Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Sayuran Sehat untuk Kolesterol dan Asam Urat

Uncategorized

17 Sayuran Sehat untuk Kolesterol dan Asam Urat

Beberapa jenis sayuran sehat untuk kolesterol dan asam urat dapat dikonsumsi untuk mencegah kedua penyakit tersebut bertambah parah di tubuh Anda. Kolesterol dan asam urat merupakan jenis penyakit yang saling berkaitan. Asam urat muncul karena adanya kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Tidak hanya asam urat saja, namun juga penyakit lainnya seperti stroke, penyakit jantung, aliran darah yang tidak lancar, dan juga diabetes.

Penderita penyakit kolesterol dan asam urat dapat Anda cegah dan atasi dengan banyak mengonsumsi makanan sehat. Jenis makanan sehat untuk kedua penyakit tersebut banyak terdapat pada sayuran. Kolesterol sendiri banyak diakibatkan oleh konsumsi daging merah dengan kandungan lemak di dalamnya. Jadi mulai dari sekarang sebaiknya Anda rajin mengonsumsi sayuran dan meminimalkan konsumsi makanan yang dapat memicu asam urat dan kolesterol.

17 Sayuran Sehat untuk Kolesterol dan Asam Urat

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa sayuran sehat untuk kolesterol dan asam urat yang perlu Anda ketahui.

1. Daun salam

Salah satu jenis sayuran yang baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah asam urat yaitu daun salam. Daun yang satu ini dikenal sebagai salah satu bahan masakan untuk menambah rasa. Namun Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan daun salam dalam jumlah yang terlalu banyak.

2. Seledri

Ukuran daun seledri yang kecil tidak sebanding dengan khasiatnya untuk tubuh Anda. Kandungan alami yang terdapat dalam sayuran ini dapat membantu tubuh Anda untuk mencegah penyakit asam urat dan menekan resiko kolesterol yang tinggi.

3. Brokoli

Kita sering menggunakan brokoli sebagai sayuran dalam berbagai jenis masakan, mulai dari tumisan sampai
dengan masakan kuah seperti sop. Brokoli mengandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk mengatasi kolesterol dan asam urat.

Loading...

4. Wortel

Kandungan vitamin yang terdapat dalam wortel tidak hanya vitamin A saja, namun juga vitamin C dan nutrisi lainnya. Hal ini membuat wortel menjadi salah satu sayuran sehat untuk penderita asam urat dan kolesterol.

5. Kentang

Konsumsi nasi yang berlebihan tidaklah baik. Anda dapat mengatasinya dengan mengganti nasi menggunakan kentang. Selain itu, kentang juga dapat menurunkan kolesterol yang tinggi dan menekan resiko asam urat.

6. Mentimun

Kesegaran sayuran mentimun tidak hanya akan membuat tubuh Anda bugar, namun juga lebih sehat. Sayuran yang lebih sering digunakan sebagai lalapan ini dapat mencegah asam urat dan menurunkan kolesterol.

7. Jagung

Selain nasi, warga Indonesia juga menjadikan jagung sebagai makanan pokok yang sehat. Jagung mengandung sejumlah karbohidrat yang tidak banyak. Sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk mengatasi kolesterol serta asam urat.

8. Tomat

Anda sebaiknya banyak mengonsumsi tomat jika mempunyai gejala penyakit seperti asam urat dan kolesterol yang tinggi. Tomat mengandung banyak mineral serta vitamin yang dapat mengatasi kedua penyakit tersebut.

9. Peterseli

Makanan yang kita buat sering kita hias dengan menggunakan peterseli. Siapa sangka jika makanan yang satu ini dapat menjadi sumber makanan sehat untuk Anda dalam melindungi tubuh dari serangan asam urat dan juga kolesterol yang tinggi.

10. Bayam

Jangan lupakan bayam. Jika Anda mengonsumsi bayam, maka Anda tidak akan mudah diserang penyakit asam urat maupun kolesterol yang tinggi. Tubuh Anda juga akan mempunyai lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas.

Baca Juga: 26 Jenis Makanan Sehat Penurun Darah Tinggi

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa sayuran sehat untuk kolesterol dan asam urat lainnya. Berikut ini 7 jenis makanan lainnya:

7 Sayuran Sehat untuk Kolesterol dan Asam Urat Lainnya

11. Sawi hijau
12. Lobak
13. Labu kuning
14. Sawi putih
15. Serai
16. Terong
17. Kubis

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang sayuran sehat untuk kolesterol dan asam urat yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top