Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab dan Gejala Mimisan

Uncategorized

20 Penyebab dan Gejala Mimisan

Mimisan adalah suatu kondisi yang sangat lumrah dan umum terjadi pada setiap orang. Kondisi ini membuat orang takut dan menyebabkan kepanikan dan khususnya jika terjadi pada anak- anak. Perlu diketahui bahwa mimisan atau dalam bahas medis yakni epistaksis merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa. Mimisan adalah suatu keadaan pendarahan yang terjadi dari hidung dan darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda- beda.

Ada faktor utama yang menjadi penyebab mimisan, pertama adalah adalah gangguan kesehatan sejak lahir yang terdapat atau diketahui adanya kelainan organ bawaan sejak lahir. Biasanya akan ada kelainan pada organ hidung ataupun dengan tipisnya pembuluh darah sehingga sangat rapuh. Dan berikut ini adalah penyebab dan gejala mimisan.

Penyebab dari Mimisan :

1. Suhu udara mungkin ekstrim
2. Sering mengorek lubang hidung
3. Hidung terbentur atau terpukul benda keras
4. Kelelahan jadi faktor mimisan
5. Mengalami stress

Berikut beberapa gejala mimisan yang wajib dipelajari…

1. Hidung terbentur

Banyak orang yang meremehkan gejala dari mimisan ini. Biasanya mimisan ini timbul di karena adanya benturan yang membuat adanya pendarahan pada hidung. Pendarahan dan lecetnya hidung juga dapat dijadikan Patoka bahwa itu adalah gejala dari mimisan.

2. Alergi

Mimisan adalah salah satu gejala yang muncul pada penderita yang aleri pada suatu makan atau sebagainya. Gejala alergi pada mimisan ini terjadi karena adanya pembuluh darah kapiler akan terbuka dan menyemprotkan darah ke dalam tubuh. Bagi penderita yang mengalami alergi dan mudah mimisan maka sebaiknya menghindari makanan yang menyebabkan alergi tersebut.

Loading...

3. Penyakit sinusitis

Bagi Anda yang terkena penyakit sinusitis maka dapat juga ini menjadi gejala dari seringnya mengalami mimisan. Biasanya dengan keluar darah yang keluar dari hidung tersebut dapat memiliki bau yang anyir dengan warna hitam yang cukup pekat. Apabila Anda mengalami mimisan yang seperti ini maka Anda dapat segera memeriksakan ke dokter.

4. Tekanan darah tinggi

Wanita ataupun pria yang memiliki tekanan darah tinggi bisa mengalami mimisan dan tekanan darah yang meninggi dapat menjadi gejala dari akan munculnya mimisan. Dengan adanya tekanan darah tinggi ini pasti akan mengganggu aktivitas seseorang yang mengalaminya. Apabila Anda mengalami hal seperti gejala tersebut akan lebih baik untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.


5. Hemofilia

Penyakit hemophilia dapat juga menjadi salah satu gejala dari mimisan yang terus datang. Hemophilia ini adalah penyakit yang sangat mengganggu fungsi dari pembekuan darah dan biasanya ini adalah penyakit karena factor keturunan. Hemophilia juga memiliki ciri- ciri yang sangat banyak selain mimisan yakni kulit memiliki warna kebiruan dan juga luka akan sangat sulit mongering.


6. Kesulitan nafas

Yang perlu Anda tahu adalah kesulitan saat bernafas juga menjadi salah satu gejala dari mimisan. Karena darah yang akan keluar melalui hidung tersebut menyumbat saat akan mengambil oksigen. Dan inilah yang membuat kesulitan nafas atau biasa di sebut dengan sesak nafas. Jika Anda sudah mengalami sesak nafas seperti ini akan lebih baik jika Anda segera memeriksakan ke dokter.


7. Detak jantung yang tidak beraturan

Untuk gejala yang selanjutnya adalah detak jantung tidak beraturan dan ini mengakibatkan penderita akan sering berkeringat. Biasanya debaran jantung akan cepat dan kemudian melambat dan ini akan terjadi ketika darah keluar dari hidung.


8. Kulit berubah menjadi pucat

Biasanya kulit yang berubah menjadi pucat ini adalah tanda- tanda dari kurangnya darah. Akan tetapi, tak itu saja karena kulit yang berubah menjadi pucat dengan tiba- tiba adalah salah satu gejala dari mimisan. Oleh karena itu, jika Anda sudah merasakan kulit Anda pucat maka Anda perlu mengatasi dengan banyak minum air putih agar kembali lebih segar.

9. Pusing kepala

Untuk gejala pusing pada kepala ini adalah hal yang lumrah terjadi jadi jika Anda atau anak Anda mengeluh merasakan pusing maka akan lebih baik segeralah untuk ke dokter agar mendapatkan penanganan yang khusus juga.


10. Sering mimisan

Untuk yang terakhir ini adalah gejala yang sangat perlu untuk diwaspadai yakni seringnya mengalami mimisan. Ketika Anda sering sekali mengalami mimisan mungkin itu adalah gejala suatu penyakit yang ada pada tubuh Anda akan muncul. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda langsung memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Baca Juga: 30 Penyebab dan Gejala Cacar Air

5 Gejala Mimisan Lainnya :

1. Penderita mengalami demam
2. Muntah darah
3. Mengonsumsi obat pengencer darah
4. Akan mengalami ruam pada bagian tubuh
5. Mata berkunang- kunang

Nah, demikianlah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 penyebab dan gejala dari mimisan. Semoga artikel ini dapat membantu dan dapat bermanfaat bagi Anda. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top