Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Langkah Pertolongan Awal pada Asam Lambung yang Menigkat

Uncategorized

12 Langkah Pertolongan Awal pada Asam Lambung yang Menigkat

Asam lambung yang meningkat merupakan hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Hal ini dikarenakan meningkatnya asam lambung akan menyebabkan gejala seperti nyeri pada ulu hati, mual, muntah, sensasi terbakar pada tenggorokan, selera makan menurun, hingga sesak nafas. Hal tersebut wajib hukumnya untuk mengetahui langkah pertolongan pertama pada asam lambung naik.

Ketika asam lambung naik, perut seseorang akan merasa penuh dan sering kali bersendawa. Bahkan gas bisa naik ke arah tenggorokan sehingga dapat mengganggu kamu dalam menyantap makanan. Berikut ini merupakan beberapa langkah pertolongan pertama pada asam lambung naik yang harus kamu lakukan.

Pertolongan Pertama Pada Asam Lambung, Pertolongan Pertama Pada Penyakit Asam Lambung, Pertolongan Pertama Pada Gejala Asam Lambung

1. Menghindari makanan pedas, asam, berlemak

Salah satu langkah pertolongan awal pada asam lambung naik yaitu dengan menghindari berbagai makanan yang pedas, asam, dan berlemak tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut justru akan memperparah keadaan asam lambung dan membuat kondisi lambung memburuk. Sebaiknya apabila kamu pernah mengalami gangguan pada lambung sudah sebaiknya hindari makanan – makanan tersebut.


2. Hindari makanan penyebab kenaikan asam lambung

Makanan yang harus di hindari karena dapat memicu tingginya asam lambung yakni makanan atau minuman berkarbonasi, kafein, coklat, buah jeruk dan lemon. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman tersebut akan menyebabkan kondisi asam lambung meningkat dengan cepat. Pastikan kamu tidak mencoba untuk mengonsumsi hal tersebut agar kondisi kesehatan lambung terjaga dengan baik.

3. Menggunakan jahe

Kenaikan asam lambung akan menimbulkan gejala awal yang sangat menyakitkan terutama pada bagian perut dan dada. Apabila hal ini terjadi namun tidak ada persediaan obat – obatan di rumah, kamu bisa menggunakan beberapa buah jahe. Dengan takaran yang tidak berlebihan, kamu tidak perlu khawatir terhadap efek samping yang akan ditimbulkan.

4. Mengonsumsi pisang

Buah pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan banyak di gunakan untuk menurunkan berat badan. tidak hanya itu, ternyata pisang juga dapat digunakan untuk mencegah kenaikan asam lambung secara efektif. Buah pisang berperan aktif sebagai antisida alami yang dapat melapisi bagian dinding lambung sehingga tidak mudah terkena iritasi.

Loading...

5. Menggunakan baking soda

Meski banyak orang yang meragukan bahan tambahan pangan yang satu ini karena bahaya baking soda yang begitu membuat resah. Asal digunakan dengan takaran yang tepat, baking soda dapat bermanfaat bagi tubuh salah satunya untuk menurunkan kadar asam lambung.

6. Menggunakan lidah buaya

Tumbuhan yang sudah sejak jaman dahulu dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut dan wajah ternyata dapat dimanfaatkan sebagai langkah awal pencegahan asam lambung meningkat. Gangguan pencernaan pada lambung akan teratasi dengan cepat ketika mengonsumsi lidah buaya ini.

7. Mengunyah permen karet

Ketika seseorang sedang mengunyah permen karet, maka air liur akan terangsang untuk mengalami pelepasan. Hal ini akan menyebabkan asam di perut akan di bersihkan dengan cepat. Oleh sebab itu permen karet juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah asam lambung meningkat.

8. Minum jus

Apabila asam lambung seseorang meningkat, maka akan cenderung untuk tidak nafsu makan dan akan menyebabkan mual. Dengan mengonsumsi jus buah atau sayuran dapat mencegahmu dari mual dan muntah akibat asam lambung. Selain itu kandungan nutrisi dari jus sayur dan buah sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap saat.

9. Mengunyah daun mint

Asam lambung yang meningkat dengan cepat dapat diatasi dengan mengonsumsi daun mint. Kamu cukup ambil beberapa lembar daun mint kemudian kunyah – kunyah sehingga lambung tidak terasa nyeri.

10. Minum air hangat

Salah satu hal yang paling mudah untuk mengatasi masalah lambung ini adalah dengan meminum air hangat. Dengan meminum air hangat secara perlahan akan menyebabkan asam lambung ternetralisir dengan cepat. Jangan meminumnya secara cepat karena akan menimbulkan bahaya dehidrasi

Baca Juga 6 Kebiasaan Penyebab Usus Buntu yang Wajib dihindari

2 Pertolongan Pertama pada Asam Lambung Lainnya:

11. Hindari alkohol
12. Hindari merokok

Itulah 12 hal yang menjadi langkah pertolongan awal pada asam lambung meningkat. Jangan pernah nekat untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan kondisi asam lambung meningkat karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan lambung itu sendiri bahkan bisa menimbulkan penyakit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top