Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Hal Penyebab Kepala Mengalami Pusing dan Mual

Uncategorized

13 Hal Penyebab Kepala Mengalami Pusing dan Mual

Kepala pusing dan mual mungkin menjadi salah satu gejala yang banyak dialami oleh semua orang. Penyebabnya cukup beragam, namun jika kondisi ini terjadi maka sangat dianjurkan bagi penderitanya untuk segera beristirahat. Hal ini dilakukan agar kepala pusing dan mual tidak terjadi terus-menerus sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Penyebab kepala pusing dan mual bisa dikenali dari hal yang paling sepele seperti telat makan, masuk angin, kurang tidur, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihatnya disini. Berikut inilah penyebab kepala pusing dan mual yang perlu anda ketahui.

Penyebab Kepala Pusing dan Mual, Hal Penyebab Kepala Pusing dan Mual, Penyebab Penyakit Kepala Pusing dan Mual

1. Masuk angin

Penyebab pertama kepala pusing dan mual yaitu masuk angin. Ketika seseorang mengalami masuk angin maka keseimbangan tubuh jadi menurun dan imunitasnyapun ikut berkurang. Jika sistem imun berkurang maka anda akan mudah terserang masuk angin. Kondisi ini akan membuat anda merasa pusing dan mual akibat terkena serangan angin.

2. Gangguan pencernaan

Penyebab lainnya kepala pusing dan mual karena adanya gangguan pencernaan. Jika anda memiliki gangguan ada sistem pencernaan seperti penyakit maag atau lambung tentu hal ini akan menyebabkan anda merasa bagian kepala pusing disertai muntah. Hal ini disebabkan karena adanya ketegangan pada otot dan saraf-saraf disekitar kepala.

3. Siklus menstruasi

Setiap wanita yang mengalami siklus mentruasi akan merasa kepala pusing dan mual. Hal ini disebabkan karena siklus menstruasi yang sedang berlangsung akan membuat tubuh kekurangan zat besi secara alami sehingga bisa menyebabkan pusing kepala dan mual yang berkepanjangan.

4. Kehamilan

Penyebab pusing kepala dan mual sangat umum dialami bagi ibu hamil. Perubahan hormon yang ada dalam ibu hamil menyebabkan kepala pusing dan mual-mual secara terus-menerus sampai usia kehamilan mencapai 3 bulan.

Loading...

5. Terlambat makan

Jika anda mempunyai kebiasaan tidak makan tepat waktu maka bisa menyebabkan pusing kepala dan mual. Ketika anda terlambat makan maka pada saat itulah tubuh anda kekurangan zat gizi untuk metabolisme serta kelancaran aliran darah sehingga akan terjadi kepala pusing dan mual.

6. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab kepala pusing dan mual. Begadang yang terus-menerus dapat menyebabkan otot, saraf dan pembuluh darah menuju kepala menjadi semakin menciut, terhambat dan tegang. Untuk menghindarinya sebaiknya anda beristirahat yang cukup.

7. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca menjadi penyebab selanjutnya dari kepala pusing dan mual. Kondisi ini disebabkan pembuluh darah akan mengalami penyempitan dengan sendirinya untuk beradaptasi pada cuaca yang baru berlangsung akibatnya munculah kepala pusing dan mual-mual.

8. Kelelahan

Kelelahan tidak hanya menyebabkan diri anda menjadi stres namun juga dapat menyebabkan kepala pusing dan mual. Tubuh yang lelah dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah ke otak, sehingga pasokan darah tidak akan mengalir dengan lancar. Jika kondisi ini terjadi maka akan timbul kepala pusing disertai dengan mual.

9. Stres berkepanjangan

Jika anda sering merasa stres yang berkepanjangan hal ini akan menyebabkan kepala pusing dan mual. Banyaknya masalah yang dihadapi terkadang belum mendapatkan solusi sehingga  bisa menambah beban kepala menjadi pusing. Jika ini terus terjadi maka anda bisa stres berkepanjangan yang membuat penderitanya mudah merasakan pusing kepala dan mual.

10. Keracunan

Keracunan seringkali menjadi penyebab kepala pusing dan mual. Hal ini biasa terjadi karena mengkonsumsi makanan yang kadaluarsa atau sering mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping sehingga dapat menyebabkan gangguan sistem jaringan perut yang disertai kepala sakit dan mual.

Baca Juga 56 Obat Herbal Alami untuk Mengatasi Darah Tinggi

Selain 10 penyebab kepala pusing dan mual, ada 3 penyebab lainnya yang membuat kepala pusing dan mual, Seperti:

3 Penyebab Kepala Pusing dan Mual Lainnya:

11. Mabuk kendaraan
12. Makan terlalu banyak
13. Mata minus

Itulah penyebab kepala pusing dan mual. Jika kondisi pusing dan mual terjadi secara berulang-ulang maka segera istirahatkan diri anda, cari ruangan tenang dan sedikit gelap agar tubuh bisa istirahat dengan maksimal. Namun, jika anda masih tetap merasa pusing dan mual yang berkepanjangan maka segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut dalam mengatasi penyakit tersebut.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top