Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Hal Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

19 Hal Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Ginjal sudah tak diragukan lagi adalah organ penting pada setiap tubuh manusia di mana fungsinya adalah sebagai penyaring darah, pembuang toksin, penetral zat asam, penyerap mineral, penghasil urine, dan penghasil hormon. Itulah mengapa ketika ginjal tak terjaga dengan baik, maka fungsi-fungsi tersebut menjadi turun atau bahkan hilang.

Kerusakan ginjal dapat terjadi pada siapapun di mana ini bukanlah hal yang secara tiba-tiba. Ada berbagai kebiasaan penyebab gagal ginjal yang patut Anda ketahui agar dapat mengatasi berdasarkan dari penyebabnya.

Penyebab Gagal Ginjal, Dampak Penyebab Gagal Ginjal , Hal Penyebab Gagal Ginjal

1. Konsumsi Minuman Beralkohol Terlalu Sering dan Banyak

Penyebab gagal ginjal  yang pertama yakni mengonsumsi minuman beralkohol. Ketika terlalu sering dan pada kadar yang berlebihan, maka hal ini mampu mengancam kesehatan pengonsumsinya. Di luar sana bahkan ada minuman keras oplosan yang kita tidak tahu bahan-bahan apa yang sudah dicampur.

2. Kurang Minum Air Putih

Sangat penting meminum air putih karena ketika tubuh tak mendapatkan asupan cairan cukup (8-10 gelas per hari), limbah racun yang ada di dalam tubuh bakal menimbun dan tak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Faktor ini jugalah yang menjadi pemicu kerusakan ginjal, khususnya pemicu gagal ginjal.

3. Konsumsi Protein Hewani Terlalu Banyak

Protein hewani yang paling umum dan banyak dikonsumsi adalah daging merah di mana sebetulnya asupan terlalu banyak malah akan membuat beban metabolisme ginjal menjadi meningkat. Ginjal harus bekerja lebih keras ketika asupan protein yang dimasukkan ke dalam tubuh lebih banyak.

4. Konsumsi Garam Berlebihan

Supaya tubuh mampu menjalankan fungsi dengan lancar, maka garam dan natrium tentunya dibutuhkan. Hanya saja, asupan garam berlebihan juga bukan ide yang bagus untuk kesehatan. Selain asupan berlebih mampu menyebabkan tekanan darah tinggi, kebiasaan makan makanan asin bisa membebani ginjal.

Loading...

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri Berlebihan

Apabila nyerinya tak begitu menyiksa, jangan lantas sedikit-sedikit langsung meminum obat semacam ini. Gejala gagal ginjal dapat lama-lama muncul ketika Anda terbiasa minum obat ini.

6. Kurang Asupan Mineral dan Vitamin

Anda perlu vitamin dan mineral dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika organ dalam tubuh kita mengalami defisiensi mineral dan vitamin, maka ginjal juga akan ikut terkena dampak buruknya. Hal ini bakal menaikkan risiko gagal ginjal, kalau kekurangan asupan mineral magnesium.dan kekurangan asupan vitamin B6.

7. Sering Menahan Kencing

Menahan kencing bukan hanya menjadi kebiasaan yang disebabkan oleh kesibukan pekerjaan. Alasan lain yang paling sering adalah dikarenakan sedang berada di tengah perjalanan. Menahan kencing rupanya bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal dan meningkatkan potensi terkena gagal ginjal. Keluarnya urine yang ditahan justru bisa menekan ginjal dan membuatnya terbeban.

8. Minum Kopi Berlebihan

Kopi yang berlebihan pun tak hanya menjadi faktor peningkat potensi tekanan darah tinggi serta jenis-jenis penyakit jantung. Tekanan tambahan pada ginjal pun dapat disebabkan oleh konsumsi kopi berlebih. Banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi terlalu banyak dalam sehari karena menganggap bahwa kopi mampu menambah tenaga. Padahal sebetulnya, konsumsi kopi yang berlebihan mampu merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

9. Minum Teh Berlebihan

Sama dengan kopi, teh adalah sejenis minuman berkafein tinggi di mana jika berlebihan dalam konsumsinya malah bisa meningkatkan risiko penyakit, tak terkecuali gagal ginjal. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian kopi, bahaya teh bagi kesehatan pun sama saja di mana kalau terlalu banyak dan sering bisa merusak organ ginjal.

10. Sering Begadang dan Kurang Tidur

Sangat penting bagi setiap orang untuk memperoleh kualitas tidur yang baik dan cukup, yakni per malamnya 7-9 jam. Ketika seseorang mengalami yang namanya kurang tidur kronis, penyakit ginjal seperti gagal ginjal pun akan membayangi. Malam hari adalah waktunya tidur dan saat tidur adalah waktunya bagi proses perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, tak terkecuali bagian ginjal.

Baca Juga 19 Kebiasaan Hal Penyebab Kegemukan yang Perlu Diwaspadai

Selain 10 penyebab gagal ginjal, adapula 9 penyebab lainnya yang penting juga untuk anda ketahui:

9 Penyebab Gagal Ginjal Lainnya :

11. Konsumsi Gula Berlebihan
12. Mengabaikan Infeksi Umum
13. Terlalu Sering Minum Obat Kimia
14. Kurang Olahraga
15. Merokok
16. Minum Minuman Bersoda Berlebihan
17. Minum Obat Tidak secara Rutin
18. Tidak Mengecek Kadar Tekanan Darah
19. Penyakit kronis seperti diabetes, lupus dan penyakit Buerger

Kebiasaan-kebiasaan penyebab gagal ginjal ini adalah yang paling kerap dilakukan dan paling dianggap wajar. Kurang asupan air putih adalah kebiasaan paling buruk bagi kesehatan ginjal, jadi mulailah untuk menjalani hidup sehat dari sekarang agar tidak mudah terserang oleh penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top