Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Kebiasaan Kecil yang Membuat Hidup Kamu lebih Sehat

Uncategorized

6 Kebiasaan Kecil yang Membuat Hidup Kamu lebih Sehat

Pola hidup sehat harus selalu kamu lakukan setiap hari. Kamu pasti tak menyangka bahwa dengan melakukan hal-hal kecil ini dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat tubuhmu lebih sehat. Jika kita selalu mempunyai tubuh yang sehat maka, bisa beraktivitas sesuai keinginan dan nikmat makan apa saja. Tapi sebaliknya apabila sakit, mengkonsumsi makanan kesukaan pun menjadi tak enak.

Untuk mewujudkan tubuh yang sehat, seseorang minum multivitamin dan obat-obatan. Namun, nyatanya hal itu tidak baik bagi kesehatan dan justru menimbulkan efek samping yang berbahaya karena kandungan bahan kimia di dalamnya. Tak perlu khawatir, masih banyak cara kok untuk sehat yaitu dengan melakukan kebiasan-kebiasaan sederhana ini!

Inilah pola hidup sehat yang harus kamu terapkan setiap hari

Menjaga kesehatan berkaitan erat dengan disiplin. Makanya, kita harus bisa disiplin dalam segala hal termasuk melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini :

Melepas alas kaki sebelum masuk rumah
Pola hidup sehat yang perlu kamu jalankan setiap hari adalah dengan melepas alas kaki di depan pintu. Meski ini kebiasaan sepele tapi mempunyai sejuta manfaat untukmu. Kamu juga tahu bahwa alas kaki yang kamu gunakan mengandung banyak bakteri, kotoran dan kuman yang bisa menyerang tubuhmu. Jika kamu melepasnya dan meletakkan di luar rumah, maka kamu dapat menghindari polutan.

Menyikat lidah
Setiap pagi dan sore kamu selalu membersihkan gigi dengan menggosoknya menggunakan pasta gigi. Kesehatan gigi memang sangat penting karena merupakan organ pencernaan yang pertama sebelum makanan masuk ke usus. Lidah juga bagian dari mulut dan gigikan, sehingga penting sekali menjaga kebersihannya juga. Ketika kamu menyikat gigi jangan lupa menyikat lidah secara menyeluruh dan perlahan. Lidah yang kotor bisa mengakibatkan bau mulut tak sedap.

Istirahatkan mata
Kamu sering melihat komputer dan hape sampai berjam-jam. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan mata. Sebaiknya, kamu rubah dengan pola hidup sehat yaitu mengistirahatkan mata setelah menatap layar monitor selama 20 menit. Berhentilah sejenak setidaknya 20 detik untuk membuat mata kembali segar.

Loading...

Aplikasikan tabir surya
Agar kulitmu tidak menjadi belang dan gelap, sebaiknya gunakan tabir surya. Tabir surya juga berguna sebagai penghambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit serta bisa mencegah kanker. Jadi, sebelum keluar rumah, biasakan terapkan tabir surya ke kulitmu.

baca juga : Alasan Mengapa Harus Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Bersihkan spons cuci piring
Membersihkan spons atau alat cuci piring merupakan pola hidup sehat yang harus rutin kamu jalankan. Penelitian menyatakan bahwa spons cuci piring merupakan tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Sebab, bentuknya yang berpori-pori dan berada di tempat yang lembab. Oleh karena itu, setelah kamu mencuci piring bersihkan spons dan masukkan ke dalam microwave atau jemur hingga kering.

Beri jeda saat ingin marah
Ketika emosi memuncak, jangan langsung mengeluarkan kata-kata dan mengumpat. Selain dapat memperburuk hubungan dengan seseorang, marah juga tidak baik bagi kesehatanmu. Hindari berteriak-teriak, tapi berhitunglah 1 hingga 10 saat ingin marah. Lakukan sambil menarik napas dan mengeluarkannya. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dan emosi menurun akhirnya kamu berpikir lebih jernih.

Nah, itulah pola hidup sehat yang dimulai dari langkah kecil yang mesti kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain pola makan, olahraga dan istirahat yang cukup, kebiasaan sehat diatas akan menghindarkanmu dari berbagai penyakit. Meski sepele tapi kegiatan tersebut berdampak besar bagi kesehatanmu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top