Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Penyebab Syaraf Terjepit Pada Anak dan Orang Dewasa

Uncategorized

15 Penyebab Syaraf Terjepit Pada Anak dan Orang Dewasa

Penyebab Syaraf Terjepit – Banyak sekali faktor penyebab syaraf terjepit yang belum dikatahui oleh masyarakat pada umumnya. Padahal kondisi syaraf terjepit menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi. Syaraf terjepit bisa disebabkan karena terserangnya tulang belakang atau punggung, ke arah kiri atau kanan dan langsung memblokir syaraf paravertebal.

Jika kondisi tersebut terjadi maka anda akan merasakan nyeri yang luar biasa karena tulang belakang mengalami pergeseran dan menekan jaringan syaraf pusat. Selain terserangnya tulang belakang atau punggung, ada penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan syaraf terjepit. Berikut penyebab syaraf terjepit yang penting untuk anda ketahui.

Syaraf Terjepit

1. Faktor keturunan

Penyebab utama dari syaraf terjepit adalah faktor keturunan. Bahaya syaraf terjepit yang mematikan mampu dialami oleh seseorang yang orang tuanya mempunyai masalah kesehatan serupa. Ada kecenderungan pengembahan HNP yang dipicu oleh faktor genetika sehingga harus rajin cek ke dokter.

2. Kegemukan

Syaraf terjepit juga bisa disebabkan obesitas atau tubuh yang terlalu gemuk. Berat badan berlebih, ini dapat memperbesar kemungkinan anda mengalami tangan mati rasa karena syaraf terjepit. Ketika kegemukan terjadi pada anda, maka akan ada tekanan tinggi yang disebabkan diskus punggung bawah, sehingga beresiko syaraf terjepit.

3. Aktivitas olahraga atau fisik

Selain kegemukan, aktivitas olahraga atau fisik juga bisa menyebabkan syaraf terjepit. Gerakan yang salah bisa menjadi penyebab dari terjepitnya sistem syaraf dan bila olahraga ini terus-terusan dilakukan dapat memperparah kesehatan sistem syaraf. Pilihlah olahraga yang ringan dan tak berisiko mengganggu bagian syaraf.

4. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis menjadi kondisi yang cukup serius karena dapat menyebabkan syaraf terjepit. Kondisi ini merupakan peradangan kronis yang terjadi di bagian sendi sehingga menyebabkan bengkak, kekakuan, serta rasa nyeri. Bagian tangan dan kaki adalah yang paling cenderung mengalami hal ini dan mampu berdampak pada jaringan persendian.

Loading...

5. Postur tubuh tertentu

Seseorang yang memiliki postur tubuh tidak pas maka bisa menyebabkan terjadinya syaraf terjepit. Gerakan berulang di bagian yang syaraf lewati sehingga inflamasi terjadi di sekitarnya juga mampu memicu syaraf terjepit. Saat syaraf mengalami penekanan apalagi dalam jangka waktu lama mampu mengakibatkan penjepitan.

6. Faktor pekerjaan

Anda harus waspada karena faktor pekerjaan juga bisa menyebabkan syaraf terjepit. Mendorong, menarik, serta mengangkat barang secara berulang kali bisa berbahaya bagi kesehatan syaraf. Selain itu, jenis pekerjaan yang menuntut anda untuk sering membungkuk ke arah samping serta mengharuskan tubuh membuat gerakan memutar akan sangat berisiko dengan syaraf terjepit.

7. Pernah terkena pukulan

Jika anda pernah terkena pukulan maka hal ini juga bisa menyebabkan syaraf yang terjepit. Anda pernah mengalami pukulan dan mengenai sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan trauma. Kejadian seperti ini termasuk di dalam peristiwa traumatis yang bisa menjadi pemicu HNP, sehingga ada kemungkinan terjainya saraf terjepit.

8. Pernah jatuh

Kondisi tubuh yang pernah jatuh juga beresiko terjadinya syaraf terjepit. Ketika bagian saraf yang pernah terluka akibat jatuh digunakan secara salah melalui gerakan tubuh tertentu, maka kondisi ini bisa membuat rasa nyeri kambuh sewaktu-waktu. Ketika nyeri hebat terjadi, memang sudah seharusnya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf.

9. Mengangkat benda berat

Mengangkat benda berat juga menjadi pemicu yang sering dialami bagi penderita syaraf terjepit. Proses mengangkat benda yang berat, khususnya menggunakan otot punggung bisa saja memicu kondisi syaraf terjepit. Bahkan ketika anda membungkuk, lalu benda diangkat juga bisa membuat syaraf terjepit kalau tidak berhati-hati.

10. Faktor usia atau penuaan

Faktor penuaan menjadi penyebab lainnya yang dapat memicu terjadinya syaraf terjepit. Seiring bertambahan usia, diskus tulang belakang makin kehilangan beberapa kadar airnya. Hal ini mengakibatkannya kurang fleksibel dan lebih rentan untuk robek atau pecah.

Penyebab Saraf Terjepit Lainnya :

11. Diabetes
12. Penyakit yang menyerang imun tubuh
13. Stroke
14. Mengkonsumsi alkohol

Beberapa penyebab syaraf terjepit di atas mudah anda kenali dan pahami. Jika sudah mengetahui penyebabnya maka anda bisa mencegah syaraf kejepit dengan isrirahat yang cukup dan jangan mengangkat beban yang terlalu berat, karena dapat mengakibatkan ketegangan pada otot sehingga akan memicu munculnya syaraf yang terjepit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top