Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Hal Penyebab Tubuh Demam Mengigil

Uncategorized

10 Hal Penyebab Tubuh Demam Mengigil

Menggigil merupakan suatu reaksi yang disebabkan oleh otot mengalami kontraksi secara terus menerus sebagai akibat untuk meningkatkan suhu. Penyebab tubuh demam menggigil bisa disebabkan karena suhu yang dingin atau infeksi tertentu.

Jika kondisi tubuh sedang menggigil namun suhu tubuh hangat, kamu bisa meredakannya dengan cara alami menggunakan jahe. Jahe mengandung antibakteri yang dapat meredakan demam, batuk, flu dan penyakit ringan lainnya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab tubuh demam menggigil yang perlu kamu tahu.

Penyebab Tubuh Demam Menggigil, Dampak Penyebab Tubuh Demam Menggigil, Hal Penyebab Tubuh Demam Menggigil

1. Gangguan tenggorokan

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab tubuh demam menggigil yaitu adanya gangguan pada tenggorokan. Kondisi tenggorokan yang iritasi atau luka akan menyebabkan radang yang mudah di hinggapi oleh kuman penyakit yang akan memperparah kondisi tubuh. Reaksi yang biasanya ditimbulkan yakni suhu tubuh akan meningkat.

2. Gangguan kandung kemih

Kandung kemih merupakan organ manusia yang berfungsi untuk menyimpan urine sebelum dibuang. Ketika kandung kemih mengalami gangguan maka akan muncul imunitas alami untuk melakukan penolakan dengan cara melepaskan hormon tertentu yang dapat menyebabkan tubuh seseorang menjadi demam.

3. Serangan virus gestroenteritis

Penyebab berikutnya yang dapat memicu timbulnya demam menggigil yaitu karena serangan virus gestroeritis yang tidak kunjung hilang. Tubuh harus bekerja ekstra keras untuk menghalau virus tersebut sehingga akan menyebabkan suhu meningkat. Biasanya demam yang disebabkan oleh virus ini akan menimbulkan efek kejang – kejang.

4. Gangguan sinusitis

Jaringan sinusitis yang terganggu akibat tumbuhnya polip, akan menyebabkan penyakit flu yang tidak kunjung sembuh serta, gejala asma yang terjadi secara terus menerus. Hal tersebut merupakan salah satu pemicu timbulnya demam tinggi dan menggigil apabila terjadi pada seseorang yang memiliki sistem imunitas yang rendah.

Loading...

5. Penyakit malari

Nyamuk aides aygepty membawa bakteri yang di masukkan ke dalam tubuh manusia melalui gigitannya yang kemudian bakteri tersebut akan mencederai atau melukai organ tubuh bagian dalam sehingga akan menyebabkan demam. Demam tersebut merupakan salah satu bentuk reaksi penolakan terhadap benda asing yang dianggap mencurigakan dan harus dimusnahkan.

6. Meningitis

Meningitis yang mengalami gangguan karena efek dari radikal bebas yang disebarkan melalui udara tidak bersih akan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit dan menyebabkan tubuh seseorang mengalami penaikan suhu yang sangat signifikan. Kondisi tersebut merupakan perlawanan terhadap adanya kelainan yang terjadi pada jaringan tersebut.

7. Flu

Flu merupakan penyakit ringan dan tidak menyebabkan kematian. Flu biasanya disebabkan karena sistem pertahanan tubuh menurun karena kurang tidur kelelahan, atau tertular oleh orang lain yang mengalami flu terlebih dahulu. Biasanya flu menyerang disertai dengan demam tinggi dan rasa menggigil. Sebaiknya gunakan masker ketika hendak kontak langsung dengan orang yang mengalami flu agar virus tidak masuk secara mudah ke dalam tubuh.

8. Faktor cuaca

Cuaca yang berubah – ubah dalam jangka waktu yang singkat akan memengaruhi kinerja otot. Otot akan mengalami pelemahan fungsi untuk mengatur suhu tubuh menjadi normal. Suhu lingkungan yang sangat dingin akan menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga timbul efek yang membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat.

9. Serangan bakteri

Bakteri sering kali menyebabkan seseorang mengalami demam disertai menggigil. Hal ini sangat mudah menjangkiti anak – anak yang bermain di tempat yang kurang bersih. Karena bakteri penyebab penyakit sangat suka bersarang di tempat yang kotor. Bakteri yang masuk kedalam tubuh akan melukai jaringan otot dan organ dalam.

10. Infeksi

Penyebab demam menggigil lainnya yaitu disebabkan luka yang meluas dan meradang. Hal ini sangat mungkin untuk terkena infeksi. Infeksi kemudian akan menimbulkan reaksi penolakan berupa peningkatan suhu tubuh. hal ini merupakan bentuk perlawanan tubuh agar peradangan tidak lebih meluas

Baca Juga 28 Obat Tradisional Alami Paling Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

Itulah 10 hal yang menjadi penyebab tubuh demam menggigil yang harus kamu ketahui. Dengan membaca artikel diatas, harapannya kamu dapat mencegah hal apa saja yang sebaiknya dihindari agar tidak terjangkit penyakit demam tersebut. Olahraga dan makan  makanan bergizi sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima dan bertenaga serta yang paling penting terhindar dari berbagai penyakit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top