Connect with us
close

Virtual.co.id

26 Penyebab dan Gejala Kolestrol

Uncategorized

26 Penyebab dan Gejala Kolestrol

Kolestrol merupakan lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun, apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolesterol LDL, HDL, dan juga trigliserida dapat menghasilkan kolesterol total. Karena kolesterol tidak bisa larut dalam darah, maka diperlukan lipoprotein untuk mengangkutnya dari sel. Kolesterol baik bekerja untuk menyapu kolesterol jahat dari pembuluh darah, lalu membawanya ke liver, ginjal, ovarium, dan testis.

26 Penyebab dan Gejala Kolestrol

Penyebab Kolestrol

1. Kebiasaan  mengonsumsi makanan yang tidak sehat
2. Sering mengkonsumsi alcohol
3. Terlalu banyak makana dengan minyak jenuh
4. Minum kopi berlebih
5. Karena banyak merokok

Kolesterol tidak bisa larut dalam darah, maka diperlukan lipoprotein untuk mengangkutnya dari sel. Kolesterol baik bekerja untuk menyapu kolesterol jahat dari pembuluh darah, lalu membawanya ke liver, ginjal, ovarium, dan testis. Di bawah ini ada beberapa gejala kolestrol yang wajib Anda pahami…

1. Nyeri dada

Karena kondisi ini sering membuat alirah darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Nyeri pada dada sering berhubungan dengan kondisi ini. Nyeri bisa membuat aliran darah yang tidak lancar dan bisa menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.

2. Sakit Kaki dan Tangan

Orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi juga bisa mengalami rasa sakit pada bagian tangan dan kaki. Rasa sakit didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman dan sakit ketika digunakan untuk mengangkat benda dan sulit untuk digerakkan. Hal ini menjadi pertanda bahwa kolesterol sudah menyebabkan aliran darah pada bagian kaki dan tangan menjadi tidak lancar.

3. Sulit Bernafas

Sulit bernafas adalah salah satu gejala dari penyakit kolestrol dan kondisi ini terjadi ketika ada banyak kolesterol yang sudah menumpuk pada aliran arteri tubuh. Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik akibatnya tubuh mengalami kekurangan oksigen. Orang yang sudah menderita stroke bisa mengalami sesak nafas yang lebih buruk.

Loading...

4. Tubuh sangat lelah

Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kadar oksigen yang sangat rendah. Berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras sementara jantung dan pembuluh darah juga bermasalah dan mengakibatkan tubuh penderita menjadi lelah. Bagi penderita diabetes maka kondisi bisa sangat mengkhawatirkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dan insulin yang sangat rendah.

5. Otot kaki lemah

Penderita kolestrol juga bisa mengalami otot kaki yang sangat lemah dan walaupun kondisi ini juga bisa terjadi pada semua orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini terjadi ketika arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi sangat lemah. Bahkan kondisinya bisa menyebabkan jatuh pada penderita hipertensi dan stroke.

6. Nyeri leher dan punggung

Karena ketika tekanan darah tinggi juga muncul bersamaan maka akan membuat penderita merasa nyeri leher dan punggung. Tekanan darah tinggi sudah menyebabkan penyempitan pembuluh darah karena adanya plak dari kolesterol. Rasa sakit sering disebutkan seperti gejala yang tidak nyaman pada leher, kaku dan sangat sakit.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala juga menjadi gejala sakit koletrol dan kondisi yang sangat berbahaya karena kemungkinan tekanan darah sangat tinggi. Aliran darah yang terlalu kencang melewati arteri bisa menyebabkan sumbatan plak bocor atau pecah. Jika terjadi di bagian otak maka bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Sakit kepala juga bisa menjadi pertanda stroke yang menjadi indiksi serangan awal yang baru muncul.

8. Kehilangan Keseimbangan

Otot kaki dan tangan sudah sangat lemah dan membuat penderita kehilangan keseimbangan. Sementara arteri dalam tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Ketika ada sistem syaraf pusat yang mengalami gangguan akibat plak kolesterol pada arteri maka bisa membuat penderita tidak memiliki keseimbangan. Kondisi ini sering dijumpai pada orang yang lanjut usia yang mendapatkan serangan stroke saat terjatuh.

9. Wajah merah

Kolesterol yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan pembuluh darah dibagian wajah membesar. Kondisi ini bisa menyebabkan wajah menjadi sangat merah seperti terbakar. Selain itu, ketika tekanan darah sangat tinggi maka bisa menyebabkan wajah menjadi tidak nyaman, panas dan gangguan emosi. Ketika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan serangan darah tinggi yang lebih buruk.

10. Mual dan muntah

Kadar kolesterol yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan saluran pencernaan mengalami gangguan. Rasa mual dan muntah paling sering terjadi karena tubuh tidak bisa menerima makanan dengan baik. Gejala akan lebih buruk jika muncul gejala lain seperti sakit kepala dan nafsu makan yang menurun.

Baca juga: 18 Penyebab dan Gejala Darah Rendah

11 Gejala Kolestrol lainnya :

1. Emosi Tidak Stabil
2. Sering kesemutan
3. Cepat lelah
4. Mata berkunang- kunang
5. Badan kram
6. Menjadi lebih gemuk
7. Tidak kuat berolah raga
8. Sering mengantuk
9.Sering kesemutan
10. Pandangan gelap mendadak
11. Telingan berdenging

Itulah sekilas informasi yang diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala kolatrol. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top