Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Penyebab Stroke Sebelah Kiri yang Harus Kamu Tahu

Uncategorized

10 Penyebab Stroke Sebelah Kiri yang Harus Kamu Tahu

Stroke merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah yang mengalir ke otak. Akibatnya sel – sel di otak banyak yang mengalami kematian. Darah tinggi juga dapat menjadi salah satu penyebab stroke sebelah kiri yang tak bisa dihindari.

Stroke dapat menyerang bagian otak kiri saja atau otak kanan saja atau mungkin keduanya secara bersamaan. Apabila stroke menyerang otak bagian kiri maka bagian tubuh yang biasanya mengalami gangguan yakni tubuh bagian kanan. Padahal bagian tubuh sebelah kanan lebih sering digunakan daripada bagian tubuh sebelah kiri. Berikut ini merupakan beberapa penyebab stroke sebelah kiri.

Penyebab Stroke Sebelah Kiri, Penyebab Penyakit Stroke Sebelah Kiri, Dampak Penyebab Stroke Sebelah Kiri

1. Merokok aktif

Salah satu penyebab stroke sebelah kiri yang banyak dialami orang yaitu karena mereka adalah perokok aktif. Hal ini dikarenakan kandungan pada rokok akan membuat kandungan fibrinogen dalam darah bertambah sehingga akan terjadi penebalan pembuluh di dalam darah. Aliran darah dari jantung menuju otak pun menjadi terhambat. Apabila otak tidak mendapatkan asupan darah yang cukup maka akan terjadi risiko stroke.

2. Hiperkolestrolemia

Hiperkolestrolemia merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kadar kolesterol yang berlebihan. Kolesterol yang dimaksud adalah kolesterol jahat yang hanya dapat mengganggu sistem peredaran darah. Salah satu hal yang menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi yakni sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kolesterol tinggi seperti santan dan makanan yang digoreng.

3. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih menandakan seseorang tersebut memiliki lemak yang sangat banyak dalam tubuhnya. Padahal lemak yang berlebihan dapat menghambat aliran darah di dalam tubuh. Terhambatnya aliran darah menuju otak akan menyebabkan otak tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan sangat mungkin menjadi penyakit stroke di bagian kiri.

4. Penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting keberadaannya di dalam tubuh. Jantung juga dapat memengaruhi kinerja organ lainnya tidak terkecuali otak. Hal ini dikarenakan organ tersebut berfungsi untuk mendistribusikan darah keseluruh tubuh. apabila jantung mengalami gangguan maka aliran darah juga terganggu dan otomatis organ lainnya tidak dapat bekerja secara maksimal.

Loading...

5. Penyakit diabetes militus

Diabetes militus atau kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah. Seseorang yang terkena kencing manis maka metabolisme tubuhnya akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan kinerja otak menjadi buruk dan sangat memungkinkan menimbulkan penyakit stroke.

6. Penyakit hipertensi atau darah tinggi

Penyakit darah tinggi yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat juga akan berpotensi untuk menjadi stroke apabila tidak segera diatasi. Oleh sebab itu untuk terhindar dari penyakit berbahaya ini sebaiknya selalu jaga pola makan dan istirahat yang cukup.

7. Jenis kelamin

Jenis kelamin merupakan salah satu hal yang menjadi penentu terjadinya stroke di bagian kiri. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa jenis kelamin laki – laki lebih cenderung berpotensi stroke daripada wanita. Hal ini mungkin dikarenakan pria lebih banyak yang menjadi perokok daripada wanita.

8. Usia

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa usia seseorang akan terus bertambah dan semakin bertambahnya usia akan menurunkan fungsi – fungsi organ tubuh. Seseorang yang berumur lebih dari 55 tahun memiliki potensi stroke yang lebih besar.

9. Riwayat keluarga

Riwayat keturunan juga merupakan salah satu faktor terjadinya stroke. Apabila kamu mendapati orang tua silsilah keluarga diatasnya yang pernah atau sedang mengalami penyakit stroke, maka mungkin saja penyakit ini akan menyerang diri kamu juga.

10. Mengonsumsi alkohol

Alkohol merupakan minuman yang sangat tidak menyehatkan dan hanya menimbulkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Salah satunya yaitu stroke pada bagian kiri. Oleh sebab itu sebaiknya hindari untuk meminum alkohol agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari risiko stroke. Apabila kamu sudah merasa kecanduan dengan minuman tersebut, mulailah terapi sederhana untuk menghilangkan ketagihan seperti misalnya mencari kesibukan lainnya diluar sana.

Baca Juga 9 Ciri Ciri Amandel Sehat pada Orang Tua dan Anak Anak

Itulah 10 penyebab stroke sebelah kiri yang perlu kamu tahu. Dengan demikian kamu dapat mengurangi atau lebih mengawasi kebiasaan buruk apa saja yang berpotensi menimbulkan penyakit stroke di bagian kiri.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top