Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan Pada Penyakit Angin Duduk

Uncategorized

7 Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan Pada Penyakit Angin Duduk

Angina atau lebih dikenal dengan istilah angin duduk merupakan suatu kondisi yang di tandai dengan rasanya nyeri di bagian dada akibat jantung kekurangan pasokan darah yang cukup. Pasokan darah yang kurang ini dapat di akibatkan beberapa sebab seperti terjadinya penyempitan atau pergeseran pembuluh darah. Terjadinya gejala yang secara tiba – tiba perlu adanya pertolongan pertama pada angin duduk secara tepat agar tidak memperparah keadaan.

Seseorang yang mengalami angin duduk kemungkinan akan menjalar pada lengan kiri, rahang, leher dan punggung. Gejala angin duduk yang biasanya di rasakan yakni sesak napas, tubuh terasa lelah, mual, pusing, gelisah, dan mengeluarkan keringat yang berlebihan meskipun tidak melakukan aktivitas.

Pertolongan Pertama Pada Angin Duduk, Pertolongan Pertama Pada Gejala Angin Duduk, Pertolongan Pertama Penyakit Angin Duduk

Meskipun semua rasanya nyeri tidak selalu berhubungan dengan penyakit jantung, kamu harus sempatkan diri untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai rasa nyeri di dada untuk mendapatkan diagnosa penyakit yang dialami sehingga mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut ini merupakan pertolongan pertama pada angin duduk yang perlu kamu ketahui.

1. Obat yang mengandung nitroglycerin

Salah satu pertolongan pertama pada angin duduk yaitu dengan memberikan obat yang mengandung nitroglycerin. Zat ini merupakan sebuah vasodilator yang dapat dicerna dengan cepat untuk mengatasi masalah angina pectoris. Cara kerja obat ini yaitu dengan memberikan stimulan sehingga kalsium sitosolik menjadi lebih rendah. Selain itu obat yang mengandung nitroglycerin berguna untuk mengobati penyakit darah tinggi.

2. Menggunakan pil cedocard

Mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai pil Cedocard karena namanya kurang familiar di telinga masyarakat. Obat ini perlu kamu sediakan di rumah karena mengandung isosorbide dinitrat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyeri yang disebabkan oleh angin duduk. Selain itu kandungan tersebut bekerja sebagai perelaksasai pembuluh darah yang menuju ke arah jantung.

3. Menggunakan obat anti – platelet

Obat ini memiliki kemampuan untuk membuat agregasi platelet menjadi menurun, otomatis pembentukan thrombus pun dapat terhambat pada bagian sirkulasi arteri. Karena obat ini sangat mudah di temui di toko obat atau apotek terdekat serta manfaatnya cepat terasa dalam mengatasi masalah angin duduk, tidak ada alasan untuk tidak menyimpan obat ini di dalam rumah.

Loading...

4. Menggunakan botol berisi air hangat

Jika kamu memiliki botol air bekas yang masih bersih, kamu bisa menggunakannya sebagai langkah awal mengatasi masalah angin duduk. Caranya yaitu dengan mengisi dua botol air minum dengan air hangat kemudian tempelkan pada bagian ulu hati atau perut bagian depan. Perut merupakan tempat yang harus di tempelkan oleh air hangat karena di daerah tersebut terdapat biang penyakit angin duduk.

5. Menggunakan minyak angin

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi angin duduk yaitu dengan menggunakan minyak angin kemudian oleskan pada bagian punggung, pinggang, dada, dan juga bagian perut. Hal ini akan memberikan kehangatan pada bagian tubuh yang sebelumnya tidak nyaman. Selain itu juga dapat membuat angin duduk keluar dari dalam tubuh keluar dengan cepat. Minyak angin merupakan obat ringan yang sangat ampuh untuk mengatasi hal tersebut.

6. Batuk sekuat tenaga

Apabila kamu mengalami gejala angina, sebaiknya jangan langsung panik. Yang perlu kamu lakukan yakni mengambil nafas sedalam mungkin kemudian lakukan batuk sekuat mungkin seperti hendak mengeluarkan dahak dari dalam dada. Tujuan menarik nafas sealam mungkin yaitu agar oksigen dapat masuk ke dalam paru – paru secara maksimal untuk membantu mengeluarkan angin duduk.

7. Hindari garam

Garam merupakan bahan makanan yang akan menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tinggi terjadi mak aliran darah menjadi terhalang dan jantung akan semakin kuat memompa darah. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab terjadinya angin duduk

Baca Juga 4 Gejala dan Diagnosis Sipilis pada Wanita

Itulah 7 langkah pertolongan pertama pada angin duduk yang dapat dengan mudah kamu lakukan. Apabila sedang mengalami gejala – gejala angin duduk sebaiknya jangan mudah panik. Sebaiknya lakukan cara – cara di atas untuk mengatasinya. Angin duduk merupakan penyakit yang mematikan, oleh sebab itu selalu jaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit semacam ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top