Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Hal yang menjadi Penyebab Sesak Nafas

Uncategorized

16 Hal yang menjadi Penyebab Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan suatu kondisi yang amat mengganggu pada manusia, karena anda akan merasakan kesulitan dalam bernafas saat mengalami sesak nafas. Hal ini akan berakibat buruk pada kesehatan anda dan bahkan mengancam nyawa anda. Jadi ketahuilah penyebab sesak nafas yang paling sering terjadi, sehingga anda dapat terhindarkan dari sesak nafas.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab sesak nafas yang sering kali kita acuhkan dan sepelehkan. Sesak nafas dapat disebabkan oleh faktor penyakit ataupun lingkungan, sehingga seseorang dapat mengalami asupan udara yang dibutuhkan tidaklah mencukupi dan seseorang akan mengalami sesak saat bernafas.

Penyebab Sesak Nafas, Hal Penyebab Sesak Nafas, Penyebab Sesak Saat Bernafas

1. Asma

Penyebab sesak nafas yang pertama dan paling umum terjadi adalah Asma. Penyakit asma merupakan penyakit kronis dengan jangka panjang dan susah untuk disembuhkan secara total. Sesak nafas hanyalah salah satu dari gejala asma, tetapi ada beberapa gejala lain pada asma, seperti nyeri dada dan batuk

2. Sedang Pilek ataupun Flu

Pilek sendiri adalah sebuah infeksi pada jaringan sinus, saluran pernafasan atas, hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh serangan virus. Saat anda sedang mengalami pilek, hidung anda akan tersumbat dan hal itu saja akan membuat anda mengalami kesulitan dalam bernafas.

3. Sinusitis

Penyakit lain yang memungkinkan terjadinya sesak nafas adalah sinusitis. Setiap orang mengalami potensi untuk terserang penyakit ini tidak memandang usia ataupun gender, jadi tetap waspada dan jaga kesehatan anda. Gejala dari penyakit ini adalah sesak nafas, sakit kepala, demam dan hidung berair.

4. Pneumonia

Pneumonia biasa kita kenal sebagai paru-paru basah dan sangat erat hubungannya sebagai penyebab sesak nafas. Pneumonia dapat memicu timbulnya inflamasi pada bagian kantong udara, dan kantong tersebut akan terisi cairan hingga akhirnya menjadi bengkak. Sesak nafas menjadi salah satu gejala dari pneumonia.

Loading...

5. Terdapat Kanker pada Paru – Paru

Kanker paru-paru memang sangat membahayakan bagi diri anda terutama pada performa anda dalam bernafas, dan akhirnya bisa menyebabkan sesak nafas. Selain berakibat pada sesak nafas, kanker paru-paru akan menyebabkan batuk terus menerus dan tak kunjung sembuh pada penderitanya.

6. TBC

TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang biasanya menyebabkan sesak nafas, karena memang TBC adalah penyakit pada paru-paru. TBC ini terjadi karena, organ paru-paru diserang oleh basil Mycobacterium Tuberculosis. TBC memiliki gejala sesak nafas, tak nafsu makan yang berakibat berat badan turun, demam dan batuk-batuk yang tak kunjung sembuh.

7. Penyakit Paru Obstructive Kronis

Penyakit paru obstruktif kronis atau lebih dikenal PPOK merupakan sebuah penyakit yang sangat sering dialami oleh orang-orang di Indonesia. Gejala yang bisa ditimbulkan penyakit ini adalah batuk berdahak yang terus menerus. Aliran udara akan terhalang dari dalam paru-paru akibat penyakit ini dan berujung sesak nafas.

8. Aritmia

Aritmia merupakan penyakit pada jantung dan dapat menyebabkan sesak nafas. Aritmia ditandai dengan detak jantung yang melemah, ataupun jantung berdetak dengan tak teratur dan terlalu cepat. Oleh karena itu, tubuh akan mengalami nyeri, tak enak dan bahkan sesak nafas.

9. Alergi

Setiap orang pasti memiliki alergi terhadap sesuatu yang tidak terduga. Tetapi, alergi dapat menyebabkan sesak nafas yang sangat mengganggu anda dalam beraktivitas. Alergi dapat disebabkan karena anda bersentuhan dengan sesuatu dan bisa jadi terdapat beberapa substansi yang masuk kedalam tubuh.

10. Anemia

Anemia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan Hb dan berada di level rendah, sehingga tubuh tak akan mendapat oksigen yang mencukupi, karena Hb adalah bagian penting dalam mengantarkan oksigen keseluruh tubuh manusia. Maka dari itu, asma akan terjadi saat tubuh kekurangan oksigen.

Baca Juga 12 Cara Mengobati Buta Warna Secara Efektif

6 Penyebab Sesak Nafas Lainnya:

11. Teracun oleh Karbon monoksida
12. Tulang Rusuk mengalami Cedera
13. Serangan Jantung
14. Tekanan Darah yang Rendah
15. Mengalami Gagal Jantung
16. Sedang berada di tempat dingin

Itulah 16 hal yang menjadi penyebab sesak nafas yang memang sangat dekat dengan kita. Jadi, tetap waspada dan jaga lingkungan sekitar anda tetap bersih apabila anda mendapati beberapa hal yang telah disebutkan diatas, sehingga sesak nafas akan terhindarkan. Cepat lakukan pertolongan dengan benar dan bawalah ke dokter anda apabila anda mengalami gejala sesak nafas sebelum menimbulkan beberapa macam penyakit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top