Alkohol merupakan minuman yang tidak memiliki manfaat dan hanya akan menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit kuning ini. oleh sebab itu sudah selayaknya untuk menghindari dari minuman – minuman beralkohol. Gantilah kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi camilan yang menyehatkan seperti buah dan sayur. Alkohol yang diminum secara berlebihan dan sering juga akan memicu peradangan pada organ lainnya.

5. Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebihan dan terlalu kurus juga sangat memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Seseorang harus selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Berat badan yang berlebihan akan memperlambat kinerja hati untuk menyaring racun di dalam tubuh manusia. Sehingga tidak heran bahwa seseorang yang kegemukan sangat mudah terserang oleh penyakit kuning.

6. Makan buah dan sayur

Buah – buahan dan sayur merupakan makanan yang kaya akan manfaat, hampir seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam buah dan sayuran tersebut. Mulai dari serat, vitamin, kalsium, dan lain sebagainya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur setiap hari, akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga 21 Obat Herbal Tradisional Sakit Kepala Paling Ampuh

Itulah penyebab dan pencegahan penyakit kuning yang perlu kamu tahu. Dengan adanya artikel ini diharapkan kamu dapat mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mencegah penyakit kuning agar tidak terjadi pada diri kamu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top