Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab dan Gejala Mata Bintitan

Uncategorized

20 Penyebab dan Gejala Mata Bintitan

Mata bintitan dalam bahasa medis disebut dengan styel atau hordeolum. Penyakit mata bintintan adalah benjolan kecil menyakitkan yang muncul di dalam atau pundi luar kelopak mata. Bintitan ini sebenarnya merupakan abses yang berisi nanah dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Mata yang bintitan merupakan masalah sakit mata yang umum karena kebanyakan orang pernah sekali atau dua kali mengalami sakit mata. Benjolan akibat bintit dapat terlihat dari luar, tapi juga bisa terlihat lebih dalam di bagian dalam kelopak mata.

20 Penyebab dan Gejala Mata Bintitan

Penyebab Mata Bintitan :

1. Menyentuh mata dengan tangan kotor
2. Mengenakan lensa kontak tanpa membersihkannya
3. Tidak membersihkan make up semalaman
4. Menggunakan make up lama atau yang telah kadaluarsa
5. Memiliki blepharitis dan rosacea

Istilah lain dari mata bintitan adalah periorbital dan biasanya justru terjadi pada bagian kelopak mata. Ada banyak penyebab mata bengkak, baik itu karena cedera, infeksi, atau bahkan karena sembab sehabis mengeluarkan air mata berlebihan. Mata yang mengalami bintitan dapat terjadi juga karena adanya kelebihan cairan pada jaringan ikat di area mata, namun untuk penyebab lebih jelasnya. Dan berikut ini adalah beberapa gejala mata bintitan yang harus ketahui…

1. Mata berair

Apabila Anda mengalamai masalah pada mata dan mata Anda selalu mengeluarkan air atau berair maka mungkin itu adalah gejala dari mata bintitan. Untuk gejala bintitan mata berair ini tidak hanya terjadi satu kali saja namun juga sudah berulang kali. Jika Anda mengalami hal seperti ini akan lebih baik jika segera di bawa ke dokter untuk pengobatan agar tidak terjadi mata bintitan.

2. Mata yang memerah

Perlu Anda ketahui bahwa mata yang memerah bukan hanya karena fato terkena debu saja namun juga sebagai salah satu tanda awal mata akan terkena sakit bintitan. Untuk gejala mata yang memerah ini tidak seluruh mata akan berwarna merah akan tetapi, hanya pada bagian samping dan juga pinggir pada mata.

3. Kelopak mata bengkak

Apabila Anda merasakan mata yang tiba- tiba saja bengkak maka itu bisa jadi gejala untuk mata bintitan. Gejala dengan mata bengkak ini akan sangat menganggu penglihatan dan akan mempenagruhi aktivitas Anda dalam keseharian.

Loading...

4. Rasa nyeri

Mata yang mengalami bintitan pasti akan mengalami rasa yang cukup nyeri pada kelopak mata dan juga bagin dalam mata. Hal ini di karenakan proses dari mata yang akan membengkak dan dengan rasa yang nyeri ini dapat membuat penderita kurang dalam penglihatannya.

5. Rasa panas pada mata

Mata yang akan mengalami bintitan tidak akan hanya perih dan mata berubah warna karena mata juga akan merasakan panas. Mata yang merasakan panas ini di karenakan mata yang akan membengkak dan juga kulit kelopak mata sedikit mengelupas.

6. Gatal pada mata

Mata yang sering gatal adalah gejala yang paling umum dari adanya alergi pada mata. Mata dan kelopak mata gatal ketika tekena paparan benda- benda kecil dan asing yang masuk pada seperti debu, tungau, kotoran, dan bulu. Akan tetapi, mata gatal juga salah satu gejala mata bintitan.

7. Mata berwarna keruh

Bagi Anda yang mengalami mata yang tiba- tiba keruh maak itu adalah gejala dari mata bintitan. Gejala dari mata bintitan ini tidak hanya berwarn keruh saja namun juga mata bagian warna putih akan berubah warna menjadi sedikit kekuningan.

8. Bulu mata rontok

Bulu mata yang sering rotnok juga menjadi tanda- tanda dari mata bintitan. Dan selain bulu mata yang cepat rontok, pada saat itu juga bagian kelopak mata akan terasa gatal. Jika Anda sering seperti ini harap untuk segera memeriksakan ke dokter.

9. Mata sering belekan

Jika mata Anda menghasilkan lendir kotoran mata seperti rheum, sepanjang hari maka ini adalag merupakan gejala mata bintitan. Lendir kotoran mata berasal dari campuran produk limbah, debu, iritan, sel kulit mati, dan benda asing berpotensi bahaya yang tertangkap masuk ke dalam mata. Dengan adanya tanda yang seperti ini sangat di anjurkan untuk segera memeriksakan ke rumah sakit agar segera mendapatkan penanganan.

10. Mata sulit dibuka

Wajar bila ada kotoran mata pada saat bangun tidur akan tetapi jika kotoran yang berlebihan terutama bila warnanya kehijauan atau kekuningan dan disertai penglihatan kabur, sensitif pada cahaya atau terasa sakit, bisa mengindikasikan infeksi mata yang juga merupakan salah satu gejala mata bintitan yang perlu diperiksakan ke dokter mata.

Baca juga: 17 Penyebab dan Gejala Usus Buntu

5 Gejala Mata Bintitan lainnya :

1. Terasa sakit pada bagian dalam mata
2. Kelopak mata tidak dapat tertutup sempurna
3. Sering memicingkan mata
4. Mata sakit saat kepala menunduk
5. Tidak dapat melihat dengan baik

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala mata bintitan. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top