Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Hal Penyebab Kaki Linu yang Perlu Dihindari

Uncategorized

13 Hal Penyebab Kaki Linu yang Perlu Dihindari

Linu, sama halnya seperti sakit atau nyeri, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Linu dapat dialami oleh tulang ataupun sendi, sehingga di seluruh bagian tubuh bisa mengalami linu, tak terkecuali pada kaki. Linu bisa bertahan lama ataupun sebentar. Penyebab linu pada kaki ada berbagai macam hal, yang akan dibahas dalam tulisan ini.

Linu pada kaki mengacu pada setiap jenis rasa sakit yang terjadi antara tumit dan panggul. Ada banyak penyebab linu pada kaki, dan tidak semuanya disebabkan oleh masalah yang berasal dari kaki. Beberapa cedera atau masalah tulang belakang dapat menjadi penyebab linu pada kaki.

Penyebab Linu Pada Kaki, Hal Penyebab Linu Pada Kaki, Penyebab Penyakit Linu Pada Kaki

1. Keseleo dan Peregangan Otot

Keseleo atau terkilir adalah salah satu penyebab linu pada kaki. Keseleo terjadi ketika ligamen di pergelangan kaki membentang, misalnya karena tidak sengaja memutar kaki ke dalam atau ke luar.

Kondisi ini dapat terjadi saat melakukan aktivitas sederhana seperti bangun dari kursi atau menginjak permukaan yang tidak rata. Salah memakai jenis sepatu untuk berlari dan berolahraga juga dapat menyebabkan keseleo.

2. Tendon Achilles

Tendon Achilles adalah tendon terbesar dalam tubuh yang menghubungkan otot betis pada tulang tumit. Ketika tendon ini menjadi kaku dan sakit, hal itu dinamakan tendinitis. Penyebabnya adalah terlalu sering menggunakan kaki, sehingga lebih sering terjadi pada atlet.

3. Gout dan Pseudogout

Gout adalah peradangan pada jempol kaki maupun bagian dari kaki yang disebabkan oleh kelebihan produksi asam urat dalam tubuh yang disimpan dalam bentuk kristal atau garam dalam sendi dan darah. Deposisi ini menyebabkan rasa sakit yang umumnya terjadi di sekitar ibu jari kaki dan pergelangan kaki.

Loading...

Sedangkan pseudogout adalah jenis arthritis yang ditandai dengan pembengkakan mendadak yang menyakitkan dalam sendi. Pseudogout dipicu oleh pengendapan kristal pada lapisan sendi. Pseudogout lebih sering terjadi pada lansia.

4. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kelainan sendi dimana bantalan antara tulang – disebut tulang rawan – menipis. Akibat osteoarthritis yang makin memburuk adalah mengjilangnya tulang rawan sehingga menimbulkan gesekan antar tulang. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan otot dan ligamen longgar dan melemah.

5. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis menyebabkan peradangan jangka panjang pada sendi dan jaringan sekitarnya. Ini adalah penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh mengacaukan jaringan sehat pada tubuh dan akhirnya menyerang dirinya sendiri.

6. Septic Arthritis

Septic arthritis adalah kondisi meradangnya sendi karena invasi bakteri yang tumbuh ketika bakteri diangkut dari sumber infeksi melalui aliran darah ke sendi. Hal ini menyebabkan gejala seperti pembengkakan, nyeri sendi, dan demam dingin.

7. Kehamilan

Kebanyakan ibu hamil akan sering mengalami linu pada kaki, karena bayi yang ada dalam kandungan akan terus menyerap kalsium pada seluruh tulang yang ada dalam tubuh seseorang, terlebih tulang besar seperti yang ada pada kaki. Jika ibu hamil mengalami kekurangan kalsium, maka rasa linu akan semakin terasa. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan penghasil kalsium.

8. Iritasi Syaraf Tulang

Biasanya ini sering terjadi karena suhu udara terlalu dingin. Sedangkan bagian tubuh yang seringkali merasakannya adalah bagian belakang lutut. Tulang yang kedinginan itu berpengaruh pada syaraf tulang yang akhirnya membuat sendi-sendi tulang mengalami peradangan hingga membuat rasa linu akan semakin terasa sakit.

9. Gangguan Syaraf pada Tulang Ekor

Ketika syaraf-syaraf pada tulang ekor mengalami gangguan, maka syaraf yang ada pada kaki yang saling terhubung akan mempengaruhi elstisitas tulang di setiap gerakannya. Biasanya akan ditandai dengan gejala sering mengalami kram pada otot kaki.

10. Spinal Stenosis

Ini merupakan suatu gangguan atau bisa jadi justru kerusakan yang terjadi pada sekitar tulang belakang sehingga bisa memancing pegal-pegal, rasa nyeri otot pada bagian kaki. Jika tidak segera diobati biasanya akan menyebabkan penderita akan sulit tidur.

Baca Juga 25 Obat Alami Penghancur Batu Ginjal Paling Ampuh

Tergantung pada tingkat keparahan nyeri, penyebab linu pada kaki mungkin dapat berlangsung antara beberapa minggu sampai lebih dari satu bulan untuk dapat sembuh sepenuhnya. Penyebab linu pada kaki lainnya yang perlu diketahui adalah:

3 Penyebab Linu Pada Kaki Lainnya:

11. Sindrom Piriformis
12. Cuaca Dingin
13. Infeksi Virus atau Infantum Roseola

Penyebab linu pada kaki bisa menjadi suatu tanda adanya penyakit di dalam tubuh. Linu memang bukannya penyakit yang bahaya, namun linu akan sangat menganggu apabila dialami. Linu pada tubuh akan menghambat aktivitas yang ingin dilakukan karena itu linu cukup mengganggu penderitanya juga. Linu sebaiknya segera diatasi sehingga tidak akan berlangsung lama.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top