Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Penyebab dan Gejala Anemia yang Wajib Diwaspadai

Uncategorized

30 Penyebab dan Gejala Anemia yang Wajib Diwaspadai

Penyakit anemia adalah salah satu gangguan yang memang paling sering terjadi pada khalayak umum. Anemia adalah suatu kondisi yang masih berkaitan dengan sel darah merah. Sel darah merah ini memiliki hemoglobin yang dapat membawa oksigen pada seluruh jaringan tubuh. Oksigen adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh dan oksigen ini adalah komponen yang paling penting untuk kelangsungan hidup dari seseorang. Jadi jika seseorang mengalami anemia maka penderita akan kekurangan oksigen untuk tubuhnya dan ini juga akan berpengaruh pada kelangsungan dari fungsi bagian tubuhnya. Jadi, pasien yang mengalami anemia cenderung merasa lemas dan cepat lelah. Pada kasus yang parah, organ mereka bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.

Banyak dari penderita menganggap remeh masalah ini dan banyak juga orang sama sekali tidak mengetahui penyebab dan juga gejala dari anemia tersebut. Dan berikut ini adalah penyebab dan gejala dai penyakit anemia.

Penyebab Penyakit Anemia :

1. Pernah mengalami pendarahan hebat
2. Menstruasi yang sangat banyak
3. Kurangnya zat besi
4. Kurangnya vitamin C
5. Kurangnya asam folat

Berikut beberapa gejala anemia yang harus Anda waspadai…


1. Kurangnya zat besi

Gejala anemia juga dapat disebabkan degan kurangnya zat besi pada penderita. Zat besi adalah zat yang dapat memproduksi sel darah merah dan itulah sebabnya jika kekurangan zat besi juga dapat menimbulkan produktivitas sel darah merah menjadi menurun. Banyak yang tidak tahu jika tubuhnya kekurangan zat besi dan ini akibatnya penderita akan mudah sekali terkena anemia.

2. Tubuh tidak bisa menyerap zat besi

Banyak orang yang mengalami kurangnya zat besi padahal mereka sudah banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan juga sudah mengkonsumsi suplemen penambah zat besi. Dan ini biasanya tubuh memang tidak dapat menyerap zat besi sehingga ini harus segera dikonsultasikan kepada dokter.

Loading...

3. Pembentukan sel darah merah berkurang

Penderita anemia akan mengalami kondisi yang mana kurangnya pembentukan sel darah merah sehingga jumlah eritrosit dalam tubuh berkurang.

4. Umur eritrosit pendek

Dengan adanya penghancuran sel darah merah yang berlebihan maka mengakibatkan umur eritrosit menjadi lebih pendek. Penghancuran ini ada di dalam sumsum tulang belakang pada penderita. Jika sudah dihancurkan, eritrosit pun jumlahnya akan berkurang sehingga anemia akan muncul.

5. Pendarahan

Pendarahan memang hal yang lumrah terjadi pada wanita seperti menstruasi namun apabila mengalami pendarahan yang tidak normal itu diakibatkan hormone juga tidak normal. Pendarahan itu bisa muncul saat wanita stress atau hormon estrogennya meningkat. Dan ini juga bisa menyebabkan seseorang terkena anemia.

6. Wajah pucat

Kulit atau wajah pucat dan mata tampak cekung adalah gejala yang sering terlihat pada penderita anemia. Anemia bisa dideteksi dengan memperhatikan kelopak mata bawah bagian dalam. Jika berwarna putih/pucat, kemungkinan Anda menderita anemia.

7. Sering merasa lelah

Pada penderita anemia ini akan mengalami rendahnya sel darah merah menyebabkan tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang dan akan kehilangan oksigen untuk disebarkan kepada seluruh tubuh. Dan ini mengakibatkan tubuh menjadi sangat kekurangan energi dan sering merasa lelah atau kelelahan.

8. Mual

Mual atau morning sickness adalah salah satu gejala dari wanita yang hamil. Akan tetapi, penderita anemia juga mengalami gejala serupa seperti wanita hamil. Penderita anemia ini akan mengalami mual serta kepala yang pusing dan berkunang-kunang segera setelah bangun tidur di pagi hari.

9. Mengalami sesak napas

Memang benar jika penderita akan mengalami jumlah sel darah yang cukup rendah dan ini menyebabkan menurunnya kadar oksigen dalam tubuh penderita anemia. Sehingga ini menimbulkan penderita anemia akan sering merasa susah bernapas atau pun sesak saat sedang menjalankan aktivitasnya. Bahkan ada pula penderita anemia sampai merasakan nyeri pada dada.

10. Detak jantung cepat dan tidak teratur

Untuk gejala yang selanjutnya adalah detak jantung penderita tidak teratur, meningkat, atau tidak normal terjadi saat anemia. Hal ini, memang akan terjadi jika seseorang tersebut mengalami penyakit anemia. Tubuh yang kekurangan oksigen akan menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu dan ini yang mengakibatkan detak jantung penderita akan mengalami detak yang tidak teratur.

Baca Juga: 25 Penyebab dan Gejala Osteoporosis

15 Gejala Anemia Lainnya :

11. Kekebalan tubuh menurun
12. Ujung jari pucat
13. Rambut rapuh atau terjadi kerontokan rambut
14. Telapak tangan pucat
15. Konsentrasi menurun
16. Tidak nafsu makan
17. Menjadi sangat sensitif
18. Kaki dan tangan terasa dingin dan sering kram
19. Rasa panas di lidah dan kekeringan di mulut dan tenggorokan
20. Kuku rapuh dan membengkok
21. Terjadi kesulitan dalam penyembuhan luka
22. Insomnia atau susah tidur
23. Mendadak lemas
24. Mudah depresi
25. Sering pingsan

Itulah sekilas informasi mengenai 25 penyebab dan gejala anemia kepada Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat kepada Anda. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top