Connect with us
close

Virtual.co.id

27 Penyebab dan Gejala Amandel

Uncategorized

27 Penyebab dan Gejala Amandel

Amandel sebenarnya adalah nama dua buah tonsil yang terletak pada bagian batang tenggorokan. Semua orang memiliki dua buah amandel dengan bentuk oval. Peradangan amandel sering disebut juga dengan amandel itu sendiri. Peradangan amandel sering terjadi pada anak-anak dan hanya kasus kecil yang terjadi pada orang dewasa. Anak-anak yang menderita peradangan amandel biasanya sudah diketahui sejak kecil oleh ahli penyakit hidung telinga dan tenggorokan.

27 Penyebab dan Gejala Amandel

Penyebab Amandel 

1. Sering makan ber MSG
2. Sering makan pedas
3. Sering minum es
4. Makan makanan dengan pemanis buatan
5. Terlalu sering merokok

Amandel merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan dan penyakit yang dapat mengakibatkan efek negatif yang dapat menjalar pada gangguan THT. Amandel dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa, dalam bahasa medis amandel disebut juga sebagai tonsilitis yang disebabkan akibat dari peradangan amandel yang disebabkan oleh faktor penyebab seperti adanya virus dan bakteri yang berlebih yang masuk melalui hidung dan mulut. Berikut beberapa gejala amandel yang harus Anda ketahui…

1. Amandel bengkak

Amandel tidak terlihat jelas ketika mulut terbuka akan tetapu ketika terjadi peradangan amandel maka bagian amandel akan terlihat membengkak dan itulah tenggorokan merasa sakit. Pembengkakan adalah reaksi dari peradangan yang bisa disebabkan oleh virus. Amandel juga akan bengkak ketika penderita sedang mengalami influenza atau radang tenggorokan.

2. Bercak putih pada amandel

Untuk gejala amandel berikunya adalah amandel yang sehat seharusnya merah dan bersih. Untuk anak-anak atau remaja yang terkena peradangan amandel maka amandel akan terlihat ada bercak putih seperti bagian daging yang berubah warna. Hal ini disebabkan karena reaksi amandel yang memproduksi sebuah zat antibodi yang berusaha menolak semua infeksi dari virus atau bakteri.

3. Bau mulut

Penderita peradangan amandel biasanya juga bermasalah dengan bau mulut. Virus yang menyerang pada bagian amandel seperti virus streptokokus pyogenes akan berkembang dalam bagian amandel dan tenggorokan. Bakteri yang berkembang pada bagian amandel akan merangsang air liur dan zat kimia yang terdapat pada lidah dan gigi.

Loading...

4. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya akan terjadi pada tahap awal ketika amandel sudah mulai membengkak. Rasa sakit pada tenggorokan terjadi ketika menelan minuman maupun makanan. Rasa sakit ini terjadi ketika peradangan amandel memang membuat semua bagian tenggorokan termasuk bagian dalam menjadi lebih tidak nyaman.

5. Sakit saat menelan

Amandel mengalami pembengkakan atau peradangan maka ketika  bertemu dengan zat asing yang melewati tenggorokan akan terasa sakit. Rasa sakit bisa terjadi mulai dari bagian tenggorokan, lidah, hingga ke telinga. Karena itu sulit untuk menelan apapun ketika amandel membengkak atau meradang.

6. Sulit saat menelan

Rasa sakit yang sangat parah ketika menelan berbagai zat asing termasuk makanan dan minuman juga membuat kemampuan tenggorokan berkurang. Hal ini bisa disebabkan karena rasa sakit yang terlalu berat atau ketika amandel membengkak dan menyebabkan tidak ada ruang yang bisa dilewati oleh makanan.

7. Demam

Tubuh yang demam adalah reaksi yang wajar ketika tubuh membentuk reaksi terhadap infeksi yang terjadi pada bagian tubuh. Amandel sebenarnya berfungsi untuk menyaring semua jenis kuman, virus atau bakteri agar tidak sampai ke dalam tubuh. Tapi kemudian ketika amandel mengalami peradangan maka virus dan bakteri justru akan menyerang tubuh itu sendiri. Demam karena amandel bisa mencapai lebih dari 38 derajat Celcius. Karena itu anak-anak yang mengalami demam tinggi harus mendapatkan perawatan dokter.

8. Kelenjar getah bening leher bengkak

Benjolan di leher yang banyak mengkhawatirkan orang adalah amandel karena ada kelenjar getah bening yang terdapat pada bagian tenggorokan. Ketika amandel membengkak atau mengalami peradangan maka bisa menyebabkan bagian kelenjar getah bening ini terlihat lebih besar. Meskipun ini tanda yang bisa diperhatikan tapi sebaiknya tidak terlalu sering menekan bagian ini.

9. Suara serak

Amandel yang membengkak juga bisa memberikan efek yang cukup berat untuk pita suara yang terletak dibagian dalam tenggorokan. Tenggorokan akan merasakan sakit dan memberikan pengaruh secara langsung untuk pota suara. Kondisi inilah yang membuat suara akan serak, bahkan anak- anak yang terus menangis atau rewel bisa kehilangan suara sementara.

10. Tenggorokan dalam gatal

Pada bagian dalam tenggoroka yang gatal biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Gejala ini bisa terjadi sebelum peradangan pada amandel menjadi parah atau berat. Rasa gatal bisa menjalar hingga ke bagian telinga dalam dan rasanya sangat tidak nyaman.

Baca juga: 20 Penyabab dan Gejala Kista Ganglion

12 Gejala amandel lainnya :

1. Sakit perut
2. Sakit kepala
3. Leher terasa kaku
4. Sakit pada telinga
5. Tubuh terasa letih
6. Suara menghilang
7. Nafar bebunyi pada saat tidur
8. Mendengkur
9. Rahang terasa nyeri
10. Terserah flu
11. Rewel pada anak- anak
12. Tubuh demam

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala amandel. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya…

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top