Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Penyebab dan Gejala Osteoporosis

Uncategorized

25 Penyebab dan Gejala Osteoporosis

Osteoporosis atau biasa dikenal dengan kondisi silent disease dan dunia medis mengatakan osteoporosis adalah tanda kehilangan tulang tanpa menimbulkan rasa sakit pada tulang. Kondisi yang seperti ini dapat dikatakan sebagai kondisi yang mana kepadatan dari dan juga fungsional dari tulang menurun karena tulang mengalami pengeroposan dan juga keretakan. Biasanya osteoporosis ini ada ketika terjadi keretakan pada area pergelangan tangan, tulang belakang dan tulang pinggul.

Biasanya banyak orang yang akan berusaha menjaga tulang agar tidak keropos dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan mineral lainnya dalam jumlah yang cukup dan produksi beberapa macam hormon dalam jumlah yang tepat. Anda dapat selalu menjaga asupan vitamin D yang cukup dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan dan menghantarkannya ke tulang. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari osteoporosis.

Penyebab dari Osteoporosis :

1. Terlalu banyak merokok
2. Karena factor keturunan
3. Kurangnya berat badan
4. Karena kurangnya olah raga
5. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan

Berikut beberapa gejala osteoporosis yang wajib diwaspadai sejak dini …

1. Patah tulang

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka terkena osteoporosis dan biasanya akan terlihat jika penderita setelah melakukan rontgen. Kecelakaan ringan yang dapat menyebabkan patah tulang menjadi gejala dari tulang yang terkena osteoporosis. Dan biasanya tulang yang rawan terkena adalah tulang pinggang, tangan dan tulang belakang yang mana memang terbiasa terbiasa untuk memikul beban yang berat tapi tak dilengkapi kecukupan asupan kalsium.

2. Nyeri

Nyeri juga menjadi salah satu dari gejala akan munculnya osteoporosis dan biasanya hal tersebut akan terjadi akibat kolaps pada bagian tulang belakang sehingga mengakibatkan timbulnya nyeri pada bagian punggung. Biasanya nyeri ini akan muncul secara tiba- tiba pada bagian- bagian tertentu seperti tulang pinggang yang mengakibatkan penderita akan kesakitan saat berjalan.

Loading...

3. Penyembuhan luka yang lama

Jika Anda mengalami patah tulang dan dalam proses penyembuhannya sangatlah lama maka dapat di pastikan itu adalah gejala munculnya osteoporosis. Penyembuhan akan mengalami waktu yang lama dikarenakan pada kandungan kalsium yang dibutuhkan dalam tubuh untuk proses penyembuhan tersebut hanya tersedia dengan jumlah yang sedikit saja.

4. Kelainan pada bentuk tulang

Salah satu gejala lainnya adalah karena adanya kelainan pada bentuk tulang dan biasanya akan membuat kepadatan tulang pada tubuh sangat berkurang, maka tulang pun akan hancur atau kolaps. Dan ini menimbulkan rasa nyeri pada tulang dan tulang mengalami kelainan bentuk.

5. Kekakuan pada sendi

Apabila Anda merasakan sendi yang terasa kaku maupun sendi tidak mampu untuk bergerak merupakan tanda dari munculnya osteoporosis. Ada pula riset dari sebuah penelitian yang mengatakan bahwa sendi yang kaku merupakan gejala dari osteoporosis.

6. Kehilangan fleksibilitas

Karena sendi merasa kaku maka pasti tulang juga akan kehilangan ke fleksibelnya. Dan ini mungkin penderita akan mengalami tidak bisa bergerak ketika melakukan beberapa aktivitas. Selain itu, penderita juga tidak dapat bergerak lama seperti sesudah bangun tidur atau duduk dalam waktu yang terlalu lama. Tak hanya itu saja, sendi pun terasa sangat sakit saat digunakan beraktivitas, seperti naik turun tangga, berjongkok, dan berjalan dengan waktu lama.

7. Sakit Pada Senti Setiap Waktu

Satu dari 10 gejala keropos tulang berikutnya untuk penderita stadium berat, biasanya timbulnya rasa sakit di area persendian dirasakan lebih sering, bahkan meskipun penderita sedang tidak melakukan aktivitas, atau bahkan ketika sedang beristirahat.

8. Nyeri semakin hebat

Memang benar jika gejalanya akan terasa nyeri pada tulang namun lama- kelamaan rasa nyeri tersebut akan terasa lebih hebat pada tulang dan juga persendian. Selain itu, sendi lutut terasa kaku serta bengkok dengan menyerupai huruf O atau X. Biasanya penderita osteoporosis ini akan merasa berat ketika berjalan, dengan begitu mereka berjalan terlihat seperti pincang. Apabila penderita melakukan rontgen maka akan terlihat celah sendi tampak lebih sempit dibandingkan celah sendi normal karena terjadinya penipisan pada tulang rawan.

9. Kehilangan tinggi

Biasanya orang yang menderita osteoporosis adalah mereka yang akan kehilangan tinggi secara berangsur. Karena penyebab terjadinya osteoporosis ini penderita kekurangan kalsium, maka tak jarang bisa menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan tinggi secara perlahan dari masa ke masa.

10. Postur tubuh membungkuk

Gejala yang terakhir adalah postur tubuh yang akan membungkuk karena hal ini terjadi adanya kerusakan pada tulang punggung.

Baca Juga: 20 Penyebab dan Gejala Mimisan

Gejala osteoporosis lainnya adalah:

1. Tubuh terasa kram
2. Sakit punggung kronis
3. Hilangnya fungsi gusi
4. Kuku rapuh
5. Bentuk Tubuh Berubah
6. Kuku menguning
7. Badan akan terasa lemah
8. Hilangnya tenaga
9. Keroposnya gigi
10. Hilangnya fungsi tulang

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 20 penyebab dan gejala osteoporosis. Semoga artikel ini dapat membantu dan terima kasih. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top