Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Penyebab Pankreatitis dan Cara Mengobatinya

Uncategorized

12 Penyebab Pankreatitis dan Cara Mengobatinya

Pankreatitis merupakan kondisi peradangan pada pankreas yang disebabkan oleh pelepasan cairan pencernaan yang datang terlalu cepat atau aktif. Pankreas sendiri merupakan salah satu organ pencernaan yang berukuran kecil dan terletak di balik lambung. Organ tersebut memiliki tugas memproduksi enzim yang bertujuan untuk mempermudah organ lainnya untuk mencerna nutrisi dari makanan. Penyebab Pankreatitis memiliki hubungan erat dengan pola makan yang tidak sehat.

Penting adanya pengetahuan tentang apa saja yang menjadi penyebab timbulnya pankreatitis agar dapat mencegahnya penyakit ini menjangkiti tubuh kamu. berikut ini merupakan beberapa penyebab pankreatitis yang wajib kamu tahu.

Penyebab Pankreatitis, Penyebab Penyakit Pankreatitis, Penyebab Pankreatitis dan Cara Mengobatinya

1. Faktor keturunan
2. Terdapat karsinogen atau sel kanker pada organ pankreas
3. Jumlah kalsium yang berlebihan
4. Terdapat batu empedu yang mengkristal selama tahunan
5. Kerusakan pasca pembedahan operasi
6. Penggunaan obat – obatan tertentu
7. Adanya infeksi virus dan parasit yang telah terkontaminasi oleh radikal bebas
8. Merokok
9. Kebiasaan minum minuman beralkohol
10. Kelebihan berat badan

Seseorang yang mengalami peradangan pada pankreas biasanya akan menimbulkan beberapa gejala yang menyakitkan. Memang tidak semua orang yang menderita penyakit tersebut akan mengalami gejala – gejala ini.

– Bagian mata dan kulit berubah warna menjadi lebih pucat dan kekuningan
– Akan menceret dan diare dalam waktu yang lama
– Mual dan muntah
– Nafsu makan menjadi berkurang
– Bisa terkena demam apabila radang pankreas sangat parah
– Nyeri dan melilit pada bagian perut dan biasanya juga meyerang bagian punggung serta tulang belikat.

Pengobatan pankreatitis


1. Daun sirsak

Salah satu obat tradisional untuk mengobati penyebab pankreatitis yaitu daun sirsak. Hal ini karena didalam daun sirsak mengandung zat yang bernama acetogennis yang berfungsi sebagai zat anti tumor yang sangat tinggi. Cara mengonsumsinya yaitu dengan mencampurkan benalu teh yang direbus dengan air putih. Kemudian minum air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan membuat kamu terhindar dari risiko pankreatitis.

Loading...

2. Gandum utuh

Makanan yang mengandung gandum utuh seperti roti gandum sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan pankreas serta melancarkan produksi enzim agar pencernaan makanan semakin baik. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada gandum berfungsi untuk mencegah pankreas terserang virus yang berbahaya. Oleh sebab itu jangan lupakan gandum untuk menjadi menu makanan sehari – hari.

3. Daun sukun

Daun sukun merupakan tanaman yang sangat kaya akan manfaat. Tidak hanya menstabilkan gula darah, daun ini juga memiliki kegunaan untuk mencegah terjadinya pankreatitis. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus beberapa daun lembar dengan 3 gelas air. Tunggu hingga volume air menyusut menjadi satu gelas. Minum ramuan ini sebanyak dua kali dalam satu hari maka peradangan pada bagian pankreas akan berangsur – angsur pulih.

4. Kulit manggis

Kulit dari buah manggis banyak dibuang karena hanya dimanfaatkan buahnya saja. Padahal bagian kulit ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak terutama untuk mengatasi masalah pankreatitis. Hal ini dikarenakan kandungan xanthone yang cukup tinggi pada kulit manggis yang terbukti secara klinis dapat menyembuhkan peradangan dan mencegah penyebaran luka pada dinding pankreas.

Cara menggunakannya yaitu dengan rebus beberapa buah kulit manggis dengan 3 gelas air putih. Tunggu hingga menjadi menyisakan satu gelas saja. Dinginkan kemudian saring airnya saja. Minum air rebusan kulit manggis tersebut secara rutin agar kamu terhindar dari radang pankreas yang begitu menyiksa.

5. Mengkudu tua

Buah mengkudu memang sejak dulu dikenal sebagai obat dari berbagai jenis penyakit. Mengkudu memiliki kandungan proseronin yang sangat tinggi sehingga mampu memperbaiki kerusakan pada organ pankreas yang mengalami peradangan. Namun dalam mengonsumsi mengkudu jangan sampai berlebihan karena akan menimbulkan efek samping lain yang sangat merugikan

Baca Juga 12 Obat Tradisional Alami untuk Mengatasi Getah Bening Dileher

Itulah merupakan informasi tentang obat tradisional dan beberapa penyebab pankreatitis yang wajib kamu ketahui. Sudah seharusnya bagi setiap orang untuk selalu menjaga tubuh dalam kondisi yang sehat. apabila kondisi tubuh lemah akan sangat mudah terserang penyakit kronis yang berbahaya dan mengancam nyawa.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top