Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab dan Gejala Aritmia Jantung

Uncategorized

17 Penyebab dan Gejala Aritmia Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kematian bagi penderita. Secara medis, Aritmia Jantung terjadi karena kurang lancarnya fungsi dari jantung dan mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar mengalir ke seluruh tubuh manusia. Sedangkan untuk serangan jantung adalah penyumbatan pembuluh darah yang membuat oksigen dan sisa makanan tidak menyebar pada tubuh.

17 Penyebab dan Gejala Aritmia Jantung

Penyebab Aritmia Jantung

1. Karena kurangnya kadar elektrolit dalam tubuh
2. Menggunakan obat terlarang seperti narkoba
3. Terlalu sering mengkonsumsi alcohol
4. Karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan nikotin
5. Tekanan darah yang tinggi

Penyakit Aritmia Jantung ini dapat menyerang siapa saja oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui gejalanya agar bisa segera ditangani sebelum lebih parah. Berikut beberapa gejala aritmia jantung …

1. Pusing kepala

Tekanan darah lebih rendah dapat mengakibatkan kepala menjadi pusing atau terasa pening dan ini disebabkan darah menuju otak dan juga ke seluruh tubuh mengalami masalah atau terhambat. Sakit kepala yang terlalu sering jangan disepelekan karena bisa jadi buka hanya sekedar darah rendah namun karena kelelahan bekerja seharian namun bisa melainkan menjadi tanda adanya penyakit serius juga.

2. Berdebar di dada

Dada yang berdebar atau bisa disebut dengan palpitasi. Ini adalah merupakan sebuah sensasi yang dirasakan pada bagian jantung yang merasakan detakan yang cukup kuat, cepat dan tidak teratur. Ini tidak hanya bisa terasa di bagian dada namun, juga bisa dirasakan di leher atau tenggorokan.

3. Badan kelelahan

Kelelahan atau sering disebut juga dengan fatigue merupakan keadaan berkurangnya kapasitas seseorang untuk bekerja, berkegiatan yang disertai dengan lesu dan letih. Rasa lelah ini cukup tak wajar karena bahkan tanpa adanya kegiatan yang padat. Kelelahan yang sangat juga dapat datang kapan pun khususnya pada penderita aritmia. Oleh karena itu, sebaiknya diperiksakan jika sudah muncul juga sejumlah gejala tak wajar lainnya.

Loading...

4. Denyut jantung terlalu cepat

Bagi Anda yang merasakan denyut jantung yang terlalu cepat maka hal ini tidak baik. Dan ini hampir sama tidak baiknya dengan denyut jantung yang terlalu lambat. Anda dapat periksa saat bangun tidur dengan cara menempelkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan selama 15 detik dan hitung berapa kali detak terasa kemudian kalikan 4 untuk mengetahui detak jantung per menitnya.

5. Denyut jantung lebih lambat

Ketika Anda merasa jika detak jantung sedikit lambat dan jika terjadi hanya sekitar 50 kali denyut setiap menitnya untuk orang dewasa dan juga anak-anak di saat beristirahat atau tidak melakukan kegiatan dan terkenal dengan nama ilmiah bradikardia karena pada dasarnya normalnya denyut jantung adalah sekitar 60 sampai 100 denyut. Denyut jantung yang lambat ini akan menyebabkan penderita pingsan, sakit kepala atau kelelahan.

6. Mengalami sesak napas

Sesak napas tak hanya menyerang pada orang-orang yang menderita penyakit asma. Ketika terjadi gangguan pada jantung maka ada kemungkinan sesak napas ini menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung tersebut. Kemudian akibat dari kekurangan oksigen yang dibutuhkan oleh penderita karena udara yang masuk menjadi tidak sebebas orang lain dalam menghirup oksigen tersebut. Dan gejala ini harus segera ditangani dari dokter jika tak mau mengalami masalah yang serius.

7. Merasakan nyeri dada

Nyeri dada merupakan rasa sakit atau seperti tertekan di bagian dada tanpa adanya sebab yang pasti. Nantinya, penderita bisa jadi akan di bagian tubuh yang terasa nyeri tersebut terasa seperti sedang tertusuk-tusuk yang juga dirasakan pada bagian bahu sampai ke tulang rusuk. Ada kemungkinan terjadi penyebaran keluhan nyeri di mana ini kemudian berpotensi meluas hingga ke bagian leher, rahang dan bahkan juga sampai ke area tangan. Jangan ragu memeriksakannya ke dokter karena bisa jadi dikarenakan aritmia dan Anda bisa mengatasinya segera.

8. Berkeringat

Mengeluarkan keringat berlebih memang tidak normal apalagi jika tidak  melakukan aktivitas padat dan melelahkan. Fisik yang cepat lelah tanpa sebab pasti merupakan hal yang mengkhawatirkan. Anda mungkin mengalami aritmia jika tubuh cepat dan gampang berkeringat disertai dengan sejumlah keluhan atau kondisi yang sudah disebutkan.

9. Kehilangan Kesadaran

Hilang kesadaran atau bisa dibilang dengan pingsan ini adalah kondisi seseorang yang kehilangan kesadaran sementara dan ini terjadi dengan tiba-tiba sehingga saat terjadi seringkali orang tersebut akan terjatuh dan inilah yang akan berbahaya. Keadaan ini disebut dengan sinkop yang sebenarnya umum terjadi. Namun, hilang kesadaran ini juga tidak boleh disepelekan sebab bisa menjadi pertanda jika anda menderita aritmia. Dan Anda juga perlu untuk memeriksakannya kepada dokter.

10. Kematian mendadak

Tidak hanya tiba- tiba hilang kesadaran namun juga akan mengalami kematian yang mendadak. Kenapa sampai mengakibatkan kematian? karena jantung yang terlalu cepat berdetak dan detakan yang tidak normal.

Baca juga: 10 Efek Buruk Daging Kodok untuk Kesehatan Tubuh


2 Gejala Aritmia Jantung Lainnya :

11. Nafsu makan menurun secara drastis
12. Sulit tidur hingga membuat penderita pusing

Itulah informasi mengenai 17 penyebab dan gejala aritmia jantung yang dapat diberikan kepada Anda. Jika Anda merasakan gejala seperti diatas ada baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter spesialis jantung. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top