Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Sakit Gigi Yang Sering Dialami Banyak Orang dan Cara Mengatasinya

Uncategorized

Penyebab Sakit Gigi Yang Sering Dialami Banyak Orang dan Cara Mengatasinya

Penanganan  sakit gigi yang tepat adalah dengan mengetahui penyebab sakit gigi. Sakit gigi berlubang paling sering dialami oleh banyak orang. Sakit gigi tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, melainkan orang dewasa juga. Rasa nyerinya bisa tak tertahankan dan membuat penderitanya panik, mudah emosi dan sulit tidur.

Sakit gigi bisa terjadi karena seseorang jarang atau malas membersihkan gigi, akibatnya timbul plak pada gigi dan penumpukan karang gigi. Kondisi itu merupakan lingkungan yang disenangi oleh bakteri atau kuman untuk berkembang dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri gigi. Kerusakan gigi ternyata ada banyak jenisnya. Kamu harus mengetahuinya, karena jika mengalami sakit gigi bisa mengatasinya dengan mudah.

Penyebab sakit gigi

Beberapa kondisi yang menyebabkan sakit gigi diantaranya adalah :

Terjadi kerusakan gigi
Kerusakan gigi yang terjadi pada rongga kecl pada lapisan luar gigi atau enamel biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, jika rongganya berubah menjadi lubang, lalu menembus lewat email dan sampai ke lapisan dalam atau dentin akan menjadi sangat sensitif. Apalagi jika kamu sedang mengunyah makanan yang manis, terlalu panas atau dingin, gigi akan mudah sakit atau nyeri.

Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menuju ke tahap lanjut yaitu pembusukan gigi berlubang. Pembusukan itu akan lebih dalam lagi menuju lapisan pulpa hingga menimbulkan sakit gigi yang intens, nyeri tak tertahankan dan berdenyut. Infeksi gigi berlubang dalam bisa mengakibatkan kematian jaring pulpa dan menimbulkan nanah di bawah akar gigi. Sungguh mengerikan.

Penyebab sakit gigi karena penyakit gusi
Peradangan bisa membuat gusi menjadi bengkak, merah dan berdarah dan menimbulkan rasa nyeri. Infeksi gusi menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan gusi. Itu bisa membuat pipimu menjadi tembem dan rasa sakitnya seperti mau meledak saja.

Loading...

Trauma  pada gigi
Trauma pada gigi disebabkan oleh benturan yang mengenai gigi, akibatnya gigi bisa goyang atau patah dan menimbulkan rasa sakit. terlebih lagi jika gigi patah disertai dengan garis fraktur berjalan melalui pulpa gigi, tentu rasa sakitnya bertambah parah. Jadi, berhati-hatilah lindungi gigi mu dari segala macam benturan. Sebab, tanpa gigi kamu akan sulit mencerna makanan dengan nikmat.

Sakit gigi karena erosi gusi
Erosi gusi biasanya disebabkan karena perilaku menyikat gigi yang kurang tepat, sehingga gusi menjadi erosi atau surut. Dampaknya, membuat bagian gigi terbawah atau akar gigi terbuka atau terlihat. Dengan begitu, gigi menjadi sangat sensitif terhadap makanan yang panas, dingin, asam dan terlalu manis. Perlu diingat bahwa makanan atau minuman asam bisa mengikis akar dan memperuruk sensitivitas.

Penyebab sakit gigi karena bruxism
Bruxism adalah kondisi dimana saling menggiling gigi, menggertakan atau mengepalkan gigi baik secara sengaja atau tanpa sengaja. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya tekanan berlebih di jaringan pendukung gigi yang bisa menimbulkan rasa sakit luar biasa. Rasa sakit ini juga menjalar sampai sendi rahang dan otot.

 baca juga : cara cepat sembuhkan sakit gigi

Tumbuhnya gigi bungsu
Ketika gigi bungsu atau graham atau molar 3 mau tubuh keluar, umumnya menyebabkan rasa sakit pada gigi. Sebab, gigi bungsu gagal tumbuh dengan sepenuhnya melalui garis gusi karena tidak memiliki cukup ruang. Kondisi tersebut membuat tekanan pada gigi yang berdekatan dan nyeri tak tertahankan. Saat tumbuhnya gigi graham ini bisa berpotensi sebagai tempat menyangkutnya banyak makanan karena sulit dibersihkan. Sehingga menjadi sarang bakteri dan menimbulkan infeksi pada gusi atau struktur gigi lain. Jika kamu mengalaminya, akan sulit mengkonsumsi makanan bahkan membuka mulut.

Gigi miring
Ternyata gigi miring dapat menjadi penyebab sakit gigi karena letak gigi tidak selaras. Tentu membuat tekanan tidak merata ketika mengunyah makanan dan mudah menimbulkan peradangan pada syaraf gigi.

Perawatan ortodontik
Perawatan ortodontik adalah suatu proses perawatan untuk memperbaiki keselarasan gigi dengan kawat gigi. Perawatan ini menyebabkan rasa sakit pada periode awal, yakni saat kawat gigi baru dipasang atau disesuaikan.

Masalah dari luar
Sakit gigi bisa juga disebabkan oleh gangguan lain diluar gigi, gusi atau rahang. Gangguan kesehatan yang disertai sakit gigi adalah infeksi sinus, karena letak sinus berada di dekat gigi. Selain itu, sakit gigi dan nyeri rahang bisa sebagai gejala serangan jantung.

Demikianlah penyebab sakit gigi yang perlu kamu ketahui. Untuk mengatasinya kamu bisa membaca ulasan kami di cara cepat sembuhkan sakit gigi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top