Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Lidah Berwarna Putih Dan Terasa Pahit

Uncategorized

Penyebab Lidah Berwarna Putih Dan Terasa Pahit

Lidah berwarna putih dan terasa pahit sering kali di alami oleh orang yang sedang sakit, yang justru akan membuat pasien menjadi malas atau tidak mau makan sehinggaasupan gizi menjadi berkurang, lalu akibatnya malah memperlambat penyembuhan. Berikut ini adalah apa saja kondisi yang dapat menjadi penyebab lidah terasa pahit. Tapi sebelumnya kita pelajari tentang indera pengecap ini terlebih dahulu, proses rasa atau kecap pada lidah melibatkan ribuan neuron sensorik yang berada pada permukaan lidah dan terletak di bagian paling atas dari hidung (sistem penciuman). Neuron ini bertugas memberikan sinyal ke otak mengenai rasa apa saja yang sedang dimakan atau dicicipi. Lidah yang berwarna putih dan terasa pahit bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti obat-obatan, merokok, beberapa penyakit maupun kondisi-kondisi yang mengganggu proses indera perasa. 
 
Penyebab Lidah Berwarna Putih Dan Terasa Pahit
Loading...
 
Berikut adalah penyebab lidah Terasa Pahit Yang Dikutip Dari mediskus.com 
  1. Seseorang yang memiliki infeksi pada mulut, seperti contohnya penyakit gusi (abses/radang gusi) maupun gigi yang berlubang, umumnya juga akan mengalami lidah yang terasa pahit. Terkadang, ada juga orang yang sensitif terhadap komponen dalam tambalan giginya sehingga mengalami rasa pahit.
  2. Kebersihan gigi dan mulut
    Kebersihan gigi dan mulut tentu saja dapat mempengaruhi apabila seseorang yang jarang menyikat gigi secara teratur, mungkin akan memiliki akumulasi bakteri dan kuman di mulutnya, hal tersebut dapat menyebabkan lidah yang terasa pahit. 
  3. Penyakit Asam Lambung
    Asam lambung yang naik seperti akan muntah (refluks) juga dapat menyebabkan lidah yang terasa pahit. Kondisi ini disebut Gastro esophageal Reflux Disease (GERD) dan yang menjadi penyebab utamanya adalah mengkonsumsi makanan yang asam, pedas, berlemak secara berlebihan.
  4. Obat-obatan.
    Obat obatan dapat menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit yang paling sering. Beberapa jenis obat diketahui dapat menimbulkan rasa yang tidak enak di lidah, seperti :
    a). Antibiotik seperti klaritromisin,
    b). Obat Jantung dan tekanan darah seperti propafenone
    c). Obat glaukoma seperti methazolamide
    d). Obat tiroid seperti propylthioracil
    e). Obat arthritis seperti natrium thiomalate
    f).  Obat diabetes seperti metformin
    g). Obat mulas seperti dexlansoprazole
    h). Obat osteoporosis seperti suplemen vitamin D
    i). Obat tidur seperti eszopiclone
    j). Obat antikanker seperti carboplatin 
  5. Ketidakseimbangan hormonal
    Ketidakseimbangan hormon seperti contohnya adalah kenaikan dan penurunan kadar estrogen pada wanita yang berlangsung selama periode menstruasinya atau ketika hamil, bisa juga menyebabkan perubahan rasa lidah yang menjadi pahit. 
  6. Inhalasi atau menghirup Zat Tertentu
    Merokok juga memiliki efek buruk pada rasa di mulut yaitu rasa asem hingga pahit, oleh karena itu merokok dapat mempengaruhi selera makan. Beberapa bahan kimia di lingkungan lain yang juga dapat terhirup dapat menyebabkan rasa logam di mulut, seperti contohnya bensin, debu karet dan benzene. 
  7. Beberapa Penyakit atau kondisi medis
    Beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit kuning (hati atau liver), kanker, diabetes atau kerusakan ginjal, dapat menimbulkan perubahan rasa pada lidah. 
  8. Kekurangan Mineral Zinc dan Vitamin B-12
    Kekurangan Zinc dan Vitamin B-12 menyebabkan bau yang tidak enak pada mulut dan lidah akan terasa pahit.

 

cara membersihkan lidah berwarna putih yang tebal
Cara Mengatasi Mulut yang Terasa Pahit Akibat Lidah Berwarna Putih
Temukan terlebih dahulu apa penyebab pahitnya lidah sehingga anda dapat menentukan cara untuk menghilangkannya

  1. Menyikat gigi (paling tidak dua kali sehari/ sebelum tidur), gunakan juga mouth wash.
  2. Flossing, membersihkan gigi dengan benang gigi, untuk mencegah akumulasi kuman dan bakteri di gigi. Lakukan secara teratur. 
  3. Sikat gigi dengan campuran baking soda dan garam. Sangat bermanfaat untuk menghindari infeksi gigi dan juga dalam menghilangkan plak gigi . 
  4. Buah jeruk atau minum jus (jus jeruk atau jus lemon), yang merangsang produksi air liur. 
  5. Berhenti Merokok. 
  6. Hentikan penggunaan obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa pahit di mulut. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. 
  7. Perbanyak minum air putih. 
  8. Mengunyah permen karet, hal ini dapat merangsang produksi air liur, sehingga kotoran pada lidah dapat berkurang.
  9. Menyikat Lidah. lidah yang putih dapat dihilangkan dengan cara menyikatkanya secara perlahan dan hati-hati.

Itu tadi merupakan artikel tentang penyebab lidah anda berwarna putih dan terasa pahit. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top