Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Penyebab dan Gejala Cacar Air

Uncategorized

30 Penyebab dan Gejala Cacar Air

Cacar air atau biasa disebut dengan varisela, yang pada umumnya diderita oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Akan tetapi, orang dewasa juga pernah mengalaminya dan hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster  yang ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari.

Penyebab Cacar Air:

1. Belum pernah terkena cacar air
2. Belum menerima vaksin cacar air
3. Sistem kekebalan tubuh yang lemah
4. Serumah dengan anak- anak
5. Bekerja di tempat umum

Berikut ini adalah beberapa gejala cacar air yang wajib diketahui agar segera melakukan pencegahan secepatnya…

1. Demam

Untuk gejala yang pertama adalah penderita akan mengalami demam dan ini dikarenakan adanya virus yang masuk pada tubuh. Sistem imun sedang berusaha melawan virus atau bakteri yang ada di tubuh sehingga muncullah demam tersebut.

2. Suhu tinggi

Suhu tubuh penderita akan mengalami kenaikan yang cukup tinggi dan ini dapat dipastikan bahwa suhu tubuh pada penderita cacar melebihi 38 derajat celcius. Ketika ada orang yang menderita cacar air dengan suhu tubuh yang tinggi dia perlu tahu makanan untuk orang demam  agar suhu tubuhnya bisa menjadi normal kembali.

3. Nyeri otot

Nyeri otot ini disebabkan oleh virus yang menempel di dinding otot. Karena otot yang sudah tertempel dengan adanya virus varicella itu akan terasa nyeri jika untuk bergerak.

Loading...

4. Nyeri sendi

Sama seperti dengan nyeri otot, virus ini memang mampu untuk menginfeksi sendi manusia dan terutama pada sendi di bagian lutut sehingga jika untuk bergerak tubuh atau lutut itu akan terasa sakit.

5. Tidak enak badan

Penderita akan merasakan tidak enak badan karena tubuh menjadi lemah dan biasanya mulai merasakan tidak nyaman pada tubuhnya sendiri ketika tubuh terkena virus. Rasa tidak enak badan itu juga merupakan akibat dari berbagai macam gejala cacar air yang dialaminya.

6. Mual

Penderita cacar air akan mengalami gejala sering mual seperti halnya orang yang  terkena sakit maag dan mual ini akan datang jika setelah makan. Penderita yang telah terinfeksi dengan virus dia akan mengalami masalah dengan perncernaannya dan akan mengalami mual dan muntah sehingga dia akan mengalami dehidrasi.

7. Sakit kepala

Penderita pasti akan mengalami sakit kepala atau pusing dengan disertai demam seperti gejal diatas. Cacar air juga memiliki gejala anemia karena infeksi dari penyebaran virus varicella mempengaruhi sumsum tulang belakang manusia sehingga sumsum tulang belakang tidak bisa memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup dan mengakibatkan sel darah putih yang banyak. Ketika sel darah merah tidak tercukupi aliran darah menuju ke otak dan juga oksigen tidak bisa ke otak sehingga pusing akan muncul.

8. Tidak nafsu makan

Gejala yang selanjutnya adalah menurunnya nafsu makan pada penderita dan ini dikarenakan penderita mengalami demam yang dialaminya. Tidak hanya itu saja, penderita juga mengalami masalah gangguan pencernaan juga menjadi orang yang terinfeksi dengan virus ini tidak nafsu makan.

9. Radang tenggorokan

radang juga menjadi salah satu gejala dari cacar air dan biasanya radang ini akan muncul pada anak- anak namun, tidak menutup kemungkinan jika radang tenggorokan ini akan muncul pada orang dewasa. Obat radang tenggorokan biasa tidak bisa mengatasi sakit tenggorokan yang dialami penderita cacar air. Cara mengatasi sakit tenggorokan pada orang yang terkena cacar air harus dengan penghilangan virus yang ada di dalam tubuh orang tersebut. Namun, yang disayangkan adalah virus cacar ini tidak dapat diobati dengan obat atau anti biotik namun hanya dapat di obati dengan antibody saja.

10. Muncul bintik-bintik merah di kulit

Dengan munculnya bintik- bintik ini juga menjadi gejala dari cacar air dan memang tak hanya demam berdarah saja dengan gejala seperti ini. Akibat dari infeksi virus yang lain seperti varicella pada cacar air yang bisa menyebabkan bintik berwarna merah. Dan ini memang hampir sama dengan penyakit demam berdarah DBD, bintik merah itu disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah sehingga bintik merah akan ada di permukaan kulit.

Baca Juga: 20 Penyebab dan Gejala Kram Perut pada Wanita Hamil

15 Gejala Cacar Air Lainnya :

1. Kelelahan
2. Bentol berisi dengan cairan
3. Gatal
4. Bentol- bentol menyebar
5. Bentol mengering
6. Bertambah parah jika digaruk
7. Nyeri dada
8. Urin sedikit
9. Urin berubah warna
10. Batuk dan hidung berair
11. Kulit bengkak
12. Kulit sakit jika tersentuh
13. Napas berbunyi
14. Leher yang mengeras
15. Pingsan

Itu tadi info mengenaik penyebab dan gejala cacar air yang wajib Anda ketahui. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top