Connect with us
close

Virtual.co.id

Beberapa Penyebab Tidur Tidak Nyenyak yang Harus Kamu Hindari

Uncategorized

Beberapa Penyebab Tidur Tidak Nyenyak yang Harus Kamu Hindari

Setelah beraktivitas seharian, tubuh merasa lelah dan letih maka, tidurlah menjadi solusi yang tepat untuk menyegarkan tubuh kembali. Tetapi, tak semua orang bisa tidur dengan mudah dan mengistirahatkan otak di malam hari. Agar bisa mewujudkan itu, kamu harus menghindari penyebab tidur tidak nyenyak.

Jika kamu sering sulit tidur atau kurang tidur bisa menimbulkan gangguan bagi tubuh bahkan hingga penyakit mematikan. Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa penyakit yang disebabkan karena tidak tidur nyenyak selama satu minggu hingga 3 bulan yaitu depresi, kecemasan, rheumatoid arthritis, sakit kepala, kerapuhan tulang dan serangan jantung.

Sebaiknya, segera hindari penyebab tidur tidak nyenyak dan lakukan tips tidur cepat sehingga kesehatanmu tetap tejaga baik. Berikut ulasanya!

Inilah penyebab tidur tidak nyenyak dan cara mengatasinya

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
Bahan pertama yang membuat seseorang sulit tidur dan mudah terbangun adalah kafein. Kafein akan bekerja dalam tubuh selama 3-5 jam, padahal tubuh memerlukan waktu berjam-jam untuk bisa tidur. Tips tidur cepat yang perlu kamu lakukan adalah jangan mengkonsumsi kafein 6 jam sebelum berangkat tidur. Dengan begitu tubuh kafein tidak lagi mempengaruhi tubuh untuk tetap terjaga.

Stres
Penyebab tidur tidak nyenyak selanjutnya adalah karena stres. Pada saat sedang stres, otak akan merangsang mata sehingga sulit terpejam. Lama-kelamaan jika dibiarkan terus menerus kamu akan mengalami insomnia. Selesaikan semua permasalahan dan pekerjaanmu dengan baik untuk memperbaiki pola tidur. Cobalah mencari tempat yang bisa menghilangkan ketegangan otak. Atau melakukan tindakan yang kamu sukai.

Alkohol
Banyak orang berpendapat bahwa kandungan alkohol dapat membuat seseorang yang meminumnya cepat ngantuk. Namun, ternyata anggapan itu salah, faktanya alkohol justru membuat tubuh susah tidur dan terjaga sepanjang malam. Kalau kamu ingin tidur berkualitas, hindarilah penyebab tidur tidak nyenyak ini.

Loading...

Telah makan
Tips tidur cepat yang efektif yakni dengan memastikan perut kenyang sebelum tidur. Bukan berarti selesai makan langsung tidur ya. Beri jeda 2-3 jam antara makan dan tidur untuk proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Baru, kemudian bersiaplah tidur dan tentunya tidur menjadi lebih nyenyak.

Bantal dan kasur tidak nyaman
Kenyamanan bantal dan kasur atau semua perlengkapan tidur juga berpengaruh pada kualitas tidurmu dan menjadi penyebab tidur tidak nyenyak. Ganti sprei dan sarung bantal guling serta selimut secara rutin. Selain itu jemur bantal, guling dan kasur juga harus rutin dilakukan. Jika kamu sudah menjalankannya, tubuh akan merasakan kenyamanan saat berbaring dan akhirnya bisa tidur nyenyak.

baca juga : Cara Mengatasi Pusing Akibat Kurang Tidur

Otot yang kaku dan pegal
Peregangan sebelum tidur merupakan cara meningkatkan kualitas tidur atau tips untuk tidur cepat. Peregangan bertujuan untuk melepaskan ketegangan pada otot dan menenangkan tubuhmu untuk tidur. Cobalah berbaring dengan posisi terlentang pada tempat tidur atau lantai, lalu bungkukkan kaki kanan seakan-akan menyentuhkan lutut ke bagian dagu. tetaplah pada posisi tersebut dalam 10-20 hitungan.

Duduk bersila, lalu meletakkan tangan kanan di lanting samping kamu dan angkan tangan kiri kearah atas telinga. Miringkan tubuhmu ke kanan, bahu ke bawah dan tahan selama 10-15 detik dan ulangi secara bergantian. Gerakan ini akan mengurangi kekakuan otot dan pegal di bandanmu yang merupakan penyebab tidur tidak nyenyak.

Berkhayal, membaca, menulis dan main game
Perlu kamu ketahui membaca, menulis, main game dan berkhayal bisa menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Karena itu membuat otak bekerja dan memikirkan sesuatu sehingga mata terpejam. Tips tidur cepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya yakni dengan memikirkan pulau yang indah, laut, pelangi atau kegiatan yang kamu sukai.

Itulah kumpulan penyebab tidur tidak nyenyak dan tips tidur cepat yang bisa membantumu dalam mengatasi masalah tidur.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top