Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Penyebab Mabuk Darat yang Perlu Diketahui

Uncategorized

15 Penyebab Mabuk Darat yang Perlu Diketahui

Menaiki kendaraan di darat seperti bus,  mobil,  atau kereta saat keadaan tubuh kita sedang tidak sehat atau tidak fit membuat kepala pusing, perut mual, dan juga keringat dingin. Biasanya juga disertai dengan muntah-muntah. Keadaan tersebut disebut dengan mabuk darat atau mabuk kendaraan. Mabuk darat sangat umum terjadi bagi orang yang melakukan perjalanan jauh.

Mabuk darat biasanya terjadi jika kita menggunakan kendaraan yang tertutup atau tidak ada udara luar. Karena jarang sekali ditemukan orang naik sepeda motor mengalami mabuk darat. Mengapa mabuk darat bisa terjadi? Mabuk darat sebenarnya bisa terjadi karena diri kita sendiri atau karena kesalahan si sopir.  Berikut ini adalah penyebab mabuk darat yang perlu di ketahui:

1. Makan Terlalu Banyak

Penyebab mabuk darat yang pertama adalah karena makan terlalu banyak. Orang yang makan banyak sebelum dirinya bepergian, memang akhirnya membuat lambung dalam kondisi penuh. Usus terasa penuh. Dan jika dalam perjalanan banyak guncangan di jalan, maka makanan ini rentan keluar. Yang menyebabkan jadi mabuk darat.

2. Minum Terlalu Banyak

Minum terlalu banyak ternyata juga menyebabkan kita jadi mudah mabuk darat. Tahukah kamu bahwa minum sangat banyak saat perjalanan berkendara juga akan menyebabkan kita sering kebelet pipis. Dan jika pipis alias kencing ini ditahan, efeknya adalah akan membuat perut jadi sakit dan mual. Yang akhirnya menimbulkan mabuk darat.

3. Tidak Minum Obat Anti Mabok

Seseorang ada yang dirinya ketergantungan minum obat anti mabok sebelum dirinya berkendara. Ketika tidak minum tentu saja jadi mabuk. Inilah faktor penyebab mabok darat yang mesti dipahami dan diwaspadai. Jika kamu selama ini selalu membutuhkan anti mabok, maka kamu memang harus minum dulu obatnya.

4. Jalanan yang Berliku Banyak Tikungan

Jalanan yang berliku banyak tikungannya juga akan menyebabkan kita jadi mabuk darat. Tidak semua jalan mulus, untuk itu kita akan mengalami mabuk karena guncangan di perut. Ketika kita di jalanan yang berliku, sebaiknya kondisikan perut agar tidak terguncang. Misalnya dengan diberi bantalan.

Loading...

5. Jalanan yang Naik Turun

Jalanan yang naik turun juga akan menyebabkan kita mabuk darat. Apalagi kita kontur jalannya turun dan sangat curam. Pasti kita akan mengalami sensasi geli di perut yang akhirnya menyebabkan jadi mabuk darat. Ketika kamu sudah mabuk, jika sedang menurun jalannya, kamu bisa coba berdiri.

6. Kendaraan Terlalu Panas

Kendaraan yang terlalu panas juga kerap membuat kita jadi mabuk darat. Kamu bisa menyalakan AC, namun jangan terlalu dingin. Supaya perjalanan jadi nyaman dan tentram. Tidak menimbulkan mabuk darat. Coba saja kamu atur AC kendaraan sampai kamu merasa nyaman dengan suhunya.

7. Kendaraan Terlalu Sesak

Kendaraan terlalu sesak juga akan menyebabkan kita jadi mabuk darat. Penyebab mabuk darat sangat erat kaitannya dengan kesesakan pada kendaraan. Untuk itu kalau kamu berkendara, janganlah memasukkan banyak orang ke dalam mobil ya. Pastikan semua orang duduk sendiri-sendiri dengan nyaman. Karena kalau sampai duduknya pangku-pangkuan, kita bakalan mabuk darat.

8. Jalanan yang Macet

Jalan yang macet juga akan menyebabkan kita jadi mabuk darat. Rasa penat, bosan dan panas kala menunggu macet terurai sungguh akan membuat kita jadi mabuk darat. Ketika kamu tidak mau mabuk darat, maka kamu harus persiapkan diri buat melawan macet. Pastikan kamu santai dan enjoy menghadapinya. Misalnya dengan menyiapkan makanan, minuman atau bahan bacaan.

9. Minum Jus Jeruk

Hati-hatilah kalau kamu minum jus jeruk karena efeknya akan sangat bahaya buat perut. Konon, jika kita minum jus jeruk saat berkendara, justru akan membuat perut jadi berasa munyel-munyel mual. Dan akhirnya kita malah mabuk darat.

10. Sedang Sakit

Orang yang sedang sakit juga menjadi mudah mabuk darat. Untuk itu, janganlah kamu berkendara jauh ketika sedang sakit.

Baca Juga: 15 Bahaya Hujan-Hujanan Untuk Kesehatan

5 Penyebab Mabuk Darat yang Lainnya:

11. Mengantuk
12. Minum Soda
13. Memiliki Penyakit Maag
14. Tidak Makan atau Sedang Kelaparan
15. Mencium Bau Muntahan atau Balsem dari Orang Lain

Penyebab mabuk darat ternyata ada banyak. Kita harus memahaminya satu persatu agar kita tidak mengalami mabuk darat saat naik kendaraan. Niatkan dalam hati bahwa kamu akan selalu sehat selama perjalanan. Sebelum berangkat pastikan bahwa tubuh kamu dalam kondisi yang sedang prima. Sediakan obat-obataan yang mungkin kita butuhkan.  Seperti obat pusing,  atau minyak angin. Dan pastikan kamu sedang dalam keadaan gembira saat kamu berkendara.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top