Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda

Uncategorized

8 Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda

Penyebab Darah Tinggi Pada Usia Muda – Hampir semua orang dapat mengalami tekanan darah tinggi. Biasanya usia yang semakin tua dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Akan tetapi darah tinggi tidak hanya disebabkan karena faktor usia, tekanan darah yang terlalu tinggi juga akan mengganggu sirkulasi darah sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada usia muda.

Selain tekanan darah yang terlalu tinggi, ada beberapa penyebab darah tinggi pada usia muda seperti kebiasaan merokok, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Berikut inilah penyebab darah tinggi pada usia muda yang perlu anda ketahui.

Darah Tinggi

1. Stres berat

Penyebab pertama darah tinggi pada usia mudah karena stres berat. Pikiran yang sering mengalami stres berat atau stres berkepanjangan akan merangsang pembuluh darah menjadi menyempit dan darah yang mengalir menjadi tersendat sendat. Jika hal ini sudah terjadi maka syaraf bagian kepala akan merasa tertekan sehingga bisa menyebabkan darah tinggi di usia muda.

2. Kegemukan atau obesitas

Penyebab lainnya darah tinggi pada usia muda karena faktor kegemukan atau obesitas. Berat badan yang berlebihan akan menyebabkan kegemukan yang justru rentan dengan darah tinggi pada usia muda. Tekanan darah yang meningkat karena kelebihan lemak didalam tubuh sehingga dapat menghambat jalannya darah serta memperlambat darah untuk menyebar keseluruh peredaran darah terutama yang menuju ke otak.

3. Malas berolahraga

Malas melakukan olahraga juga menjadi salah satu penyebab darah tinggi pada usia muda. Jika anda malas berolahraga maka pembuluh darah menjadi tidak sehat. Selain itu, malas berolahraga juga akan mengakibatkan syaraf yang ada di dalam tubuh akan menyempit dan pasokan darah baru yang berisi oksigen tidak memadai. Dengan kondisi tersebut, anda akan beresiko darah tinggi pada usia muda.

4. Faktor genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan juga dapat menyebabkan darah tinggi pada usia muda. Faktor ini tidak dapat dihindari, ketika salah satu orangtua adalah penderita darah tinggi sehingga hal ini sangat berpotensi akan menurunkan penyakitnya pada keturunannya walaupun kenyataannya tidak semua keluarga akan mengalaminya. Namun riset membuktikan jika faktor genetik sangat berperan penuh penyebab darah tinggi usia muda.

Loading...

5. Kebiasaan merokok pada usia muda

Jika anda mempunyai kebiasaan merokok sejak di usia muda maka mulailah waspada dengan kesehaatn anda. Hal ini dikarenakan kebiasaan merokok pada usia muda apalagi dalam jumlah yang berlebihan rentan terserang darah tinggi. Rokok akan menghambat pasokan darah bersih dalam arteri menuju otak, sehingga bisa mencemari darah dan menghambat kinerja jantung. Inilah penyebab darah tinggi pada usia muda.

6. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Alkohol tidak hanya mempengaruhi kondisi kesehatan menjadi buruk namun juga dapat merusak pembuluh darah diseluruh tubuh terutama arteri yang menuju ke bagian kepala. Jika syaraf pusat terganggu maka akan menghambat jalannya pasokan darah yang berisi oksigen untuk masuk kebagian kepala. Akibatnya peningkatan tekanan darah tak bisa dihindari lagi sehingga anda akan rentan dengan darah tinggi pada usia muda.

7. Pola makan buruk

Pola makan buruk berarti tidak memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Tentu saja hal ini akan menyebabkan darah tinggi pada usia muda. Jika anda tidak mengatur pola makan dengan benar maka anda akan mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak garam. Sebaiknya anda menghindari makanan yang buruk seperti gorengan atau makanan yang siap saji.

8. Tubuh lemas

Darah tinggi pada usia muda juga dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang terasa lemas. Anda akan merasa lemas ketika tubuh tidak mendapatkan energi untuk beraktivitas. Hal ini disebabkan kurang tidur atau tidak sarapan sedangkan tubuh terus diforsir untuk melakukan aktivitas. Jika hal itu terus dilakukan maka kemungkinan besar tekanan darah anda akan naik sehingga dapat menyebabkan darah tinggi pada usia muda.

Jika anda sudah mengatahui penyebab darah tinggi pada usia muda, setidaknya anda bisa melakukan pencegahan mulai saat ini. Tekanan darah tinggi yang diabaikan akan mengakibatkan penyakit arteri koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, dan banyak penyakit berbahaya lainnya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top