Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Kanker Otak dan Faktor-Faktor Pemicunya

Uncategorized

Penyebab Kanker Otak dan Faktor-Faktor Pemicunya

Terkadang tanpa disadari, kita melakukan kebiasaan atau mengkonsumsi makanan penyebab kanker otak. Jika kita tidak segera menyadarinya dan kebiasaan itu dilakukan terus-menerus tentu kanker otak tumbuh dan berkembang dengan cepat. Kanker otak ini diawali oleh pertumbuhan tumor pada otak. Awalnya satu tumor, lalu mulai memperbanyak diri menjadi sel-sel tumor yang sangat banyak.

Pertumbuhan sel tumor yang tidak terkendali itulah bisa menjadi sel kanker yang ganas. Tumor otak bisa menyebab dan merusak bagian yang terpengaruh olehnya. Tak hanya karena tumor otak saja, tapi kanker paru-paru, payudara dan leukemia juga bisa menyebar ke otak yang akhirnya terbentur kanker otak metastatik.

Setiap jenis kanker otak biasanya diberi nama sendiri sesuai lokasi atau letak kanker. sebagai contoh, Chordomas tumor yang mulanya tumbuh di dasar syaraf tengkorak. Meningioma tumor berawal di membran penutup otak. Osteomal awal mulanya tumbuh dari tulang tengkorak. Adenoma hiposis sel tumor yang awalnya tumbuh di kelenjar hiposis. Sementara Pinealomas dari kelenjar pineal dan lain sebagainya.

Walaupun penyebab kanker otak belum bisa dipastikan, tetapi ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko pengembangan tumor otak. Resiko terkena kanker otak primer akan lebih tinggi jika seseorang mengalami penyakit di bawah ini!

  • Sindrom Gorlin
  • Sindrom kanker Li-Fraumeni
  • Sindrom Turcot
  • Sindrom von Hippel-Lindau
  • Sklerosis Tuberosa

Fakto-faktor penyebab kanker otak

Faktor keturunan
Riwayat keluarga yang mempunyai tumor otak dapat meningkatkan resiko seseorang terjangkit penyakit ini. Jika kamu sudah mengetahui hal itu, maka berkonsultasi pada dokter secara rutin untuk mencegah penyakit tumor atau kanker otak. Terlebih lagi apabila sudah merasakan tanda atau gejala kanker otak seperti sering mual, muntah, kehilangan keseimbangan dan lainnya.

Radioterapi
Otak yang terkena radiasi ketika menjalani prosedur radioterapi dapat memicu pertumbuhan kanker otak. Kondisi ini sudah terbukti pada beberapa orang yang telah menjalankan radioterapi, tampak ada keterkaitan pada resiko pengembangan kanker otak. Selain itu, CT-scan dan sina-X di daerah sekitar kepala juga bisa mengembangkan potensi kanker otak.

Loading...

Terpapar zat kimia
Zat kimia seperti formaldehida bisa menjadi penyebab kanker otak. Zat ini sering dipakai untuk pembuatan plastik tempat makanan atau minuman. Oleh karena itu sudah seharusnya kamu berhati-hati dengan wadah plastik yang digunakan. Perhatikan kode bahan plastik yang terdapat pada botol tersebut. Untuk mengetahui arti simbol plastik, kamu bisa membaca kenali kode bahan plastik.

Infeksi virus HIV
Jika tubuh terinveksi virus HIV bisa berkembang sampai ke otak dan menjadi penyebab kanker otak. Maka, sebaiknya hindari hal-hal yang menyebabkan kamu terkena infeksi virus ini.

baca juga :  Gejala Kanker Otak Berdasarkan Letaknya

Merokok
Senyawa N-nitroso yang berasal dari zat nitrat ini terkandung dalam asap rokok, kosmetik dan beberapa daging. Meski masih membutuhkan penelitian lanjutan, tapi alangkah baiknya menghindari merokok dan penggunaan kosmetik yang berbahaya.

Terpapar racun dari lingkungan
Bebagai penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekitar terhadap kanker otak. Penelitian mengungkapkan bahwa paparan radiasi ION jelas terbukti dapat meingkatkan resiko perkembangan penyakit tumor otak. Untuk menghindarinya, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah agar kekebalan tubuh meningkat.

Demikianlah penyebab kanker otak yang sangat penting kamu ketahui sehingga bisa menghindari penyakit mematikan ini. Beritahukan juga kepada teman atau kerabatmu mengenai hal ini. Dengan begitu, mereka lebih waspada dan menghentikan kebiasaan buruk yang menyebabkan tumbuhnya sel-sel tumor.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top