Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab Mual di Pagi Hari Perlu Dihindari

Uncategorized

20 Penyebab Mual di Pagi Hari Perlu Dihindari

Penyebab Mual di Pagi Hari – Mual memang bukan petanda anda mengalami penyakit serius tetapi, tetap saja mual menyebabkana perut tidak nyaman. Mual dan muntah bisa di sebabkan oleh beberapa hal biasanya asam lambung yang naik pada malam hari dan saat menjelang pagiya akan merasa mual. Saat mual berarti kodisi dalam tubuh akan membuang materi yang berbahaya dalam tubuh. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap baca penyebab mual di pagi hari.

Jadi ketika anda mengalami mual di pagi hari bukan berarti anda mengalami kehamilang khususnya bagi para wanita yang telah berhubugan. Pada umunya memang hamil di tandai oleh mual dan muntah di pagi hari. Tetapi mungkin anda telah mengonsumsi makanan sehingga menjadikan penyebab mual di pagi hari.

Mual

1. Gula Darah Rendah

Gula darah rendah dapat mengakibatkan rasa mual di pagi hari, hal ini biasanya di akibatkan oleh sering mengabaikan rasa lapar. Ketika rasa lapar terjadi sewaktu-waktu tepatnya pada pagi hari maka anda akan mengalami rasa mual tetapi bukan berarti sebagai petanda anda hamil. Sebaiknya bagi anda jangan terlalu meremehkan waktu makan apalagi saat sarapan pagi, usahakan anada selalu sarapan pagi setiap hari agar anda terhindar dari gula darah yang rendah.

2. Makanana yang Dimakan

Ketika anda mengalami rasa muala di pagi hari jangan terlalu cemas dahulu, khawatir memang boleh agar anda selalu bertindak aktif dalam masalah kesehatan. Tapi sebaiknya lebih awal anda mengingat-ngingat dahlu apa penyebab anda menjadi mual ke esaokan harinya. Bisa juga kemarin anda mengalami makan-makanan yang mengandung lemak tinggi, atau telah mengonsumsi minuman yang mengandung alcohol. Jadi bukan berarti mual yang terjadi pada pagi hari merupakan penyakit yang menyerang anda tiba-tiba.

3. Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi otototot perut yang tidak berfungsi secara normal. Biasanya kontrak otot yang kuat akan membuaat makanan terdorong melalaui saluran pencernaan. Ketika terjadi gastroparesis, otot-otot dinding perut tidak bisa bekerja dengan baik dan apabila kontraksi otot kuat akan memindahakan makanan di saluran pencernaan. Sehingga pencernaan menjadi terganggu dan dapat menimbulkan rasa mual bahkan juga muntah.

4. Stress

Segala macam stress baik ringan maupun berat dapat menimbulkan rasa sakit di sekitar kepala, ketika kepala sakit saraf dan aliran darah sekitar kepala akan menuju ke perut. Ketika telah sampai di perut akan mengalami tekanan saat menjelang tidur malam dan setelah keesoka harinya akan mengalami mual-mual.

Loading...

5. Mengongsumsi Obat-obatan

Orang yang sering menggunakan obat-obatan dengan berbagai alasan biasanya akan tidak sadar jika dirinya tidak cocok dengan obat yang di konsumsinya. Awalnya akan mengalami rasa nyeri di malam hari, apabila dengan rasa nyeri ini anda tetap terus mengonsumsinya zat kimia yang di kandung oleh obat tidak bisa tersaring dengan baik dan benar oleh hati dan ginjal. Sehingga zat kimia akan mengendap di perut termasuk lambung dan sistem pencernaan sehingga pada saat paginya akan merasa mual.

6. Infeksi Lambung

Orang yang telah memiliki riwayat penyakit maag atau lainnya yang berhubungan dengan lambung. sebaikya jangan mngonsumsi minuman yang dapat memicu asam lambung kembali naik misalnya saja minuman yang mengandung kafein. Karena setelah asam lambung meningkat akibatnya akan naik dan mendorong ke atas sehingga akan menimbulkan rasa mual.

7. Dehidrasi

Bagi anda yang belum memiliki minum air putih sebelum tidur sebaiknya mulai sekarang membiasakan minum air putih saat menjelang tidur. Agar anda tidak mengalami dehidrasi saat di malam harinya, karena ketika anda mengalami kekurangan cairan di  pagi hari dapat memicu ketegangan otot perut. Sehingga ketika pagi hari anda bisa saja mengalami rasa mual.

8. Makanan Pedas

Bagi anda yang sangat menyukai segala macam makanan yang memiliki rasa pedas, sebaikya mulai di kurangi dari sekarang. Apa lagi ketika memakan makanan pedas ketika malam hari akan menjelang tidur, hal ini dapat menyebabkan pencernaan anda harus bekerja lebih keras lagi. Akibatnya akan mencederai usus dan lambung yang dapat memicu rasa mual saat pagi harinya.

9. Batu Empedu

Bagi anda yang memiliki riwayat batu empedu jangan heran ketika anda mengalami rasa mual di pagi hari. Memang batu empedu dapat menyebabkan perut menjadi sakit yang tak kunjung reda yang lama kelamaan akan menjadikan perut kram. Kram yang di sebabkan oleh batu empedu terseut dapat menimbulkan rasa mual di pagi hari.

10. Garam

Garam memang sangata baik untuk mengoati berbagai macam penyakit terutama garam beryodium. Tetapi apabila anda menggunakannnya secar berlebihan juga akan membawa dampak negative juga terhadap tubuh. Ketika garam yang anda gunkan dalam masakan berlebihan bukan hanya menimbulkan rasa asin saja di lidah tetapi juga akan sulit di cerna. Apalagi anda mengonsumsinya saat menjelang tidur ketika anda tidur pencernaan anda akan terus bekerja untuk mencerna. Akibatnya pada pagi harinya perut anda akan mengalami kram dan uluh hati tidak nyaman akibatnya anda akan mengalami mual-mual.

Penyebab Mual di Pagi Hari :

11. Flu Perut
12. Cedera Kepala
13. Sakit Kepala Berulang
14. Keracunan Makanan
15. Gastritis
16. Pengobatan Kanker
17. Depresi

Jadi bagi anda yang sering mengalami rasa mual di pagi hari khususnya para wanita bukan berarti anda sedang hamil. Kemungkinan anda telah terkena beberapa penyebab mual di pagi hari yang ada di atas yang telah kita bahas tadi. 

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top