Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak dan Orang Dewasa

Uncategorized

25 Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak dan Orang Dewasa

Penyebab Sakit Kepala – Sakit kepala sering di anggap sakit ringan bagi orang-orang, karena sakit kepala yang terjadi biasanya datang dan tiba-tiba pergi meski tanpa di obati. Tetapi, walaupun remeh sakit kepala menjadikan orang tidak nyaman. Sakit kepala di anggap serius apabila sakit kepala dapat dialami penderitanya sekitar 15 hari atau lebih secara berturut-turut bahkansampai 3 bulan. Sakit kepala di sebabkan dari beberapa factor penyebab sering sakit kepala.

Sakit kepala dalam jangka waktu cukup lama bisa jadi petanda jika pola hidup anda kurang sehat. Seperti kurang berolahraga dan mengonsumsi vitamin, biasanya orang-orang meremehkan untuk mengonsumsi vitamin. Padahal vitamin sangatlah penting untuk melindungi kesehatan tubuh anda. Salah satunya dapat melindungi penyebab sering sakit kepala, sering sakit kepala bisa jadi karena anda pola hidupnya kurang sehat.

Penyebab Sakit Kepala

1. Cuaca

Pada sebagian orang cuaca tak menentu memang tidak menjadikan pengaruh, tetapi sebagian orang lainnya cuaca juga sangat berpengaruh. Cuaca yang dapat memicu munculnya sakit kepala adalah cuaca panas, kebanyakan kasus orang yang tidak tahan karena panas terik matahari akan mengalami sakit kepala migraine. Mekanisme munculnya migraine merupakan nyeri kepala berdenyut yang biasanya juga akan mengakibatkan seseorang merasa mual dan muntah.

2. Mengonsumsi Kafein

Meminum secangkir kopi/teh  di pagi hari memang terasa sangat nikmat jadi tidak heran jika sebagian besar orang Indonesia menjadikan hal yang wajib. Biasanya orang-orang yang merasakan nikmat kafein akan mengalami ketagihan sehingga mereka biasanya tidak cukup1 / 2 gelas saja mengonsumsinya, terkadang ada orang yang mengonsumsi minuman kafein hingga 4 gelas. Kafein sebenarnya memang bagus untuk anti nyeri, namun apabila anda mengonsumsinya berlebihan dapat memicu datangnya sakit kepala.

3. Stress

Beberapa orang mengatakan stress merupakan penyebab sakit kepala, jika stress yang di alami tak kunjung usai akibatnya sakit kepala akan datang dan pergi. Padahal yang benar adalah sakit kepala terjadi setelah masa stress berakhir, yang di sebabkan oleh hormone yang tengah active untuk melawan stress tiba-tiba turun dan kemudian memicu saluran darah membesar dan bereaksi hal inilah yang memicu terjadinya sakit kepala.

4. Hormone

Pada wanita hormone kerap kali memicu datangnya sakit kepala, jadi tidak heran jika wanita saat mengalami menstruasi sering kali mengeluh bahwa kepalanya mengalami rasa sakit. Rasa sakit di kepala ini di sebabkan oleh turunnya tingkat turunnya estrogen, jika anda (wanita) mengalami hal seperti ini sebaiknya konsultasi dengan dokter agar di beri obat pereda nyeri.

Loading...

5. Olahraga Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik bagi tubuh, walaupun itu bertujuan menyehatkan. Seperti olahraga, olahraga memang sangat baik untuk menjaga kesehatan akan tetapi olahraga yang berlebihan juga akan memberikan dampak negative juga.

Karena waktu olahraga yang tidak seimbang dapat menyebabkan sakit kepala karena di picu pembesaran pembuluh darah yang terjadi. Sebenarnya olahraga yang baik adalah seminggu 3-5 kali dan maksimal 1 jam, dengan olahraga dengan waktu yang tepat dan seimbang tidak akan memicu munculnya sakit kepala selain itu juga akan menghilangkan stress.

6. Telat Makan

Kerap kali orang-orang meninggalkan waktu makan hanya demi pekerjaan saja, walaupun rata-rata orang telah mengetahui bahwa telat makan akan membawa dampak negative bagi kesehatan. Seringnya menunda waktu makan dapat membuat gula darah cepat menurun dan otomatis anda akan mengalami sakit kepala.

7. Kurang Tidur

Banyaknya aktivitas yang di lakukan terkadang membuat orang tidak memiliki waktu istirahat. Biasanya hal ini terjadi pada orang-orang sibuk yang banyak melakukan aktivitas sehingga waktu untuk tidur kerap kali di abaikan dan tidak sedikit juga untuk memberi minuman untuk menghilangkan rasa kantuk.

Padahal alasan umum dapat memicu sering terjaddinya sakit kepala adalah kurangnya waktu tidur. Jadi bagi anda yang sering beraktivitas dan sering mengabaikna waktu tidur hendaakna segera di hilangkan, tidurlah dengan waktu yang cukup (7-8 jam perhari) supaya sakit kepala yang sering muncul dapt berkurang.

8. Postur Malas

Sering kali orang bersantai tetapi tanpa di sadari postur tubuh yang di lakukan salah, seperti menekuk, miring atau alas-alasan. Padahal jika anda sering melakukan posisi tubh seprti ini dengan alasana sudah pw dapat meningkatkan tekanan di daerah punggung dan leher akibatnya sering terjadi sakit kepala.

9. Makanan

Makan memang dapat menyehatkan tubuh, tetapi anda juga harus memperhatikan pola makan anda. Terutama bagi anda yang telah menginjak lanjut usia, mulailah menghindari makanan-makanan yang mengandung MSG, daging yang telah di awetkan, kacang-kacangan, dan makanan asin. Karena makanan-makanan itu dapat menjadikan anda sering sakit kepala.

10. Factor Usia

Orang-orang yang telah memasuki usia 60 thn atau lebih biasanya sering mengalami sakit kepala. Menurut beberapa kasusu hal ini bisa jadi di karenakan glaukomata dan juga para lansia baru pulih dari penyakit herpes. Itulah mengapa alasannya para lansia di anjurkan chek-up secara rutin ke dokter, karena demi kesehatan para lansia sendiri.

Diatas itu merupakan penyebab sering sakit kepala yang terjadi pada umumnya, penyebab sakit kepala setiap orang berbeda. Ada juga orang yang mengalami sakit kepala karena beberapa factor di bawah ini.

Penyebab Sakit Kepala Lainnya :

11. Migraine Kronis
12. Kebiasaan Menggesek Gigi
13. Infeksi
14. Kekurangan Oksigen
15. Hemicranias Continua
16. Konsumsi Obat NYeri
17. Tekanan Intraktranial
18. Sindrom Pascatrauma
19. Diet Berlebihan
20. Pembuluh Darah Otak Terganggu
21. Sakit Kepala Tegang Kronis
22. Mengonsumsi Kafein

Diatas itu merupakan penyebab sering sakit kepala, bagia anda yang mengalami sebaiknya jangan di abaikan karena sakit kepala biasanya gejala awal dari penyakit lainnya. Jadi bila perlu anda harus memeriksakan ke pada dokter segera agar ditangani sebelum terjadi penyakit yang lebih buruk. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top