Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Sakit Punggung dan Cara Ampuh Mengatasinya

Uncategorized

Penyebab Sakit Punggung dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab sakit punggung bermacam-macam, mulai dari kesalahan saat duduk sampai gejala dari suatu penyakit. Rasa sakit atau nyeri punggung biasanya terjadi pada salah satu sisi tulang yang menyatu dengan otot, ligamen, tendon, syaraf dan cakram yang berguna untuk bantalan peredam benturan.

Cedera juga bisa menyebabkan nyeri punggung, tapi tidak bersifat serius. Penyebab yang paling sering dialami banyak orang adalah keseleo, saraf terjepit, ketegangan otot. Terkadang nyeri punggung terjadi secara mendadak tanpa sebab. Misalnya seperti, pada saat bangun pagi seseorang tiba-tiba merasakan sakit di bagian punggung. Agar lebih jelasnya kita bahasa saja ulasan berikut ini!

Penyebab Nyeri Punggung

  • Melakukan peregangan yang berlebihan.
  • Posisi tubuh yang salah ketika membawa, mengangkat, menarik atau menekan sesuatu.
  • Posisi duduk yang salah.
  • Akibat membalikkan tubuh secara mendadak.
  • Mengendarai sepeda motor dalam waktu yang lama tanpa jeda.
  • Melakukan gerakan buruk dan berulang-ulang bisa sebagai penyebab sakit punggung.

Beberapa faktor resiko nyeri punggung
Tak hanya hal tersebut diatas, ada faktor resiko lainnya yang membuat seseorang menderita nyeri punggung, diantaranya :

  • Depresi dan stres
  • Kelebihan berat badan bisa membuat tulang belakang bekerja dengan keras dalam menopang tubuh.
  • Sedang hamil merupakan penyebab sakit punggung pada wanita.
  • Merokok dapat memicu kerusakan jaringan di sekitar punggung.
  • Konsumsi obat-obatan jangka panjang juga bisa melemahkan tulang, seperti obat steroid atau antiinflamasi.

Penyakit penyebab nyeri punggung

  • Terdapat beberapa kondisi serius yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami sakit punggung. Hal ini memang sangat jarang terjadi, tapi perlu kamu waspadai.
  • Infeksi ginjal yang berasal dari infeksi saluran kemih. Infeksi berawal dari kandung kemih, lalu naik menuju organ ginjal.
  • Osteoartritis : suatu kondisi yang umum dari artritis yakni berupa kerusakan tulang rawan pada sendi.
  • Osteoporosis yakni kondisi dimana berkurangnya kepadatan tulang.
  • Penyakit paget, suatu gangguan regenerasi jaringan tulang lama ke tulang baru.
  • Sakroilitis, peradangan atau pembengkakan pada sendi sakroiliak yang menjadi penghubung antara tulang belakang bagian bawah dan panggul.
  • Skoliosis, kelainan tulang belakang yang menyerupai bentuk huruf S sebagai akibat dari lumpuh otak atau penyakit otot.
  • Stenosis tulang belakang yaitu menyempitnya kanal di bagian dalam tulang belakang.

Setelah kamu mengetahui penyebab nyeri punggung maka, hindarilah sebisa mungkin. Namun, jika sudah terlanjut kena sakit punggung, sebaiknya atasi dengan cara berikut ini yang bisa kamu lakukan sendiri dimanapun berada. Begini caranya!

Cara mengatasi nyeri punggung

Aktivitas harian membuat tubuh lelah dan tulang belakang tidak sanggup menopang tubuh dalam watu lama. Keadaan tersebut menyebabkan seseorang mengalami sakit punggung sebelah kiri, kanan, atas atau bawah. Lantas bagaiman mengatasi sakit punggung ini? Cobalah tips berikut ini!

Loading...

Pertama-tama posisikan tubuh dengan baik
Jika kamu sedang bekerja harus bisa menempatkan tubuhmu dengan nyaman agar tidak terjadi ketegangan otot. Inilah posisi duduk yang benar sebagai cara mengatasi sakit punggung.

  • Duduk dengan tegak atau menyandar pada topangan satu bantal.
  • Kaki tegak lurus menempel lantai.
  • Tangan sejajar dengan meja dan keyboard.
  • Usahakan posisi monitor atau layar komputer sejajar dengan mata.

Pakai kursi ergonomis
Pada saat kamu bekerja dan duduk dalam waktu yang lama harus menggunakan kursi yang bisa menyesuaikan tubuhmu. Pilih kursi berkaki lima atau yang bentuk kakinya bagai bintang dan bisa diatur ketinggiannya. Itu akan membuat tubuhmu selalu nyaman ketika duduk lama.

Kenakan flat shoes
Pemilihan sepatu juga menjadi cara mengatasi sakit punggung yang efektif. Pakai flat shoes yang bisa mencegah kontraksi otot punggung yang tak perlu. Tapi jika kamu memang harus mengenakan sepatu high heels, sebaiknya lepas saja ketika duduk.

Terapkan aturan 20-20-20
Supaya tidak terjadi ketegangan otot leher dan otot bola mata, maka terapkan aturan 20-20-20. Artinya aturan tersebut adalah alihkan pandanganmu dari layar komputer setiap 20 menit. Lalu, amati pemandangan atau sebuah objek lainnya yang berjarak 20 kaki dari tempatmu berada, selama 20 detik. Aturan ini tidak hanya sebagai obat sakit punggung, melainkan juga untuk menjaga kesehatan mata.

baca juga :  Penyebab dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-Anyangan

Beranjak sebentar dari tempat duduk
Berikan waktu pada tulang belakang beserata otot-ototnya berelaksasi sejenak, yaitu dengan meninggalkan tempat duduk setiap 1 jam. Kamu bisa melakukan peregangan ototo atau sekedar berjalan mengambil minum atau ke toilet. Latihan atau gerakan merupakan cara efektif mengatasi sakit punggung.

Kalau masih belum bisa menyembuhkan nyeri punggung, kamu dapat mengkonsumsi obat sakit punggung di apotek. Biasanya obat tersebut bisa meredakan nyeri seperti paracetamol, ibuprofen dan lainnya. Namun, kamu tidak boleh berlebihan dalam menggunakan obat-obatan tersebut karena menimbulkan ketagihan hingga efek samping berbahaya.

Selain itu, obat sakit punggung juga bisa berupa balsem, koyo panas yang bisa dibeli di apotek atau supermarket terdekat. Terapi dingin atau panas, mengubah posisi tidur juga termasuk cara mengatasi sakit punggung yang tepat. Jika rasa sakitnya berulang-ulang dan tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter untuk diagnosa lanjut.

Itulah penyebab sakit punggung dan langkah-langkah mengatasinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi dari gangguan kesehatan yang kamu alami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top