Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Dampak Penyebab Penyakit Eksim Kering Menahun

Uncategorized

16 Dampak Penyebab Penyakit Eksim Kering Menahun

Eksim adalah salah satu jenis dari penyakit yang berhubungan dengan kulit di mana kondisi ini menandakan adanya peradangan pada kulit. Pada umumnya, eksim akan ditandai dengan kemerahan di kulit, pembengkakan, hingga rasa gatal yang begitu mengganggu. Gejala eksim tak akan membuat penderitanya nyaman, terlebih ada beberapa kasus di mana eksim kering terjadi secara menahun. Tentu, hal itu kita perlu mengetahui penyebab eksim kering menahun.

Untuk dapat menyembuhkan eksim kering, penyebab eksim kering menahun itu sendiri perlu Anda kenali dengan baik. Jika sampai eksim kulit kering terjadi menahun, maka hal ini tak sebaiknya diabaikan dan justru harus diobati segera. Penyebab eksim kering menahun bawah ini agar memudahkan dalam menanganinya:

Penyebab Eksim Kering Menahun, Dampak Penyebab Eksim Kering Menahun, Hal Penyebab Eksim Kering Menahun

1. Faktor Cuaca

Penyebab eksim kering menahun yang pertama adalah faktor cuaca. Ketika cuaca berganti-ganti terus-menerus, hal ini bukanlah hal yang baik bagi para penderita alergi. Saat cuaca berubah dingin atau bersuhu dingin, maka penderita alergi cuaca dingin bakal mengalami eksim. Karena perubahan cuaca terjadi setiap tahun, maka eksim kulit pun bisa terjadi secara menahun.

2. Penggunaan Perhiasan Imitasi

Eksim kering menahun juga dapat berpotensi terjadi yang disebabkan oleh kebiasaan memakai perhiasan yang bukan asli. Perhiasan imitasi memang murah, namun apabila Anda terus-menerus memakainya dan terjadi gejala eksim seperti gatal-gatal di permukaan kulit di mana kemudian dilanjutkan dengan munculnya eksim kering, segera cariobat eksim kering menahun.

3. Penggunaan Kosmetik

Ketika bahan kosmetik yang digunakan termasuk berbahaya, maka hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Eksim kering yang menahun bisa jadi disebabkan oleh pemakaian kosmetik yang sama dan tidak cocok secara berkepanjangan.

4. Paparan Debu

Paparan debu secara terus-menerus bisa saja menyebabkan eksim kering menahun pada sebagian orang. Ketahanan dan kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda di mana ada beberapa orang yang jika terkena debu sedikit saja bisa terkena eksim kering. Saat debu menempel pada kulit, maka timbul langsung rasa gatal sekaligus ruam kemerahan.

Loading...

5. Penggunaan Kain Wol

Kain wol merupakan salah satu jenis kain yang bisa dengan mudah menyebabkan timbulnya rasa gatal di bagian permukaan kulit. Eksim kering pun mampu terjadi menahun diakibatkan oleh penggunaan kain wol secara jangka panjang. Kain yang terbuat dari wol memang hangat bila dipakai di daerah yang bersuhu dingin, namun hati-hati akan efeknya.

6. Detergen

Eksim kering menahun rupanya dapat disebabkan oleh pemakaian detergen dan hal ini dapat terjadi khususnya pada yang memiliki sensitivitas kulit cukup tinggi. Ketika seseorang yang diketahui sudah memiliki alergi atau memang menderita kondisi gangguan kulit, terkena paparan detergen akan memperparah kondisinya. Eksim kering adalah efek yang bisa muncul.

7. Penggunaan Pelembab yang Salah

Pemakaian produk pelembab kulit yang salah ternyata juga mampu menjadi pemicu timbulnya eksim kering. Ini semua karena kandungan bahan-bahan kimia yang tak bisa diterima oleh kulit kita sendiri. Memilih produk pelembab pun tak bisa secara sembarangan karena perlu juga memastikan asal-usul serta kualitasnya. Salah-salah, penggunaan pelembab kulit malah bisa menjadi penyebab iritasi dan eksim kering menahun di mana ini akan cukup sulit untuk diatasi.

8. Alergi Makanan

Ada makanan dan minuman tertentu yang paling sering menyebabkan reaksi alergi. Ketika seseorang mengalami reaksi alergi, eksim kering pun dapat menjadi salah satu efek atau gejala yang patut diwaspadai.

9. Paparan Asap Rokok/Polusi

Eksim kering dapat terjadi atau bahkan menjadi lebih buruk ketika tubuh, terutama bagian permukaan kulit terpajan asap rokok maupun asap polusi kendaraan. Apabila memang Anda punya riwayat kesehatan seperti reaksi alergi, sebaiknya Anda lebih waspada ketika berada di tempat umum yang rentan dipenuhi asap polusi maupun rokok.

10. Pemakaian Produk Berparfum

Produk-produk yang berparfum bisa jadi adalah penyebab eksim kering menahun pada kulit Anda. Produk-produk yang berparfum, termasuk juga sampo, bedak, dan sabun mandi biasa. Ketika tak sesuai dengan kondisi kulit, maka produk ini justru malah mendatangkan eksim kering.

Pada orang-orang yang tak terlalu cocok dalam menggunakan produk berparfum, biasanya akan timbul di permukaan kulit gejala-gejala seperti munculnya bercak kemerahan dan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Baca Juga 9 Antibiotik untuk Mengatasi Penyakit Infeksi Saluran Kemih

6 Penyebab Eksim Kering Menahun Lainnya:

11. Susu
12. Telur
13. Makanan laut
14. Udang
15. Kerang
16. Kacang

Itulah daftar penyebab eksim kering menahun beserta sekilas info tentang komplikasi yang berkemungkinan terjadi. Karena paparan terhadap bahan kimia jauh lebih sering terjadi, maka waspadailah, termasuk juga terhadap makanan-makanan alergen maupun cuaca dingin yang mudah memicu eksim kering yang merupakan salah satu penyakit kulit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top