Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Penyebab Kepala Sering Pusing yang Perlu Dihindari

Uncategorized

25 Penyebab Kepala Sering Pusing yang Perlu Dihindari

Pusing atau sakit kepala merupakan hal yang lumrah terjadi pada siapa saja. Entah itu hanya sakit biasa atau sakit yang cukup serius bisa di alami oleh setiap orang. letak titik sakitnya pun bisa bermacam – macam. Bisa terjadi pada bagian depan, samping, belakang, dan atas. Penyebab kepala sering pusing harus di waspadai.

Hal tersebut dikarenakan kepala yang sering pusing bisa saja merupakan sebuah gejala dari penyakit berbahaya yang harus segera ditangani dengan cepat. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kepala sering pusing yang harus kamu tahu.

Penyebab Kepala Sering Pusing, Penyebab Penyakit Kepala Sering Pusing, Hal Penyebab Kepala Sering Pusing

1. Konsumsi makanan dingin

Salah satu penyebab kepala sering pusing yakni seringnya mengonsumsi dingin seperti eskrim. Memang eskrim memiliki rasa yang enak dan menyegarkan bagi siapa saja yang memakannya. Namun apabila kamu terlalu sering mengonsumsinya akan menyebabkan sering pusing pada kepala.

2. Konsumsi kafein

Kafein yang terdapat dalam kopi, coklat dan makanan lainnya juga sangat berpotensi untuk membuat kepala terasa pusing yang cukup sering. Hal ini dikarenakan zat tersebut sangat mampu untuk memicu gangguan pada saraf, berbagai penyakit yang dapat mengancam nyawa pun bisa terjadi apabila mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Konsumsi cokelat

Ada hubungannya pula dengan kafein, cokelat mengandung cukup banyak kafein yang dapat membuat seseorang menjadi pusing. Selain itu kadar pemanis buatan yang biasanya ditambahkan cukup tinggi juga menjadi faktor utama seseorang yang mengonsumsi cokelat akan mudah pusing.

4. Mengonsumsi minuman beralkohol

Salah satu minuman yang dapat membuat kamu menjadi pusing yaitu minuman beralkohol. Minuman ini memang sangat baik bagi kesehatan apalagi jika sering mengonsumsinya. Takaran alkohol yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh sehingga mudah sekali untuk terserang penyakit yang cukup mematikan seperti timbulnya penyakit jantung, pencernaan, dan lain sebagainya.

Loading...

5. Sambaran petir

Petir merupakan keadaan alam yang cukup mengerikan apalagi jika petir menyambar seseorang akan menyebabkan sering pusing. Hal ini dikarenakan gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh petir akan membuat saraf pusat terserang. Reaksi yang biasa ditimbulkan yaitu pusing yang berkepanjangan dan sering terjadi.

6. Hormon

Hormon merupakan faktor alamiah yang terdapat di dalam tubuh. biasanya pusing yang disebabkan oleh faktor hormon terjadi pada wanita yang sedang datang bulan yaitu terjadi peningkatan hormon estrogen. Meningkatnya hormon tersebut di dalam tubuh wanita akan menyebabkan kepala sering mengalami pusing yang cukup biasa namun mampu mengganggu aktivitas sehari – hari.

7. Merokok berlebihan

Merokok adalah kebiasaan buruk yang masih dilakukan oleh sebagian besar orang. padahal himbauan untuk berhenti merokok selalu dilakukan agar tidak menyebabkan efek yang berbahaya bagi kesehatan. Kandungan nikotin dan tar yang cukup tinggi mampu membuat seseorang yang berlebihan dalam merokok menjadi cepat pusing. Oleh sebab itu sudah sebaiknya untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini.

8. Terlalu sering di depan layar komputer

Kebiasaan berikutnya yang mampu membuat kepala sering pusing yakni terlalu lama di depan layar komputer. Apa lagi layar yang masih menggunakan tabung. Hal ini dikarenakan layar komputer mengandung radiasi yang mampu menyerang bagian saraf pada mata sehingga akan membuat seseorang pusing.

9. Memiliki postur malas

Seseorang yang sering memposisikan tubuhnya seenaknya akan membuat sistem peredaran darah menjadi tidak lancar. Apabila darah yang seharusnya masuk ke otak juga terhambat maka akan menimbulkan reaksi yang sangat menyakitkan pada bagian kepala dan pusing yang berkepanjangan. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan posisi yang benar agar tidak merugikan kesehatan.

10. Mengonsumsi junk food

Sering mengonsumsi makanan tidak sehat berupa junk food atau makanan sampah juga akan berimbas pada kepala menjadi sering pusing. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung MSG yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan efek yang tidak di inginkan

Baca Juga 6 Bahaya Air Cooler bagi Lingkungan dan Kesehatan

15 Penyebab Kepala Sering Pusing Lainnya:

11. Diet
12. Dehidrasi
13. Makanan berlebihan
14. Olahraga berlebihan
15. Pola makan tidak teratur
16. Ujian
17. Kebanyakan tidur
18. Kurang tidur
19. Stress
20. Makanan bernitrat
21. Makanan bertiramin
22. Gesekan gigi
23. Hipotensi
24. Gangguan otot jantung
25. Disequilibrium

Itulah merupakan 25 penyebab kepala sering pusing yang sangat umum terjadi. oleh sebab itu hindarilah penyebab–penyebab yang sudah di jabarkan diatas. Untuk menjaga tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit, olahragalah secara rutin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top