Connect with us
close

Virtual.co.id

Antisipasi Mata Merah Dengan Menghindari Penyebabnya

Uncategorized

Antisipasi Mata Merah Dengan Menghindari Penyebabnya

Mata merupakan cara untuk melihat sesuatu, jika sakit maka sangat mengganggu. Mata merah saja cukup menyiksa, dimana akan timbul bayangan yang menghalangi penglihatan dan amatlah tidak nyaman. Selain itu juga menimbulkan rasa gatal, perih, berair, belekan dan bengkak yang membuat kita malas membuka mata. Sebelum memutuskan obat, kamu harus mengetahui dulu penyebab mata merah. Sehingga, pengobatan dilakukan dengan tepat.

Saat mengalami mata merah membuat kita enggan berbicara dengan orang lain. Bagaimana tidak, kondisi ini membuat rasa takut menularkan sakit itu pada lawan bicara. Kasihankan mereka yang niatnya berkomunikasi dengan baik, tapi tertular sakit mata karena kita. Banyak sekali ketidaknyamanan yang kamu rasakan saat mengalami mata merah. Agar penyakit ini tidak terulang lagi, ketahui penyebabnya.

Penyebab mata merah

Nampak dari luar, mata merah menutupi bagian bening mata atau hanya memperlihatkan garis-garis merah. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah pada mata meradang atau mata mengalami iritasi. Inilah umumnya penyebab mata merah :

Konjungtivitis
Konjungtivtisa merupakan salah satu infeksi pada mata yang paling umum terjadi dan cepat menular. Penyakit ini dikarenakan terjadi peradangan pada konjungtiva, yakni lapisan jaringan tipis yang menutup bola mata serta permukaan bagian dalam kelopak mata. Paradangan ini membuat mata membengkak, nampak merah dan gatal serta menimbulkan belek yang berlebihan.

Peradangan mata dapat diakibatkan oleh alergi, debu atau karena infeksi. Konjungtivitis karena alergi akan menimpa kedua mata dan terasa sangat gatal juga perih. Sedangkan konjungtivitis karena virus, pada awalnya menimpa satu mata, tapi saat mata berair menularkan ke mata yang lain, akhirnya kedua mata sakit. kalau konjungtivitis yang diakibatkan karena bakteri membuat mata, terus mengeluarkan kotoran atau belek yang disertai timbulnya kerak pada area mata.

Mata kering
Air mata berguna sebagai pelumas mata yang menjaga kelembaban dan membersihkan kotoran pada mata sekaligus juga menangkal infeksi. Seiring dengan bertambahnya usia, kelembaban pada mata menurun. Sindrom mata kering disebabkan karena kelenjar air mata tidak menghasilkan cairan mata yang cukup. Baik secara kuantitas, kualitas dan karena banyak air mata yang menguap. Itulah penyebab mata merah, kering dan teriritasi.

Loading...

Beberapa keadaan yang memicu terjadinya mata kering adalah cuaca panas, kering atau berangin. Selain itu, penggunaan lensa kontak ataupun karena peradangan kelopak mata.

Kelelahan
Tuntutan pekerjaan membuat kita harus menatap layar komputer seharian. Hal itu menjadikan mata kering, lelah dan mengeluarkan air terus-menerus. Disamping itu, juga menyebabkan sakit kepala dan kelelahan tubuh yang luar biasa. Mata yang jarang berkedip bisa menjadi penyebab mata merah. Oleh karena itu, pastikan agar mata beristirahat setiap beberapa jam dan jika perlu teteskan obat mata agar mata selalu lembab dan sehat.

Karena luka
Jika mata mengalami luka, misal karena tertusuk benda, kecelakaan atau goresan yang menyebabkan kornea mata lecet. Selain itu, setelah menjalani operasi atau luka bakar juga bisa menyebabkan mata merah. Kondisi ini dikarenakan pembuluh mata melebar untuk mengalirkan lebih banyak ke area mata yang mengalami cedera, gunanya untuk menyembuhkan. Apabila pembuluh darah juga terluka, pendarahan bisa terjadi kalau ada benda asing yang masuk atau melukai mata. Untuk itu, segera pergi dan periksakan mata ke dokter.

baca juga : Obat Sakit Mata Merah (Konjungtivitis) yang Cepat dan Efektif

Pertolongan pertama atau pengobatan sementara

Setelah mengetahui penyebab mata merah segera hindari hal itu. Lakukan cara ini jika kamu mengalami mata merah.

  • Usahakan untuk tidak menyentuh mata, karena bisa menularkan infeksi pada mata sebelahnya.
  • Jangan pakai make-up yang berkaitan dengan mata atau memakai lensa selama sakit mata.
  • Sediakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air hangat untuk ditempelkan kemata. Hal ini bisa melembabkan dan membersihkan kotoran pada mata.

Periksakan ke dokter mata
Apabila kamu mengalami gejala mata merah yang disertai dengan mual, rasa nyeri atau sakit, sakit kepala tak tertahankan, penglihatan terganggu dan mata sangat sensitif terhadap cahaya, secepatnya periksa ke dokter. Apapun yang terjadi jika sakit mata tidak membaik atau tidak ada perubahan, pergi ke dokter adalah solusi yang tepat.

Itulah ulasan mengenai penyebab mata merah dan pengobatan mata yang bisa kamu terapkan saat mengalami kondisi ini. Jadi, kamu lebih cepat mengatasi sakit yang begitu menyebalkan ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top