Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

Uncategorized

10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

Operasi caesar merupakan alternatif persalinan yang dilakukan dengan alasan medis yang kuat. Walaupun setiap ibu hamil dapat memilih ketode ini, tapi biasanya mempunyai resiko khusus. Operasi caesar dilakukan dengan cara pembedahan dibagian dinding rahim guna untuk mengeluarkan bayi.

Setelah melalui proses ini, sangat penting bagi ibu untuk tahu cara penyembuhan pasca operasi caesar. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh operasi caesar lebih besar daripada ketika melahirkan normal. Langkah pemulihannya dimulai dengan membiasakan sang ibu merasa nyaman atas luka dari operasi. Kemudian, dilanjutkan dengan beberapa latihan lainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya!

Inilah yang harus kamu ketahui tentang penyembuhan pasca operasi caesar

Untuk beranjak atau berdiri pertama kali rasanya lebih sakit daripada melahirkan
Semua wanita yang baru melahirkan pasti ingin segera bergerak, menggendong bayi atau menyusui. Tapi, langkah ini harus kamu tahan dulu, perlu pembiasaan pasca operasi. Sebab, rasa sakitnya ketika kamu akan berdiri dari tempat tidur atau duduk kembali tak tertahankan. Belajarlah bergerak secara perlahan lalu baru menggendong bayi. Gerakan di bagian perut mesti sangat kecil agar tidak terjadi pembekuan darah dan peredaran darah yang nai ke paru-paru.

Mintalah bantuan kepada orang terdekat
Pasca operasi caesar, bekas luka operasi tidak dapat sembuh dengan capat. Supaya luka itu cepat sembuh, maka sebaiknya kamu hindari dulu gerakan mengangkat atau membungkuk. Kalau kamu ingin mengangkat bay kecilmu, minta bantuan orang terdekatmu. Cari posisi nyaman saat menggendong bayi dan letakkan bantalan yang lembut pada area perut. Hal ini dilakukan untuk mencegah tekanan perut dari bobot bayi.

Mengkonsumsi banyak air
Minum banyak air adalah salah satu langkah tepat pasca operasi caesar. Sebab, air dapat menghindarkan sang ibu dari dehidrasi. Umumnya setelah menjalani operasi, ibu akan mengalami rasa haus berlebihan dan itu harus segera dipenuhi. Asupan air dapat mengatasi kebutuhan akan mineral dalam tubuh dan menjaga produksi ASI supaya maksimal. Kebutuhan air bisa kamu penuhi dengan air kelapa muda dan air kelapa hijau.

Loading...

Minum obat resep dokter
Minum obat secara teratur merupakan cara penyembuhan pasca operasi caesar yang terbaik. Karena biasanya obat yang diberikan oleh dokter mengandung anti-inflamasi, gunanya untuk mencegah peradangan dan mempercepat kesembuhan luka operasi. Dengan meminum obat tersebut rasa nyeri atau kram di rahim dapat teratasi. Dan ibu bisa merawat bayi dengan sangat nyaman.

Pendarahan itu normal
Setiap wanita yang melahirkan pasti mengalami masa nifas, yakni pendarahan melalui organ kewanitaan.Pendarahan ini cara tubuh dalam mebersihkan rahin setelah plasenta keluar pada proses persalinan. Jadi, kamu tak perlu khawati jika mengalami pendarahan pasca operasi caesar.

Konsumsi makanan mengandung serat tinggi
Sembelit adalah salah satu hal yang biasa dialami oleh wanita setelah operasi caesar. Organ pencernaan akan mengalami sejumlah perubahan besar setelah menjalani operasi ini. Nah, untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung erat. Bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran. Makan sayuran yang dimasak juga perlu dilakukan secara rutin.

Hindari infeksi
Walaupun rahim terletak di bagian dalam tubuh, tapi kamu harus tetap menjaganya setelah operasi. Luka akibat operasi ini umumnya sembuh sekitar tujuh hari. Namun, ada beberapa wanita setelah operasi terkena infeksi. Gejala infeksi yang ditimbulkan diantaranya, demam, meriang, badan kelelahan dan rasa sakit yang disertai dengan munculnya nanah pada luka.

baca juga :  8 Cara Alami Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan

Tahan perut ketika batuk
Kontraksi ringan mungkin akan sering dialami oleh rahim. Agar proses pemulihannya cepat dan saat kamu terkena batuk, maka tahan bagian perut bekas operasi. Karena tekanan perut dapat membuatmu tidak nyaman dan sangat tidak enak untuk beraktivitas. Kamu bisa memakai bantal atau tangan ketika menahan perut, tapi jangan memijat bagian luka oprasi ya.

Perhatikan asupan gizi
Tubuhmu setelah melahirkan akan sangat lemah dan butuh asupan nutrisi untuk membentuk tenaga kembali normal. Beberapa nutris yang dianjurkan untuk ibu adalah serat, vitamin C, protein, zat besi dan kalsium. Jadi, kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat itu.

Tidurlah dengan cukup
Pasca melewati serangkaian prosedur operasi caesar tubuh akan lelah. Untuk mengurangi kelelahannya kamu harus tidur dengan cukup walaupun merawat si kecil sangat menggodamu. Tapi, bersabarlah minta bantuan orang lain untuk merawatnya.

Itulah yang harus kamu lakukan dalam penyembuhan pasca operasi caesar.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top