Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Dampak Penyebab Penyakit Gula atau Diabetes

Uncategorized

12 Dampak Penyebab Penyakit Gula atau Diabetes

Penyakit gula darah dapat disebabkan oleh berbagai hal, penyebab utamanya yaitu hilangnya kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin sehingga masuknya kadar gula ke dalam tubuh tidak dapat dibatasi. Penyakit gula darah atau diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup, kebiasaan dan pola makan yang buruk sehingga akan mengakibatkan organ pankreas tidak dapat memproduksi hormone insulin secara normal.

Lantas apa sajakah penyebab penyakit gula atau diabetes lainnya? Anda harus betul-betul memperhatikan hal ini agar kadar gula dalam darah anda dapat terkontrol. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Penyakit Gula, Penyebab Penyakit Gula Diabetes, Dampak Penyebab Penyakit Gula

1. Sering mengkonsumsi obat obatan

Hal pertama penyebab diabetes adalah obat obatan. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi obat-obat an, nantinya juga dapat menyebabkan anda terkena penyakit gula atau diabetes ini. Karena obat-obatan mengandung unsur-unsur kimia yang akan menumpuk lalu merusak jaringan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi hormon insulin dan enzim pencernaan dengan baik.

2. Kadar kortikosteroid meningkat tajam

Kadar kortikosteroid yang meningkat tajam dapat menyebabkan hormone senyawa regulator dari sistem hmeustasis tubuh tidak dapat membentenginya dari radikal bebas dan infeksi yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh. Hal inilah yang akan mengakibatkan fungsi pankreas terganggu sehingga peningkatan kadar gula dalam darah akan meningkat.

3. Makanan dan minuman manis

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula yang tinggi secara rutin dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah secara cepat yang juga dapat menyerang usia produktif. Kebiasaan ini merupakan penyebab munculnya penyakit gula pada usia-usia produktif yaitu antara usia 20 sampai 30 tahun. Maka dari itu kurangi mengkonsumsi banyak makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi.

4. Kurang olahraga atau bergerak

Bagi anda yang kurang olahraga ataupun bergerak, anda harus mulai menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, karena itu merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit diabetes. Anda harus mulai berolahraga secara rutin, misalnya jogging disekitar perumahan atau jalan saat pagi hari sebelum kerja atau sekolah. Karena dengan berolahraga dan bergerak, maka akan dapat bermanfaat untuk mengubah berbagai unsur dalam tubuh menjadi energi sehingga akan mencegah menumpuknya kadar gula dalam darah.

Loading...

5. Gizi yang tidak seimbang saat hamil

Ternyata saat wanita mengalami kehamilan itu juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah yang nantinya akan memicu munculnya diabetes. Karena ketika hamil, wanita cenderung suka mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, hal tersebut dikarenakan faktor perubahan hormone ketika hamil. Maka dari itu ketika hamil, wanita harus mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang agar kadar gula dalam darahnya tidak meningkat secara cepat.

6. Obesitas

Obesitas ini juga merupakan penyebab utama munculnya gejala penyakit diabetes, karena orang yang terserang obesitas memiliki banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuhnya, yang nantinya akan dapat menganggu kinerja pankreas yang tidak dapat memproduksi homon insulin secara normal. Hal ini dapat menyababkan meningkatnya kadar gula dalam darah secara cepat.

7. Hipertensi

Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit gula atau diabetes pada usia-usia dewasa yaitu usia 30 keatas. Hipertensi akan merusak jaringan tubuh termasuk jaringan pankreas yang berfungsi untuk memproduksi hormone insulin. Bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi, konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk mencegah diabetes ini.

8. Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh akan dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah dan mengggagalkan penghancuran tumpukan kadar gula dalam darah. Kondisi ini akan menjadi penyebab menumpuknya kadar gula dalam darah sehingga orang yang memiliki kolesterol tinggi akan berpotensi mengalami diabetes.

9. Langsung tidur setelah makan

Berhati-hatilah bagi anda yang memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan, karena hal tersebut dapat menyebabkan zat dari makanan yang anda konsumsi akan diubah menjadi zat gula yang akan menyebabkan menumpuknya kadar gula dalam darah. Usahakan bergerak atau beraktivitas ringan dahulu agar zat dari makanan tadi diubah menjadi energi.

10. Begadang

Anda harus mulai meninggalkan kebiasaan begadang yang tidak perlu. Karena jika anda begadang maka akan muncul keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gula , seperti kopi. Kopi ini digunakan oleh orang yang begadang untuk menangkal rasa kantuk, namun akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga 12 Ciri Ciri Penyakit Polip yang Perlu Diketahui

Selain 10 penyebab penyakit gula atau hipertensi diatas, ada lagi 2 penyebab diabetes yang perlu anda ketahui, antara lain:

2 Penyebab Penyakit Gula Lainnya:

11. Makan dengan gizi yang tidak seimbang
12. Makan banyak gorengan yang beminyak

Itulah 12 penyabab diabetes atau penyakit gula yang harus anda ketahui. Mulailah hidup sehat dari sekarang, agar tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top