Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Penyebab Nafas Pendek Pada Anak dan Orang Dewasa

Uncategorized

10 Penyebab Nafas Pendek Pada Anak dan Orang Dewasa

Nafas Pendek – Penyebab nafas pendek ini dapat dikatakan dapat mengakibatkan munculnya penyakit kronis yang diderita oleh seseorang. Seseorang yang mengalaminya, akan mengalami gejala nafas pendek yang dapat menganggu aktivitasnya sehari-sehari. Penyakit nafas pendek ini berbahaya karena terkait dan mengancam organ-organ vital manusia.

Maka dari itu, anda harus mengetahui penyebab nafas pendek yang berguna untuk anda mencegah terjadinya nafas pendek. Lantas, apa sajakah penyebab nafas pendek? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Penyakit maag

Salah satu penyebab nafas pendek pertama adalah penyakit maag. Memang maag ini termasuk penyakit yang berhubungan denegan sistem pencernaan, namun jika memang anda mengalami maag maka hal tersebut akan menjadikan lambung terganggu. Asam lambung yang meningkat juga akan berpengaruh pada organ paru-paru, sehingga orang yang mengalami maag juga berpotensi menderita nafas pendek.

2. Infeksi pada paru-paru

Gejala sesak nafas dapat menjadi gejala adanya gangguan pada organ tubuh anda, khususnya paru-paru. Gangguan pada sistem pernafasan bisa saja disebabkan oleh beberapa infeksi yang timbul dari adanya virus dan bakteri yang menganggu kinerja organ paru-paru. Anda harus membiasakan untuk tidak sering kontak langsung dengan polusi berbahaya agar tidak terjadi nafas pendek.

3. Gejala asma

Selain infeksi pada paru-paru, gejala asma juga dapat menjadi penyebab nafas pendek. Pasalnya gejala asma ini erat kaitannya dengan berbagai gangguan pada saluran pernafasan manusia. Gejala asma tentu dapat dikatakan sebagai penyebab utama nafas pendek. Gejala asma ini akan mengakibatan gangguan pada saluran pernafasan yang mengakibatkan seseorang mengalami nafas pendek.

4. Gangguan jantung

Gangguan pada kinerja jantung juga dapat mempengaruhi timbulnya nafas pendek. Penyebab nafas pendek yang diakibatkan oleh gangguan jantung biasanya akan terjadi juga hilangnya nafsu makan pada penderita dan juga dapat menyebabkan timbulnya rasa mual. Kemudian, penderita dapat mengalami keluhan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti dada, punggung, tangan dan kaki.

Loading...

5. Beraktivitas berat

Selain penyebab nafas pendek timbul dari beberapa hal yang dapat dikatakan kronis, pada kasus lain nafas pendek juga dapat disebabkan oleh seringnya seseorang beraktivitas berat. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh memerlukan asupan oksigen yang banyak. Dalam hal ini maka akan terjadi peningkatan pada kinerja tubuh dan dapat berdampak pada saluran pernafasan yang terengah-engah.

6. Gejala anemia

Anemia juga dapat menjadi penyebab munculnya nafas pendek. Keterkaitan gejala anemia dengan pengambilan nafas pendek terjadi karena adanya oksigen yang tersebar di dalam tubuh. Seseorang yang menderita anemia maka ia akan mengalami gangguan darah, sehingga darah tidak dapat menyebarkan oksigen khususnya ke paru-paru dengan maksimal. Akhirnya timbullah nafas pendek.

7. Polusi kendaraan bermotor

Selain anemia, penyebab nafas pendek ini juga dapat diakibatkan karena seseorang sering menghirup polusi kendaraan bermotor. Kita tahu bahwa asap kendaraan bermotor memang berbahaya bagi saluran pernafasan kita. Asap tentu mengandung senyawa yang tidak baik untuk tubuh, misal saja karbondioksida (Co2). Maka dari itu, hindari kontak langsung dengan asap kendaraan bermotor.

8. Merokok

Mungkin anda sudah sering mendengar apa saja bahaya merokok. Ya, merokok ini memang berbahaya bagi kesehatan karena kandungan di dalamnya memang dapat menganggu kinerja organ tubuh. Merokok menghirup menggunakan mulut dan masuk ke dalam sistem pernafasan dan asapnya akan memenuhi paru-paru, jadi otomatis merokok dapat menyebabkan nafas pendek dan sesak nafas.

9. Tumbuhnya daging di rongga hidung

Penyebab nafas pendek juga dapat terjadi karena adanya daging yang tumbuh di rongga hidung. Penyakit ini tentu akan mengakibatkan masalah sirkulasi udara pada hidung yang juga akan menimbulkan nafas pendek. Daging yang tumbuh di rongg hidung akan sedikit menyumbat oksigen yang hendak masuk ke dalam tubuh, sehingga orang yang menderitanya akan kesusahan bernafas.

10. Begadang

Begadang memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Diantara akibat begadang, salah satunya juga dapat mengakibatkan nafas pendek. Karena orang yang begadang, maka saat malam organ tubuh khususnya paru-paru tidak dapat beristirahat secara maksimal. Saat begadang seseorang juga banyak menghirup udara malam yang memang sangat tidak baik untuk kesehatan.

Penyebab nafas anda menjadi pendek perlu diketahui agar bertujuan untuk mencegah terjadinya nafas pendek. Jika anda mengalaminya, lebih baik anda menggunakan obat alami atau bisa berkonsultasi ke dokter terdekat agar mengetahui apa yang sebenarnya anda derita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top