Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Dampak Penyebab Wanita Sering Mengalami Kencing

Uncategorized

7 Dampak Penyebab Wanita Sering Mengalami Kencing

Buang air kecil atau kencing merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan siapa saja. Dengan demikian, sama saja kita seperti membuang racun di dalam tubuh keluar melalui urine yang kita keluarkan. Bahkan dokter selalu menghimbau untuk tidak menahan buang air kecil terlalu sering. Namun apabila rasa ingin buang air kecil terus terjadi tentu akan mengganggu aktivitas seseorang. Mengetahui apa saja yang menjadi penyebab wanita sering kencing menjadi hal yang wajib agar dapat dicegahnya sejak dini.

Buang air kecil manusia kadang memiliki frekuensi yang normal atau ada yang berlebihan. biasanya seseorang yang mengonsumsi air 1 hingga 2 liter dalam satu hari akan memiliki rasa ingin buang air kecil sebanyak 4 – 8 kali. Banyak orang yang memiliki frekuensi lebih banyak atau lebih sedikit tergantung faktor – faktor lain yang turut mempengaruhi.

Kadang banyak pula seseorang yang setiap hari bangun malam hanya untuk pergi ke kamar mandi dan buang air kecil. Banyak yang mengatakan bahwa wanita lebih sering kencing dari pada pria. Hal tersebut bukan hanya mitos semata, namun ada penjelasan medis yang menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab wanita sering kencing daripada pria .

Penyebab Wanita Sering Kencing, Dampak Penyebab Wanita Sering Kencing, Penyebab Wanita Mengalami Sering Kencing

1. Karena gelisah

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab wanita sering kencing yaitu terjadinya kegelisahan. Hal ini terjadi ketika wanita sedang deg-degan atau nervous, bagian hormonal akan berusaha membuat tubuh dan otak normal kembali. Salah satu bentuk penetralan yang sangat tampak yakni dengan seringnya buang air kecil. Selain itu wanita yang stress, cemas, banyak pikiran akan mengatasi rasa yang cenderung tidak nyaman ini dengan seringnya buang air kecil.

2. Mungkin sedang hamil

Apabila kamu memiliki seorang suami dan kamu sering buang air kecil. Mungkin hal ini adalah pertanda baik bahwa kamu akan segera memiliki anak. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa wanita hamil memiliki frekuensi buang air kecil yang lebih banyak. seringnya buang air kecil sering di indikasikan terhadap kehamilan karena uterus yang semakin membesar akan menekan kandung kemih sehingga selalu muncul rasa ingin buang air kecil.

3. Risiko terkena batu ginjal

Namun tidak jarang pula wanita yang sering kencing dikhawatirkan merupakan salah satu gejala dari penyakit serius seperti batu ginjal. Batu ginjal memang bukan merupakan penyakit yang mematikan namun rasanya akan sangat menyakitkan pada bagian ginjal. Oleh sebab itu seseorang yang menderita penyakit ini lebih memilih jalur operasi untuk mengangkat batu ginjal agar tidak mengakibatkan nyeri yang berkepanjangan.

Loading...

4. Risiko terkena infeksi ginjal

Penyebab lainnya yang akan membuat frekuensi kencing wanita lebih sering yakni terkena infeksi ginjal. Ginjal merupakan organ yang sangat vital karena fungsinya untuk menyaring semua darah yang mengalir dalam tubuh. apabila ginjal mengalami infeksi, maka kandung kemih pun akan terasa sakit. Hal inilah yang menyebabkan wanita cenderung kencing lebih sering saat terkena infeksi pada ginjal

5. Memiliki kandung kemih yang aktif

Tidak banyak yang tahu bahwa wanita memiliki kandung kemih yang lebih aktif dibanding pria, hal tersebut sering disebut dengan istilah overactive bladder. Hal tersebutlah yang membuat wanita lebih sering kencing meskipun kandung kemih belum terisi urine penuh.

6. Risiko terkena infeksi saluran kencing

Kemungkinan ke enam yang mungkin saja menyebabkan seorang wanita kencing lebih sering daripada pria karena suatu penyakit semacam infeksi saluran kencing. Hal tersebut memang merupakan penyakit yang menimbulkan kebiasaan sering buang air kecil. Bahkan seseorang yang menderita penyakit tersebut tidak dapat menahannya apabila dirasa ingin kencing. Tidak heran seseorang yang mengalami infeksi saluran kencing akan mudah ngompol.

7. Wanita cenderung lebih banyak minum

Wanita biasanya akan cenderung lebih banyak minum untuk menjaga atau merawat kecantikan tubuh dan kulitnya. Karena kelebihan air putih inilah yang membuat seseorang wanita akan buang air kecil lebih sering.

Baca Juga 9 Obat Alami untuk Kaki Bengkak Diabetes

Itulah 7 alasan yang menjadi penyebab wanita sering kencing daripada pria. Frekuensi kencing yang lebih sering bisa karena hal yang positif bisa juga karena hal yang negatif seperti terindikasi penyakit. Oleh sebab itu apabila terjadi hal yang aneh semacam ini jangan ragu untuk konsultasi kepada dokter.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top