Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Penyebab dan Gejala Demam Dengue

Uncategorized

30 Penyebab dan Gejala Demam Dengue

Demam dengue adalah demam yang muncul di karenakan infeksi virus dengue. Virus dengue inilah yang menimbulkan penyakit karena memiliki banyak strain atau tipe virus dengue. Penyakit ini umumnya menyerang orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun. Akan tetapi, kekebalan terhadap jenis virus dengue yang pernah menyerang tidak berlaku pada tipe virus dengue yang lain, sehingga orang tersebut bisa saja terserang demam dengue kembali. Daerah yang banyak terkena demam dengue adalah daerah yang memiliki ilkim tropis dan subtropis seperti Asia.

30 Penyebab dan Gejala Demam Dengue

Penyebab Demam Dengue:

1. Daya tahan tubuh menurun
2. Kurang menjaga kebersihan lingkungan
3. Donasi organ tubuh
4. Terlalu banyak mengkonsumsi alcohol
5. Penyakit autoimun

Karena adanya curah hujan yang tinggi dan lingkungan yang kurang baik, sehingga menjadi tempat untuk perkembangan nyamuk aedes aegypti yang menjadi media utama penularan demam dengue. Berikut gejala demam dengue

1. Demam

Demam berdarah ini tiba- tiba akan naik secara mendadak dan berkisar antara 38,50 C- 400 C dan pada anak- anak yang sering terjadi peningkatan suhu yang mendadak. Demam akan terus menerus baik pada pagi maupun malam hari dan hanya menurun sebentar setelah diberikan obat penurun panas. Pada anak yang lebih besar atau pada orang dewasa pada saat gejala awal seringkali tidak begitu dihiraukan dan itu karena demam datang secara mendadak.

2. Lesu pada tubuh

Penderita demam dengue ini akan merasakan lesu dan lemah pada tubuhnya. Seluruh badan lemah seolah tidak ada kekuatan dan pada anak yang mengalami gejala ini mereka tidak dapat mengeluh tetapi anak yang biasanya aktif kali ini tidak mau bermain lagi dan lebih senang diam duduk atau tiduran.

3. Nafsu makan menurun

Bagi yang terserang naymauk dengue ini mereka akan merasakan badan yang semakin bertambah lemah karena nafsu makan menghilang, penderita sama sekali tidak nafsu baik minum maupun makan, rasa mual dan rasa tidak enak di perut dan didaerah ulu hati menyebabkan semua makanan dan minuman yang dimakan keluar lagi.

Loading...

4. Merasakan mual

Penderita akan mengalmai gejala yakni merasakan mual, muntah dan nyeri pada ulu hati akan makin bertambah jika penderita meminum obat penurun panas yang dapat merangsang lambung. Pada anak kecil dapat disertai mencret 3- 5 kali sehari, cair, tanpa lendir. Jadi, bila seorang anak menderita mencret disertai demam tinggi Anda harus waspada demam berdarah apalagi terjadi pada bayi atau anak kecil di bawah umur 2 tahun.

5. Nyeri perut

Nyeri pada bagian perut merupakan gejala yang sering muncul pada demam berdarah dengue. Gejala ini akan terlihat dengan jelas pada anak atau orang dewasa dan nyeri perut ini dapat terasa pada bagian ulu hati dan bagian di bawah lengkung iga sebelah kanan. Nyeri perut di bawah lengkung iga sebelah kanan lebih mengarah pada penyakit demam berdarah dengue dibandingkan nyeri perut pada ulu hati.

6. Tanda perdarahan

Pada awal penyakit demam berdarah dengue akan muncul tanda perdarahan yang terjadi adalah perdarahan yang dapat dikatakan tergolong ringan. Perdarahan kulit merupakan gejala perdarahan yang terbanyak ditemukan pada demam dengue. Bintik kemerahan sebesar ujung jarum pentul menyerupai bintik gigitan nyamuk.

7. Suhu demam tiba- tiba turun

Suhu badan akan turun pada penderita demam dengue, jadi seolah- olah anak sembuh oleh karena tidak demam lagi. Yang perlu diperhatikan saat ini, apabila demam menghilang dan anak tampak segar dan mau bermain serta mau makan atau minum ini termasuk demam dengue ringan.

8. Demam dengue pola yang khas

Penderita demam dengue akan mengalami gejala pola demam yang cukup khas yakni demam tinggi pada hari pertama sampai hari ketiga, kemudian turun pada hari keempat dan kelima namun, kembali naik pada hari keenam hingga infeksi virus selesai. Namun saat panas mulai turun sebenarnya adalah saat kritis bagi penderita.

9. Sakit kepala

Karakteristik sakit kepala juga cukup khas yaitu sakit di daerah belakang bola mata. Beberapa penderita mengeluhkan sensasi pegal pada bola mata dan jika penderita mengalami gejala seperti ini sangat di anjurkan untuk segera ke rumah sakit.

10. Penurunan trombosit 

Penderita akan menglami peningkatan konsentrasi sel darah atau adanya bukti keluarnya komponen cairan darah ke jaringan, seperti adanya cairan pada selaput paru-paru dengan disertai penurunan kadar protein darah, dan sebagainya.

Baca juga: 20 Penyebab dan Gejala Kejang Demam

15 Gejala Demam Dengue lainnya:

11. Nyeri ulu hati
12. Gusi berdarah
13. Mimisan
14. Muntah darah
15. Menstruasi yang berlebihan
16. Tangan dan kaki dingin
17. Bibir berwarna kebiruan
18. Sesak nafas
19. Penurunan kesadaran
20. Kejang- kejang
21. Kulit tampak kuning
22. Perut membuncit
23. Berlebihan pada sakit kepala
24. Mengalami diare
25. Menggigil

Itulah sekilas informasi mengenai 25 penyebab dan gejala demam dengue. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top