Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Penyebab dan Gejala Obesitas

Uncategorized

25 Penyebab dan Gejala Obesitas

Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai yang di kibatkan oleh banyaknya alemak yang menimbun tubuh secara berlebihan. Memang benar jika setiap orang akan memerlukan lemak untuk energy dalam beraktivitas sehari-hari. Riset menunjukkan bahwa wanitalah yang memiliki banyak lemak dalam tubuh jika dibandingkan dengan lemak dalam tubuh laki- laki dan banyak dari penderitaan obesitas adalah wanita.

Sejumlah penyakit akan dapat muncul dari akibat obesitas ini dan banyak penyakit yang timbul adalah yang berbahaya seperti halnya dengan penyakit stroke, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kanker usus, dan kanker payudara. Selain itu, obesitas juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti stres, dan depresi. Dan berikut adalah penyebab dan juga gejala dari obesitas.

25 Penyebab dan Gejala Obesitas

Penyebab dari Obesitas:

1. Pola makan berlebihan
2. Kurang gerak atau olahraga
3. Keturunan genetik
4. Kerusakan pada salah satu bagian otak
5. Pengaruh emosional

Beirkut beberapa gejala obesitas yang harus Anda ketahui dan segera cari solusi agar tidak menjadi masalah…

1. Pakaian sesak

Ketikan menggunakan pakaian yang tiba- tiba tidak muat maka itu juga dapat dijadikan gejala bahwa Anda mengalami peningkatan pada berat badan. Dan mungkin saja Anda tidak menyadari bahwa akhir- akhir ini Anda lebih banyak makan dan akhirnya saat memakai pakaian yang agak pas badan sedikit malah terasa sesak.

2. Lingkar perut bertambah

Selain gejala bertambahnya berat badan namun juga bertambahnya ukuran dari lingkar pinggang. Dan ini menandakan bahwa Anda mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Karena seseorang  yang obesitas atau berat badan berlebih akan memiliki lingkar perut yang cukup besar. Tentu lingkar perut dan pinggang yang bertambah ini di sebabkan oleh banyaknya lemak yang menimbun pada tubuh.

Loading...

3. Sesak nafas

Orang yang mengalami kenaikan dalam berat badan akan sering kesulitan dalam bernafas dan ini ini juga menjadi salah satu gejala dari obesitas. Sesak napas yang dialami ini dikarenakan oleh adanya lemak yang menimbun yang terdapat pada bagian dada serta leher sehingga menghambat aliran udara. Udara menjadi lebih susah masuk dan keluar pada paru- paru dan mengakibatkan kesulitan bernapas atau pun sesak nafas.

4. Darah tinggi

Gejala yang selanjutnya adalah darah tinggi atau biasa disebut degan hipertensi. Tekanan darah yang naik inilah yang disebabkan oleh banyaknya lemak yang tertimbun  sehingga menghambat darah bergerak degan lancar. Dan obesitas ini adalah factor penyebab penyakit stroke dan serangan jantung.

5. Mendengkur

Mendengkur adalah hal yang lumrah terjadi akan tetapi ini juga menjadi salah satu gejala dari berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan leher tertimbun oleh lemak, maka inilah yang kemudian membuat seseorang lebih mudah mendengkur dalam tidurnya.

6. Kesulitan berjalan

Penderita yang mengalami obesitas akan mengalami kesulitan pada saat berjalan biasa. Karena hal ini yang di akibatkan oleh adanya lemak yang menimbun dan badan akan terasa berat. Cara berjalan pun harus membuat kaki harus lebih dibuka agar dapat lebih leluasa. Hal itu bertujuan agar penderita obesitas dapat berjalan.

7. Cepat lelah

Orang yang menderita kelainan kelebihan pada berat badan atau obesitas ini akan merasa mudah lelah walaupun penderita tersebut tidak beraktivitas degan banyak. Biasanya tubuh yang mudah lelah juga dapat menandakan bahwa orang tersebut kurang melakukan olahraga. Akan tetapi, bila disertai pula gejala lainnya yang sudah disebutkan, ini bisa berarti obesitas.

8. Sakit maag

Sakit maag ini juga dapat di artikan dengan gejala dari kelebihan dari berat badan. Lemak yang berlebihan inilah yang membuat system saluran pencernaan akan memicu tekanan dan menyebabkan adanya asam lambung juga. Kemudian isi perut akan terdorong menuju ke kerongkongan karena adanya penimbunan lemak.

9. Ketidakteraturan pada siklus datang bulan

Untuk penderita obesitas atau kelebihan berat badan pada wanita akan mengakibatkan tidak teraturnya siklus datang bulan. Dengan adanya kelebihan lemak ini dapat menjadikan kurang teraturnya ketika pada saat datang bulan. Hal ini dapat dianggap sebagai akibat dari adanya ketidakseimbangan hormon yang lagi- lagi dikarenakan penimbunan lemak di dalam tubuh.

10. Varises

Varises adalah suatu gejala dari obesitas kenaikan berat badan berlebih dan kondisi ini kemudian akan membuat pelebaran pada pembuluh darah vena. Ketahui cara menghilangkan varises secara alami yang paling ampuh untuk dapat mengatasinya ketika varises benar- benar muncul.

Baca Juga: 25 Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik

10 Gejala Obesitas Lainnya

1. Terkena depresi
2. Sakit pada Bagian Punggung
3. Sakit Lutut
4. Gangguan Kulit
5. Mulas
6. Sulit tidur
7. Henti napas untuk sementara secara tiba-tiba saat tidur
8. Berkeringat secara berlebihan
9. Selalu merasa panas
10. Ruam atau infeksi pada lipatan kulit

Nah, itulah sekilas informasi mengenai 20 penyebab dan gejala dari obesitas kepada Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top