Connect with us
close

Virtual.co.id

Perawatan Mata Belekan Pada Bayi

Uncategorized

Perawatan Mata Belekan Pada Bayi

Sebenarnya mata belekan umum dialami oleh bayi yang baru lahir. Namun, apabila kondisi ini terjadi selama lebih dari 12 bulan, periksakanlah ke dokter untuk penanganan lanjut. Setiap melihat bayi yang baru lahir pada matanya terdapat belek lengket atau kerang mengering pada bagian sudut mata. Atau mungkin, ada air mata mengalir keluar dari mata. Jika kamu perhatikan dengan seksama, belek itu membuat bulu mata bayi menjadi lengket, terutama setelah dia tidur.

Terkadang muncul rasa kasian dan ingin sekali menyeak belek atau kerang pada mata bayi. Namun, sebelum melakukannya kita harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit. Tidak memang merawat bayi, karena dia mampunyai tubuh yang sensitif daripada orang dewasa. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui tentang perawatan mata belekan pada bayi. Simak yuk, ulasannya!

Penyebab mata belekan pada bayi

Belek yang keluar dari mata bayi merupakan keluarnya kotoran mata dan hal lazim terjadi pada bayi yang baru lahir. Mata bayi yang belekan dan lengket disebabkan karena terlambatnya perkembangan dan pembukaan saluran air mata si bayi. Dengan kata lain kondisi tersebut adalah proses pembukaan saluran air mata.

Mata belekan ini dapat terjadi pada satu mata ataupun kedua mata si bayi. Tapi, jangan khawatir dan resah, seiring berjalannya waktu mata belekan dan lengket bisa sembuh dengan sendirinya. Umumya dalam beberapa minggu, beberapa bulan sampai 12 bulan. Kamu harus melakukan perawatan mata belekan pada bayi dengan cara membersihkan kerak atau belek yang menempel pada mata bayimu.

Perawatan mata belekan pada bayi

Ada beberapa langkah perawatan mata belekan pada bayi, diantaranya adalah :

  1. Langkah mengatasi mata belekan si kecil yang pertama adalah harus membersihkan tangan terlebih dahulu.
  2. Perawatan mata belekan yang kedua adalah menyiapkan kapa atau cotton bud yang bersih dan baskom kecil yang berisi air hangat.
  3. Langkah selanjutnya, masukkan kapas atau cotton bud ke dalam air hangat dan usapkan ke mata si kecil. Mulai dari sudut mata bagian dalam menuju sudut sebaliknya secara teratur.
  4. Ulangi langkah tesebut sampai mata bayimu bersih dari belek maupun kerak. Dalam perawatan mata belekan pada bayi, kamu harus mengganti kapas atau cutton bud setiap kali diusapkan ke mata. Berarti satu usapan satu cotton bud atau satu kapas.
  5. Apabila saluran air mata nampak terhalang. Cara mengatasi mata belekan pada bayi adalah dengan memijat lembut sudut matanya yang dekat dengan hidung menggunakan tangan bersih. Pijatlah dengan gerakan ke bawah sebanyak 3 kali sehari, mesti hati-hati ya!
  6. Setelah mengusap mata buah hatimu, cuci tanganmu hingga bersih.
  7. Ingat, usahakan jangan berbagi kain lap atau handuk bayi, tujuannya agar terhindar dari kontaminasi jika terdapat infeksi.

Itulah cara mengatasi mata belekan pada bayi yang tepat. Terapkan perawatan tersebut untuk mengurus mata si kecil agar cepat pulih.

Loading...

baca juga : Obat Ampuh Untuk Sakit Mata Merah Pada Anak 

Kondisi yang harus kamu perhatikan
Mata belekan pada bayi, bukanlah hal yang ditakutkan atau diresahkan. Tapi, jika kamu menemukan gejala lain seperti di bawah ini, sebaiknya periksakan ke dokter.

  • Kotoran mata atau belek semakin hari semakin bertambah banyak.
  • Kotoran itu berwarna kehijauan atau kekuningan.
  • Warna putih mata menjadi mera atau bagian atas kelopak mata membengkak, meski belek berawarna putih. Itu perlu diwaspadai, karena mungkin terjadi infeksi.
  • Apabila bayimu menangis terus.
  • Perhatikan jika si kecil suka menggosok mata atau nampak kesekitan.
  • Kalau bayimu tidak ingin atau susah membuka matanya.
  • Waspada jika si kecil merasa silau atau seperti kesakitan saat melihat cahaya.
  • Apabila kelopak mata atau struktur mata tidak teratur.
  • Jika kamu memperhatikan bayimu mengalami tanda-tanda tersebut, jangan ragu untuk membawanya ke dokter. 

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi mata belekan pada bayi yang bisa kamu jadikan acuan dalam merawat bayimu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top