Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab Gizi Buruk pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Uncategorized

20 Penyebab Gizi Buruk pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Gizi buruk merupakan kondisi yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat gizi. Penyebab gizi buruk dipengaruhi oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, sangat penting mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi. Paling tidak cara ini dapat menjauhkan anda dari resiko penyebab gizi buruk.

Penyebab gizi buruk tidak hanya dipengaruhi karena kurang mengkonsumsi makanan yang mengadung energi dan protein. Ada beberapa penyebab gizi buruk lainnya yang tidak boleh diabaikan. Berikut inilah penyebab gizi buruk yang perlu anda ketahui.

Penyebab Gizi Buruk, Penyebab Mengalami Gizi Buruk, Penyebab Akibat Gizi Buruk

1. Konsumsi makanan yang tidak adekuat

Penyebab gizi buruk yang pertama karena mengkonsumsi makanan yang tidak adekuat. Makanan yang tidak adekuat mengarah pada makanan yang tidak memenuhi jumlah dan syarat gizi seimbang. Dengan mengkonsumsi makan yang tidak seimbang akan menimbulkan kekurangan pasokan zat gizi ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat menyebabkan gizi buruk.

2. Hilang nafsu makan

Kehialangan nafsu makan juga dapat menyebabkan gizi buruk. Jika anda kehilangan nafsu makan secara terus-menerus akan menjadikan tubuh kekurangan nutrisi sehingga bisa terjadi penyakit gizi buruk. Sebelum mengalami gangguan gizi buruk, maka anda bisa mencoba untuk memeriksakan diri untuk melakukan pencegahan dari penyakit gizi buruk.

3. Kesulitan menelan

Penyebab gizi buruk juga dapat dipengaruhi karena kesulitan saat menelan. Kesulitan menelan otomatis akan membuat anda mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit. Porsi makan yang sedikit menjadikan tubuh kekurangan gizi dan juga nutrisi sehingga dapat menyebabkan penderita gizi buruk.

4. Faktor ekonomi rendah

Dengan kondisi ekonomi yang serba kekurangan akan membuat makanan bergizi yang dikonsumsi sangatlah terbatas sehingga hal ini akan memicu penyebab gizi buruk. Tentu saja, karena kekurangan menu makanan yang disajikan pun tergantung dari seberapa banyak penghasilan tersebut. Dengan begitu, penyebab gizi buruk akan beresiko lebih besar.

Loading...

5. Pengetahuan yang kurang tentang gizi makanan

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui makanan yang bergizi. Kurangnya pengetahuan tentang gizi makanan juga dapat menjadi penyebab gizi buruk. Apalagi banyaknya keluarga yang masih menghidangkan makanan seadanya. Hal inilah yang menyebabkan gizi buruk pada anak.

6. Ketersediaan makanan yang kurang

Sebagian mereka yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari pusat perbelanjaan akan membuat ketersediaan makanan menjadi berkurang. Kurangnya ketersediaan makanan akan menyebabkan tubuh tidak cukup memiliki zat gizi sehingga dapat beresiko penyebab gizi buruk.

7. Menggemari makanan tertentu secara berlebihan

Menggemari makanan yang berlebihan tentu saja dapat menjadi penyebab gizi buruk. Faddisme adalah istilah bagi kesukaan terhadap jenis makanan tertentu secara berlebihan sehingga akhirnya mengakibatkan makanan harian kurang bervariasi. Hal inilah yang akan mempengaruhi zat gizi dalam tubuh tidak terpenuhi sehingga akan menyebabkan gizi buruk.

8. Lahir prematur

Kelahiran prematur atau lahir sebelum waktunya akan menaikkan risiko gizi buruk lebih tinggi. Hal itu disebabkan bayi yang lahir prematur akan kekurangan zat gizi selama dalam janin sehingga bayi yang terlahir akan mengalami gizi buruk.

9. Tidak terancananya jarak kelahiran

Kesempatan dalam memperhatikan asupan nutrisi di kala hamil dan menyusui pun bisa saja menjadi hal yang disepelekan atau bahkan diabaikan. Untuk itu, sangat penting bagi ibu hamil merencanakan jarak kelahiran si bayi, agar ibu mampu memperhatikan asupan gizi selama kehamilan sehingga tidak terjadi gizi buruk pada kelahiran si bayi.

10. Faktor sanitasi

Sanitasi merupakan perilaku yang disengaja dalam pembudayaan hidup bersih. Namun, saat rumah tidak menjadi tempat sanitasi yang baik dan terjaga, maka hal ini akan menjadi penyebab gizi buruk karena seseorang akan bersentuhan dengan kotoran secara langsung, kemudian kotoran akan tercemar pada makanan yang dikonsumsi, sehingga berdampak negatif bagi kesehatan.

Baca Juga 10 Obat Alami untuk Mengatasi Kurap di Selangkangan

Selain terdapat 10 penyebab gizi buruk, ada 10 penyebab gizi buruk lainnya yang perlu anda ketahui, Seperti :

10 Penyebab Gizi Buruk Lainnya:

11. Penyalahgunaan obat dan alkohol
12. Prasangka tak baik pada suatu makanan
13. Perilaku orang tua
14. Penyakit infeksi
15. Berat badan yang rendah
16. Penyakit mental
17. Depresi atau stress
18. Penyakit ginjal
19. Tumor
20. Kanker

Itulah penyebab gizi buruk yang perlu diketahui. Untuk itu, penting bagi anda menjaga pola makanan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki zat gizi sehingga kandungan gizi yang ada dalam tubuh akan terpenuhi. Dengan begitu anda tidak akan memiliki resiko gizi buruk dan terhindari dari penyakit

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top