Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Uncategorized

9 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Sakit perut mungkin penyakit yang sering kita alami. Tidak jarang sakit perut disebkan oleh banyak hal sepele seperti masuk angin, makan makanan yang tidak higienis ataupun ingin buang air besar. Namun, bagaimana dengan rasa sakit hanya pada bagian tertentu saja?  Misalnya sakit perut sebelah kanan atas.

Sakit perut pada bagian tertentu jangan hanya dianggap ringan. Kebiasaan menyepelekan suatu kondisi kesehatan dapat mengancam bahaya kesehatan yang lebih serius. Contohnya sakit perut sebelah kanan atas dapat berarti sinyal untuk penyakit lain. Berikut adalah penyebab sakit perut sebelah kanan atas

Sakit Perut Sebelah Kanan Atas, Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas, Dampak Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

1. Gangguan hati

Sakit perut sebelah kanan atas menempatkan gangguan hati sebagai penyebab utamanya. Hal ini dikarenakan hati merupakan organ yang menempati sebagian besar daerah ini. Sebagai organ vital yang berfungsi untuk mengolah nutrisi bagi tubuh, gangguan hati sangat mungkin terjadi.

Gangguan hati yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas meliputi, pembesaran hati akibat dari gagal jantung, hepatitis dan leukimia serta adanya kanker hati. Adanya gangguan hati biasanya ditandai dengan kekurangan nutrisi, perubahan nafsu makan dan turunnya berat badan.

2. Gangguan ginjal

Gangguan ginjal uga merupakan penyabab sakit perut sebelah kanan atas bahkan dapat menjalar ke bagian pinggang.  Gangguan ginjal merupakan kondisi dimana kinerja ginjal tidak bekerja optimal. Bahkan kinerja ginjal dapat berhenti sepenuhnya pada taraf peyakit ginjal akut.

Selain sakit perut, gangguan ginjal memiliki gejala lain seperti: mual, muntah, dehidrasi, tekanan darah tinggi dan adanya pembengkakan di daerah pergelangan kaki. Untuk menghindarinya, terapkan pola makan sehat, rajin berolahraga serta waspada dalam mengkonsumsi obat-obat tertentu.

Loading...

3. Hernia

Hernia terjadi karena melamahnya jaringan otot, terutama pada bagian perut. Jenis hernia yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas adalah hernia hiatus. Hernia hiatus adalah keadaan dimana sebagian lambung terdorong ke diafragma.

Penyebab hernia hiatus sendiri belum diketauhi secara pasti. Namun, kelebihan berat badan, robek di daerah diafragma dan seringnya mengangkat beban berat, menjadi pemicu hernia hiautus.  Selain itu,  bertambahnya usai  yang menyebabkan melemahnya otot diafragma  juga dapat menjadi faktor terjangkitnya penyakit ini.

4. Batu empedu

Batu empedu adalah endapan cairan empedu yang berada di kantong empedu. Kantong empedu berada di perut sebelah kanan tepat di bawah hati. Untuk itu, adanya pengerasan pada cairan empedu dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas.

Gejala lain dari adanya batu empedu selain sakit perut yang perlu Anda waspadai adalah badan menggigil, tidak nafsu makan, diare dan demam. Untuk menghancurkan batu empedu dapat dilakukan dengan operasi ataupun mengkonsumsi obat penghancur batu empedu.

5. Kanker

Kanker  lambung memang tidak sering didengar seperti kanker payudara ataupun kanker paru-paru. Adenocarcinoma adalah kanker lambung yang paling sering terjadi, kondisi dimana kanker menyerang sel-sel pada lapisan lambung. Kanker lambung memang lebih sulit untuk diketahui karena gejala awalnya seperti pada penyakit lambung pada umumnya.

Selain sakit perut, kembung, nyeri pada tulang dada, mual, muntah, dan cepat lelah merupakan gejala kanker lambung pada tahap awal. Untuk tahap yang lebih parah, penderita mengalami anemia, muntah darah dan feses berubah warna menjadi hitam.

6. Cidera

Cidera pada organ bagian perut dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas. Pembengkakan pada organ ataupun terjadi memar  kerena rusaknya pembulu darah dapat menyebabkan nyeri. Cidera pada bagian perut biasanya diikuti oleh keluhan lain seperti demam dan gangguan pernafasan.

7. Herpes zoster

Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus penyebab cacar air. Cacar air merupakan penyakit yang umum, yang kebanyakan sejak usia anak-anak telah terpapar oleh penyakit ini. Untuk itu semua orang beresiko terkena herpes zoster.

Gejala umum dari herpes zoster adalah tidak enak badan, demam, sakit kepala dan sensitif terhadap cahaya. Bertambahnya usia, daya tahan tubuh yang lemah dan pengidap HIV sangat tinggi resikonya terkena herpes zoster.

8. Pleuritis

Pleurutis adalah sakit yang terjadi karena adanya peradangan pada selaput pemisah antara paru-paru dan tulang rusuk. Hal ini disebabkan lengketnya cairan yang memisahkan kedua jaringan tersebut hingga selaput menjadi kasar. Rasa sakit akan timbul bila penderita sedang batuk ataupun bernafas.

9. Pneunomia

Dikenal dengan nama paru-paru basah, rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini mampu menjalar ke bagaian perut atas. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit penyakit ini, misalnya, gaya hidup yang tidak sehat,terinfeksi virus, sistem imun yang rendah, serta penyalahgunaan obat.

Baca Juga 17 Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda

Demikian sembilan penjelasan singkat mengenai sebab sakit perut sebelah kanan atas. Jangan pernah mengecilkan suatu penyakit, waspada terhadap kondisi tubuh Anda dapat menghindarkan Anda dari terjangkitnya penyakit yang lebih serius.  

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top